bisnis kecil-menengah, iklan atau promosi yang kamu buat harus selaras dan spesifik dengan pesan yang ingin disampaikan oleh brand mu.
Sebagai sebuahCara yang bagus untuk mencapai hal tersebut adalah melalui voice over yang bisa membuat suaramu langsung terhubung dengan calon pembeli dan membantu menerjemahkan pesan tertentu ke berbagai demografi yang berbeda. Idenya adalah untuk menggambarkan brand dari produk atau jasa milikmu sebagai sumber yang otentik dan berguna bagi para pelanggan dan calon pelanggan baru, sehingga hubungan dengan klien atau customer dapat lebih bermakna. Voice over menawarkan rasa orisinalitas yang cenderung dilewatkan oleh pesan teks dan email. Selain itu, kamu dapat mempromosikan bisnis mu melalui berbagai macam kanal konten, dan agensi voice over adalah tempat yang tepat untuk memulai!
Seiring dengan kebutuhan jasa voice over talent, Kamu juga bisa mencari beberapa agensi atau freelancer lain yang menawarkan berbagai kebutuhan konten kreatif. Misalnya, kamu mungkin memerlukan seorang admin sosial media untuk melakukan pemasaran media sosial yang bisa membantu mendorong konten kreatifmu di berbagai platform atau kamu mungkin ingin mengoptimalkan penulisan untuk kebutuhan SEO, atau memerlukan desain logo baru yang segar untuk membantu reputasi brand setelah video promo ditayangkan. Kamu bahkan dapat mengatur berbagai macam fitur asisten virtual untuk berinteraksi dengan pendengar untuk membantu membangun user experience secara keseluruhan.
Memakai jasa voice over talent freelance mungkin terdengar mudah, tapi bayangkan betapa sulit dan lamanya waktu yang harus kamu buang untuk mencari seseorang yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan bantuan agensi voice over, kamu bisa mendapatkan suggestion dan memperkecil lingkup pencarian, sehingga membuatmu semakin mudah untuk menemukan suara yang mampu membantumu untuk mengomunikasikan pesan unik dari brand mu!
Kalau kamu masih bertanya-tanya kenapa jasa seorang voice over talent sangat penting sebagai marketing tools bisnismu, berikut adalah 4 alasan teratas mengapa bisnis UMKM milikmu membutuhkan voice over:
1. Voice Over yang Otentik Menciptakan Koneksi yang Tahan Lama
Infleksi dari suara, nada, dan penekanan pada kata-kata tertentu dapat menciptakan tingkat keaslian yang kamu butuhkan untuk menjadi yang terdepan dari para pesaing.
Ingatlah selalu kalau suara adalah sebuah karakteristik berbeda yang dapat dikenali orang lain. Suara seorang voice over talent profesional dapat membawa para pendengar melewati berbagai emosi, menenangkan pendengar ke tingkat pemahaman baru, atau bahkan memberikan sebuah energi untuk membeli suatu produk tertentu!
Voice over talent mampu menyampaikan minat dari sudut pandang pribadi untuk kemudian menarik pelanggan agar berinvestasi pada produk atau jasa yang kamu miliki hanya dalam beberapa detik. Tentu hampir semua dari kita masih sangat ingat dengan suara Tukul Arwana dalam iklan Shopee COD bukan?
“Shopee C O D, Shopee C O D!”
“Bayar langsung di tempat~”
Keunggulan suara otentik seperti yang dicontohkan oleh Shopee tersebut mencipatakan sebuah refleksi di dalam alam bawah sadar, bahwa dengan menggunakan Shopee, kamu bisa mendapatkan berbagai macam kemudahan untuk transaksi belanja online, terutama kalau kamu tidak punya akses ke mobile banking, ATM, dan kartu kredit.
Tentu saja akan sulit memasukkan semua unsur pesanmu ke dalam satu gambar untuk menggambarkan keunggulan bisnis atau layanan jasamu dengan benar, tetapi voice over talent akan dapat menciptakan pengalaman penuh untuk membantu para pelanggan untuk membuat keputusan.
2. Brand Akan Lebih Mudah Diingat dengan Voice Over
Sebagai bisnis skala kecil-menengah, salah satu aspek yang paling menantang dari strategi pemasaran produkmu adalah pengenalan merek atau brand awareness, dan voice over memiliki peran penting dalam proses branding.
Daripada banyak berharap pelanggan akan melihat logo brand mu dan memiliki konektivitas secara langsung, voice over talent mampu membangun sebuah hubungan cepat yang dapat dengan mudah diterjemahkan ke aspek lain dari pesan brand mu.
Misalnya, kamu bisa menjalin hubungan jangka panjang dengan satu atau beberapa voice over talent secara spesifik. Hal ini dapat sangat membantu meningkatkan keakraban brand mu dengan pelanggan dalam jangka waktu yang lama, dan tentu saja bisa berimbas kepada para klien yang kemungkinan besar akan menjadi pelanggan tetap. Inilah yang disebut fungsi voice over sebagai brand id.
Ambil contoh dari Gojek dan voice over talent mereka, Putri Saud. Suaranya yang lembut dan jernih terdengar begitu berbeda sehingga siapa pun yang mendengarnya berbicara langsung berpikir tentang sebuah perusahaan jasa transportasi yang menawarkan keamanan dan kenyamanan. Belum lagi, suara dan citra dirinya diperluas ke berbagai bentuk konten lain yang membuatnya menjadi maskot serba guna untuk merek tersebut.
Keakraban memancarkan transparansi kepada klien potensial dan calon pelanggan milikmu, jadi setelah kamu bisa menemukan suara yang tepat, pelangganmu akan dapat dengan cepat mengidentifikasi siapa brandmu dan apa yang kamu tawarkan.
3. Voice Over Mampu Meningkatkan Konversi Call to Action (CTA)
Ini hal yang sangat menarik. Di era pemasaran digital dengan berbagai macam konten dan promosi yang dilakukan, tujuan akhirnya adalah membuat pelanggan melakukan pembelian, dan voice over talent dapat meningkatkan konversi CTA apalagi bila dipadukan dengan iklan video media sosial.
Alasan untuk ini adalah karena sebuah suara menyamarkan CTA sebagai sebuah ”undangan” untuk belajar lebih banyak soal produk yang ditawarkan, daripada promosi konvensional seperti penjualan pada umumnya yang dianggap klise.
Dalam iklan voice over atau produk audio seperti podcast, voice over talent bisa memadukan CTA ke dalam bentuk suggestion. Misalnya, pembicara bisa menceritakan kisah pribadi yang terkait dengan bagaimana produk atau layanan ini mampu membantu mereka menghindari masalah. Sebagai imbalan nya, pendengar akan mengingat cerita dan menghubungkan pengalaman tersebut dengan pengalaman mereka sendiri, yang mengarah pada kemungkinan konversi dan kepercayaan pada produk yang kamu tawarkan.
Lebih dari itu, voice over talent sangat mampu mempertebal lapisan tambahan kepercayaan dan persuasi yang tidak dapat ditangkap oleh tulisan dan gambar saja.
4. Konten Voice Over adalah Konten yang Fleksibel
Menggunakan jasa voice over talent akan memberikan banyak manfaat untuk berbagai macam konten berbeda.
Contoh berikut adalah daftar beberapa konten yang bisa kamu produksi dengan bantuan voice over talent:
- Video Narasi — tambahan kecil yang membuat sebuah video akan jauh lebih informatif tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu atau uang.
- eLearning — Buat sebuah video instruksional yang memberikan petunjuk langkah demi langkah untuk situs web eCommerce atau tawarkan konten eksklusif untuk menunjukkan kepada pelanggan manfaat penuh dari produk multiguna milikmu.
- Podcast — Produksi podcast untuk para pendengar B2B untuk berbagi pengetahuan dan mengumpulkan followers yang bisa menjadi loyal customers di masa depan.
- Radio ads — Meskipun terkesan oldskul tetapi kehadiran iklan produkmu di radio masih sangat mampu membuat brand milikmu dikenal. Jangan lupa untuk memasukan iklanmu di segmen radio yang sesuai dengan citra dari brandmu.
Sangat banyak bentuk konten voice over yang masih bisa di-explore dan akan terus berkembang. Sebuah suara dapat mengakomodasi kebutuhan bisnis, memberikan hasil yang cepat, dan fleksibilitasnya dalam banyak bidang digital membuat voice over mempunyai keunggulan yang unik dan tidak berbanding.
Inavoice Memudahkan Pencarian Voice Over Talent
Inavoice diisi oleh para voice over talent profesional yang mencakup berbagai industri. Banyak dari mereka juga yang memiliki pengalaman lebih dari dua puluh tahun, jadi kamu bisa tahu persis apa yang akan kamu dapatkan.
Pengalaman mereka akan dengan mudah membantu memandu kamu tentang cara terbaik untuk mengekspresikan pesan dari brandmu. Urusan teknis dan administrasi juga akan sangat mudah dikelola karena tim dari Inavoice memberikan servis yang terbaik untuk para klien dan talent, mulai dari pemilihan talent, proses produksi, hingga pasca produksi, semua dilakukan melalui satu pintu. Inavoice telah memberikan jasa voice over professional kepada berbagai client melalui banyaknya pilihan talent yang diberikan.
Dengan garis besar yang solid tentang apa yang kamu inginkan, seorang voice over talent yang berpengalaman mampu membuat suara spesifik yang kamu butuhkan, serta memberikan suara yang berkesan yang akan membuat pelanggan tertarik. Sebagai tambahan, Inavoice juga memiliki studio rekaman profesional yang dilengkapi dengan peralatan rekaman paling mutakhir. Tentu saja semua itu dijalankan oleh engineer yang berpengalaman di dalam industri voice over.
***
Karena voice over talent secara harfiah akan menjadi suara dari brandmu, jadi penting bagimu untuk memilih kandidat yang tepat. Iklan mobil yang murahan memang lucu, tetapi tidak bisa membangun kepercayaan atau menunjukkan bagaimana sebuah bisnis dijalankan. Untuk menghindari kehilangan kesempatan penting untuk menunjukkan misi dan nilai brand kepada pelanggan, menggunakan jasa voice over talent profesional adalah jawaban.
Temukan suara milikmu sekarang juga!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H