Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 di SDN Tegalurung
Indah Kurnia Dewi a,1, Yulia Puspita,M.Pd. Â b,2 Â
a Pendidikan Akuntansi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
b Pendidikan Seni Rupa, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
AbstrakÂ
Kampus Mengajar adalah salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Tujuan dari program ini adalah mengajak para mahasiswa untuk berkontribusi dalam bidang pendidikan khusnya di sekolah daerah 3T. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 160 siswa SDN Tegalurung.Â
Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Hasil observasi yang pertama adalah sebagai berikut. Program pertama yang dilaksanakan adalah adaptasi teknologi pembelajaran daring kepada Guru, Siswa, dan Orang Tua berlangsung dengan baik. Metode pembelajaran yang digunakan adalah luring dengan mengggunakan aplikasi video conference seperti Google Meet dan Zoom, penggunaan Google Form sebagai alat tes evaluasi siswa, dan menjelaskan metode pembelajaran yang digunakan pada Kurikulum 2013
Kata Kunci : Kampus Mengajar Angkatan 1, sekolah dasar, pelaksanaan program Kampus Mengajar
PendahuluanÂ
Pendidikan merupakan sarana pembentuk karakter masyarakat suatu bangsa. Pengertian pendidikan sendiri merupakan proses merubah sikap dan perilaku individu maupun kelompok dalam membentuk manusia yang memiliki sebuah kedewasaan melalui suatu pengajaran dan pelatihan yang mencakup sebuah proses dan cara mendidik. Pendidikan di Indonesia saat ini terbagi menjadi tiga jenis yaitu pendidikan formal yang diselenggarakan di sekolah, pendidikan non formal yang terdapat pada tempat peribadadan, dan pendidikan informal yang terdapat di dalam keluarga atau pendidikan yang bersifat pribadi. (Asdinah, 2021)