Mohon tunggu...
InaKirana Channel
InaKirana Channel Mohon Tunggu... Freelancer - Hai

jujur beropini

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Jangan Buang Pisang yang Mulai Berkulit Menghitam

15 Januari 2022   15:12 Diperbarui: 15 Januari 2022   20:50 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
photo by: Ina Soviana Kirana

Hai.

Ini kali kedua aku menulis pada section foodie. Aku sih gitu, sok sibuk. Padahal banyak yang pingin ditulis. Beneran deh. Nah, kebetulan nih, nulis section ini ketika weekend. Weekend itu identik dengan kumpul keluarga atau teman atau ya menghabiskan waktu sendirian juga boleh deh. Tapi ya gak sendirian banget juga sih. Kumpul-kumpul hanya ngobrol gak ditemani makanan juga males banget ya hehe.

Aku mau share nih, kue yang lumayan sering aku jadikan andalan di rumah untuk cemilan sekeluarga. Berhubung di rumah pada doyan pisang, jadi aku lumayan sering beli. Nah, tapi gak semudah itu wahai Rosalinda, untuk berharap akan ada pisang yang bersisa. Harus aku sisihkan dari awal kalau mau aku olah untuk jadi makanan lain.

Ada apa sih dengan pisang ? Jadi, aku tuh suka buat banana bread dari pisang yang kematangan. Malah, harus pisang yang kematangan ya, agar manis cake yang dihasilkan itu benar-benar berasa dari manis pisangnya. Ciri dari pisang yang overripe atau kematangan itu adalah memuliki kulit pisang yang berbintik hitam. Tenang, itu bukan berarti busuk kok. Walaupun buruk kulitnya, biasanya dalamnya masih bagus. Daging buahnya terlihat bewarna lebih kuning dan bertekstur lembih lembut. Dan, mengeluarkan aroma manis pisang. Duh, ini cocok sekali untuk diolah menjadi kue. Salah satunya banana bread.

Anyway, apa sih bedanya banan bread dengan banana cake ? Apakah sama ?

Beda dong. Banana bread itu bertekstur lebih padat dan tidak berpori. Termasuk varian roti. atau lebih tepatnya short bread. Jadi roti yang tidak memerlukan ragi sebagai salah satu bahannya, seperti yang dibutuhkan roti pada umumnya. Dan proses buatnya juga lebih singkat dari roti pada umumnya.

Sedangkan banan cake, bertekstur lebih lembut, layaknya cake pada umumnya. Prosesnya bisa dilakukan dengan metode sponge cake jika ingin memiliki tekstur yang lebih spongy dan berpori atau bisa menggunakan metode butter cake jika ingin hasilnya lebih padat.

Kali ini aku akan share banana bread ya, di lain kesempatan aku akan share banana cake. 

BANANA BREAD

Source: Youtube InaKirana Channel ( https://youtu.be/J7a8MYtLn58 )

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun