Mohon tunggu...
indah Novita Sari
indah Novita Sari Mohon Tunggu... Administrasi - Indah Novita Sari

Indah Novita Sari_Mahasiswi Universitas Siber Asia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Peran Influencer dalam Meningkatkan Strategi Pemasaran Digital

9 November 2022   17:37 Diperbarui: 9 November 2022   17:40 1104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perkembangan digital yang semakin pesat, digital marketing menjadi trobosan baru yang digunakan dalam strategi promosi bagi para pelaku usaha untuk bisa mempromosikan produknya. 

Jangkauan yang lebih luas juga menjadi alasan utama bagi para pelaku usaha dalam menggunakan atau memanfaatkan digital marketing melalui media sosial seperti instagram, Youtube, Facebook dan sebagainya. 

Salah satu hal yang sering dimanfaatkan para pelaku usaha adalah menggunakan influencer sabagai media dalam promosi produknya. Berikut kita bahas apasaja peran Influencer dalam meningkatkan strategi pemasaran.

1. Meningkatkan Jumlah Followers

Influencer memiliki pengaruh yang sangat besar dalam meningkatkan jumah followers di media sosial dimana influencer bisa meningkatkan kepercayaan publik atau para pengikut influencer tersebut. Dengan menggunakan influencer juga dapat meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan produk.

2. Meningkatkan Kepercayaan Terhadap Produk

Dengan banyaknya jumlah pengikut yang dimiliki para Influencer di media sosial, pelaku usaha dapat membangun kepercayaan publik mengenai produk yang dipasarkannya.

3. Menjangkau Pasar Yang Lebih Luas

Influencer biasanya mampu memiliki hingga lebih dari 1.000.000 pengikut dari berbagai daerah di sosial media nya, sehingga ketika seorang influencer mempromosikan suatu produk atau jasa, hal itu menjadikan semakin banyak orang dapat melihat dan mengenal produk yang di promosikannya. 

Dengan banyaknya orang yang mengenal produk atau jasa yang kita miliki, hal itu akan mempermudah kita dalam mencapai lebih banyak calon pelanggan dan meningkatkan omset bisnis yang dimiliki.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan influencer tidak hanya bisa menumbuhkan kepercayaan publik akan sebuah produk atau jasa tapi juga dapat membuat followers mengetahui serta mengingat akan produk atau jasa yang di promosikannya. Dengan begitu, followers juga akan lebih menyukai produk atau jasa yang digunakan oleh influencer yang didolakannya.

5. Meningkatkan Penjualan

Dengan melakukan endorsment kepada influencer tentunya dengen meningkatnya jumlah followers, jangkauan pasar yang lebih luas, dan kepercayaan publik yang meningkat akan juga berpengaruh secara possitif terhadap penjualan produk yang di promosikan. Hal tersebut tentunya juga dapat meningkatkan omset pendapatan pelaku bisnis.

Influencer sangat berperan dalam pengembangan dan memperluas jaringan bisnis. Kemunculan begitu banyaknya brand-brand baru saat ini menjadikan para konsumen kebingungan dalam memilih produk, dangan influencer dapat mengatasi hal tersebut dengan baik dimana konsumen akan mengikuti dan percaya dengan produk yang dipromosikan oleh idolanya. 

Sebagai salah satu strategi digital marketing paling baik saat ini, tak asing jika influencer menjadi peran penting dalam mengenalkan suatu brand atau produk kepada calon konsumen.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun