Inayatul Muyassaroh
341022000027
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Islam Sultan Agung
1. PENDAHULUAN
Pembelajaran pidato persuasif telah menjadi bagian penting dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Kepribadian persuasif memerlukan kemampuan siswa dalam menyajikan argumen yang logis, memengaruhi pendapat, dan meningkatkan kesadaran masyarakat. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi digital telah berkembang pesat dan berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran pidato persuasif.
Penggunaan media digital “Digi Belajar” dalam pembelajaran pidato persuasif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi, meningkatkan daya serap, dan meningkatkan kualitas pidato. Media digital seperti Canva, PowerPoint, dan Google Classroom telah digunakan dalam berbagai kegiatan pembelajaran, termasuk pidato persuasif. Namun, masih banyak guru yang belum memanfaatkan media digital secara optimal dalam pembelajaran pidato persuasif.
Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa penggunaan media digital dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi, meningkatkan daya serap, dan meningkatkan kualitas pidato. Misalnya, penelitian oleh Adnyana et al. (2018) menunjukkan bahwa penggunaan Canva sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks pidato persuasif. Selain itu, penelitian oleh Miftah (2013) juga menunjukkan bahwa penggunaan media digital dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi.
Namun, masih banyak penelitian yang belum berfokus pada penggunaan media digital dalam pidato persuasif. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk meneliti manfaat penerapan media pembelajaran digital dalam pidato persuasif, serta meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dan meningkatkan kualitas pidato.
2. PEMBAHASAN
Manfaat penerapan “Digi Belajar” dalam pidato persuasif dapat dilihat sebagai berikut:
a) Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Pidato Persuasif:
Penggunaan media seperti Poster My Wall dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menuangkan gagasan secara tulis.