Mohon tunggu...
Yantul
Yantul Mohon Tunggu... Novelis - Mahasiswa Pendidikan Agama Islam

Pecinta Diksi Manis, yang melariskan garis-garis makna yang kian merana. UMM'18 Karya: https://www.wattpad.com/story/231921991-aku-dan-sepucuk-kisahmu

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Gambaran Umum Kelayakan Buku Guru SKI MA Kelas X | Suharfani Almaisaroh

16 Juni 2020   22:34 Diperbarui: 16 Juni 2020   22:29 309
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pendidikan Islam merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan di suatu negeri (Nasional). Dalam pendidikan Islam ini, tidak dapat dipisahkan antara dua peran yang ada di dalamnya. 

Peran yang tidak dapat dipisahkan adalah peran pendidik dan anak didik. Artinya, keduanya bisa disebut komponen yang ketika saling berinteraksi dalam proses pembelajaran dapat menghasilkan atau mewujudkan suatu output pendidikan yang berkualitas.

Ketika berinteraksi dalam proses pembelajaran inilah, seorang guru memerlukan buku guru. Buku guru merupakan salah satu buku wajib yang harus dimiliki guru karena mempunyai fungsi tersediri yang telah di atur sesuai dengan K-13. 

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, buku guru adalah panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas yang mempunyai fungsi sebagai petunjuk penggunaan buku siswa, sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas, penjelasan tentang metode dan pendekatan pembelajaran yang digunakan dalamproses pembelajaran.

Lantas apakah buku guru yang diterbitkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia Tahun 2014, sudah sesuai dengan fungsi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, dilihat dari gambaran umumnya? Maka dari itu, terdapat beberapa butir dalam instrumen untuk mengetahui gambaran umum buku panduan guru Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X Madrasalah Aliyah ini. Butir-butir tersebut diantaranya:

1. Pendahuluan

Telah terdapat kata pengantar, daftar isi. Namun tidak ada petunjuk penggunaan buku dan pada pendahuluan juga tidak menjelaskan bahwa kurikulum 2013 ini sebagai penyempurna kurikulum sebelumnya.

Padahal kurikulum 2013 sudah tidak lagi menggunakan standar kompetensi (SK) sebagai acuan dalam mengembangkan kompetensi dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum 2013 telah menyusun kompetensi inti (KI) untuk mencapai standar kompetensi lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap kelas atau program

2. Cakupan dan Lingkup SKI MA Kelas X

Cakupan dan lingkup Sejarah Kebudayaan Islam dalam buku guru sudah mencakup semua materi yang harus diajarkan pada kelas X MA dengan mengacu pada Permendigbud No 36 Tahun 2008 tentang peraturan kurikulum 2013 dan buku siswa.

3. Tujuan Pembelajaran SKI MA Kelas X

Pada setiap BAB telah di tampilkan tujuan pembelajaran. Hal ini dapat diihat pada:

  • BAB I: Peradaban Bangsa Arab Sebelum Islam. Tujuan pembelajarannya dapat dilihat pada halaman 3.
    BAB II:  Perkembangan Dakwah Nabi Muhammad SAW (Periode Mekah). Tujuan pembelajarannya dapat dilihat pada halaman 17.
    BAB III: Perkembangan Dakwah Nabi Muhammad SAW (Periode Madinah). Tujuan pembelajarannya dapat dilihat pada halaman 33.
    BAB IV: Sejarah Perkembangan Islam Masa Khalifaurrasyidin. Tujuan pembelajarannya dapat dilihat pada halaman 56.
    BAB V: Strategi Dan Substansi Dakwah Khulafaurrasyidin. Tujuan pembelajarannya dapat dilihat pada halaman 66.

4. Strategi Pembelajaran SKI MA Kelas X

Dalam buku guru kususnya pada setiap BAB dijelaskan strategi pembelajaran (model pembelajaran) seperti apa yang cocok dengan materi yg akan diajarkan. Tersedianya strategi Pembelajaran pada buku ini membuat berhasilnya fungsi buku guru yang telah ditetapkan PERMENDIGBUD. Hal ini dapat dilihat pada point 6/7 pada proses pembelajaran pada bagian pendahuluan disetiap BAB.

5. Media Pembelajaran SKI MA Kelas X

Media pembelajaran telah terdapat dalam buku guru tiap BABnya yang disesuikan dengan kebutuhan materi pembelajaran pada setiap BAB, hanya saja tidak di sebutkan dalam point tersendiri melainkan masuk pada proses pembelajaran bagian pendahuluan. Tersedianya media pembelajaran ini dapat dilihat pada proses pembelajaran bagian pendahuluan disetiap BAB.

6. Proses/kegiatan pembelajaran SKI MA Kelas X

Proses atau kegiatan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam buku guru sudah dijelaskan secara rinci dari awal kehadiran guru memulai dengan salam, mengecek kehadiran, menginformasikan mengenai kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran, serta juga mengenai media dan model pembelajaran yang akan digunakan. 

Kemudian lanjut pada pelaksanaan kegiatan inti yang berisi ekplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Dan yang terakhir penutup dengan 5 point. Namun tidak terdapat tantang pembelajaran yang dapat dilaksanakan diluar kelas dengan bertanya langsung kepada ulama ahli sejarah atau tokoh-tokoh ahli dibidangnya agar mendapat sumber belajar lebih luas.

7. Evaluasi pembelajaran SKI MA Kelas X

Di dalam buku guru untuk evaluasi mengenai pembelajaran sudah tercantum yakni dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang dilakukan mulai dari penilaian (pengetahuan, keterampilan dan sikap), dan juga terdapat pengayaan dan remedial bagi peserta didik yang belum menguasai materi. 

Pengayaan yang diberikan berbentuk pertanyaan pilihan ganda, namun hal ini dirasa kurang karena untuk seukuran anak didik pada jenjang MA seharusnya tidak diberikan pengayaan berupa pilihan ganda, namun lebih kepada soal uraian. 

Di samping itu juga adanya interaksi guru terhadap orang tua atau wali. Hal itu sangat penting karena berguna untuk keterpaduan pembinaan terhadap peserta didik. Evaluasi pembelajaran ini terdapat pada tiap akhir BAB yang tersedia dalam buku guru.

 Dari hasil analisis di atas, perlu adanya peningkatan yang lebih baik lagi. karena gambaran umum saja masih terdapat kecacatan, apalagi dengan menelaah isi jauh lebih mendalam. 

Sebuah buku guru harus menjadi sebaik-baiknya buku, karena buku ini adalah sebuah pedoman dimana akan terus berdampingan dengan guru dan akan terdampak pada proses pembelajaran yang dilakukan pada anak didik. hal ini juga dapat berpengaruh pada hasil belajar dan tujuan pendidikan itu sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun