Lokasi
SDIT Darussalam 01
Lingkup Pendidikan
Sekolah Dasar
Tujuan yang ingin dicapai
Setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning, dengan melihat video, peserta didik mampu mengidentifikasi sifat-sifat bunyi dengan benar (C2)
Setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan mendemontrasikan langkah-langkah  percobaan, peserta didik mampu menyimpulkan peristiwa peristiwa perambatan bunyi (C6)
Setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan diskusi dan kerja kelompok bersama teman, peserta didik mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang sifat-sifat bunyi dengan benar (P5)
Penulis
Indah Puji Suprihatin, S. Pd.
Tanggal
24 Oktober 2023
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah :
Berdasarkan pengamatan saya sebagai guru kelas V (Lima) di SDIT Darussalam 01 - Batam, diketahui bahwa minat belajar peserta didik masih rendah dalam pembelajaran IPA materi sifat-sifat bunyi. Peserta didik juga mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi jenis-jenis perambatan bunyi. Kondisi tersebut dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat belajar peserta didik, faktor lingkungan sosial dan keluarga yang belum mendukung, dan ditambah guru belum optimal dalam menggunakan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas.
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan ?
Hal ini sangat penting agar supaya pembelajaran yang dilakukan oleh guru di dalam kelas menjadi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran IPA materi sifat-sifat bunyi, serta menjadi upaya dalam memberikan pembelajaran yang bermakna kepada peserta didik. Selain itu, hal ini menjadi penting karena untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan model pembelajaran inovatif pada pembelajarannya di kelas.
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?
Dalam kegatan PPG ini, peran saya dalam melaksanakan aksi PPL 1 yang ternyata menjadi alternatif solusi bagi masalah-masalah yang saya hadapi. Tanggung jawab saya sebagai guru kelas adalah mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat bunyi.
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?
Setelah melakukan analisis terhadap kajian literatur dan wawancara dengan rekan sejawat, kepala sekolah, dan pakar, maka beberapa tantangan untuk mencapai tujuan tersebut antara lain :
Rendahnya tingkat belajar peserta didik.
Faktor lingkungan sosial dan keluarga yang belum mendukung.
Guru belum melakukan pembelajaran interaktif dan menyenangkan.
Guru belum mengoptimalkan aplikasi pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar mengajar.
Siapa saja yang terlibat?
Dalam menghadapi tantangan ini guru melibatkan beberapa peran, yaitu :
Dosen pembimbing dan guru pamong PPG Dalam Jabatan Kategori I Universitas Tanjungpura - Pontianak
Kepala SDIT Darussalam 01 - Batam
Rekan guru di SDIT Darussalam 01 - Batam
Peserta didik kelas V (Lima) SDIT Darussalam 01 - Batam
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat /Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain :
Identifikasi masalah yang ada di dalam kelas.
Eksplorasi penyebab masalah yang dihadapi di dalam kelas.
Penentuan penyebab masalah.
Masalah yang terpilih diangkat dan digunakan sebagai dasar dalam membuat rencana aksi.
Strategi apa yang digunakan :
Guru menggunakan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan pembelajaran di kelas, yaitu model Problem Based Learning (PBL)
Guru memanfaatkan alat peraga percobaan sederhana yang ada di sekitar kita sebagai media pembelajaran IPA.
Guru juga memanfaatkan media teknologi/ inovasi lainnya dalam pembelajaran yaitu media aplikasi Canva untuk menampilkan materi PPT dan Kuiz sebagai alat evaluasi formatif dalam pembelajaran.Â
Membuat bahan ajar.
Memanfaatkan LKPD
Bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat
Kegiatan rencana aksi di desain dengan sebaik mungkin menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang inovatif agar para peserta didik lebih memahami materi. Dalam pelaksanaannya peserta didik sangat antusias dan bersemangat dengan kegiatan pembelajaran hari itu.
Mula-mula saya membuka kelas salam, berdoa, mengabsensi peserta didik, Â menyampaikan tujuan pembelajaran, kemudian saya mengarahkan siswa untuk memperhatikan media berupa tayangan video tentang sifat-sifat bunyi dan jenis-jenis perambatan bunyi. Setelah materi tersampaikan, selanjutnya siswa mendapatkan tugas kelompok dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat bunyi dan jenis-jenis perambatan bunyi. Dalam kegiatan memecahkan masalah peserta didik terlibat aktif dalam melakukan percobaan dan berdiskusi agar pemecahan masalahnya terselesaikan.
Dalam mengerjakan evaluasi peserta didik juga sangat antusias mengerjakan evaluasi tersebut dan dapat dikerjakan dengan baik dan tepat waktu. Rata-rata siswa sudah memahami materi yang telah disampaikan.
Pada aksi pertama ini, perangkat yang saya gunakan antara lain : Handphone, Laptop, LCD, Proyektor, Speaker, dan Tripod. Saya juga meminta bantuan kepada teman sejawat untuk mengambil video pada saat pembelajaran.
Sumber daya yang saya perlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah :
Pengetahuan mengenai model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Penyusunan media pembelajaran dan formatif melalui aplikasi Canva.
Penyusunan bahan ajar dan LKPD yang menarik melalui aplikasi Canva.
Laptop, HP, dan Proyektor.
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?
Dampak dari rencana aksi yang sudah dilakukan yaitu dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA materi sifat-sifat bunyi dan jenis perambatannya. Selain itu Pemahaman peserta didik tentang materi tersebut sangat baik.
Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Hasil dari rencana aksi yang sudah dilakukan hasilnya sangat efektif. Hal ini dikarenakan didukung oleh model pembelajaran yang menarik, media pembelajaran yang inovatif, dan kegiatan pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa.
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?
Kepala sekolah merespon dengan memberikan tanggapan yang positif, bahkan sering memberikan masukan agar rencana aksi yang dilakukan terlaksana menjadi rencana aksi pembelajaran yang lebih bermakna.
Respon dari teman sejawat juga sangat memberikan dukungan dan respon yang positif terhadap aksi yang saya lakukan.
Faktor keberhasilan pembelajaran ini ditentukan pada penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat.
Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Pembelajaran yang dapat diperoleh dari proses praktik aksi yang telah dilakukan oleh guru adalah guru harus merancang dan melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, dan berpusat pada peserta didik dengan cara menentukan metode, model, dan media pembelajaran yang sesuai, sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H