Mohon tunggu...
Alifah Nurva Indah
Alifah Nurva Indah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Prodi Ilmu Komunikasi

Blog sekitar media komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pahami Ini Jika Ingin Menjadi Content Creator

23 Juni 2021   09:20 Diperbarui: 23 Juni 2021   10:16 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sesuai dengan tema diatas, kali ini saya akan membahas mengenai content creator atau content creation.  Mungkin diantara kalian ada yang sudah pernah mendengar, bahkan sudah tidak asing lagi dengan sebutan content creator.

content creator merupakan sebutan bagi seseorang yang menciptakan suatu koten berupa gambar, tulisan, suara, video, ataupun gabungan dari keduanya atau lebih.

hasil yang dibuat oleh content creator tersebut, biasanya akan dikirim pada platform digital, seperti Instagram, Facebook, YouTube, Whatsapp, Line, bowser, blog, E-book, Spotify, Snapchat, dan masih banyak yang lainnya. Di dunia yang modern ini, membuat manusia semakin tidak dapat dipisahkan dari perangkat berbasis digital. Alasannya yaitu untuk menunjang kegiatan setiap hari berupa pertukaran informasi, sosialisasi dan bisa menghasilkan keuntungan.

Topik-topik yang dipilih oleh para content creator juga bermacam-macam berupa berita, tutorial, update, fashion, beauty, kuliner, daily vlog, himbauan dan lain-lainnya.

Bagi kalian yang menggunakan media sosial pasti sudah sering menjumpai video atau gambar yang dibuat oleh para content creator. Ada beberapa tipe dalam suatu content yaitu Company Blog, White Paper dan E-book, Konten Video, Konten Visual, Case Study, Educational Webinar, dan Podcast.

Company Blog merupakan blog yang dijalankan oleh suatu perusahaan. Konten blog milik perusahaan biasanya disamakan dengan tujuan perusahaan, tetapi juga dapat berfungsi sebagai representasi eksternal dan internal perusahaan atau untuk informasi pelanggan.

Blog internal dapat dilihat oleh setiap karyawan, digunakan sebagai pengganti rapat, dan dapat sangat berguna ketika karyawan yang berada dari lokasi yang berbeda-beda. Blog juga memungkinkan karyawan untuk berpartisipasi dalam menyumbangkan keahlian mereka.

Blog eksternal adalah blog yang tersedia untuk umum yaitu karyawan perusahaan, tim, atau juru bicara. Blog ini sering digunakan untuk mengumumkan produk dan layanan baru, untuk menjelaskan kebijakan-kebijakan yang ada diperusahaan, untuk menanggapi kritik publik atau isu-isu tertentu.

White paper & E-book 

White paper merupakan sebuah dokumen yang berisi kebijakan-kebijakan atau memberi penjelasan mengenai suatu masalah secara resmi.

E-book adalah buku digital atau versi elektronik dari buku. Buku elektronik berisikan informasi digital yang berupa tulisan, gambar, dan video.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun