Mohon tunggu...
Cahayafebryanti
Cahayafebryanti Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Hoby memasak,suka jalan jalan

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Memahami Perkembangan Anak: Teori Piaget dan Vygotsky

21 Januari 2025   16:46 Diperbarui: 21 Januari 2025   15:46 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

## Memahami Perkembangan Anak: Teori Piaget dan Vygotsky

Perkembangan anak merupakan proses yang kompleks dan menarik, melibatkan perubahan fisik, kognitif, dan sosial-emosional. Dua tokoh penting yang memberikan kontribusi besar dalam memahami perkembangan kognitif anak adalah Jean Piaget dan Lev Vygotsky. Meskipun keduanya memiliki fokus yang berbeda, teori mereka saling melengkapi dan memberikan pemahaman yang lebih holistik tentang bagaimana anak belajar dan berkembang.

**Piaget: Konstruktivisme dan Tahapan Perkembangan Kognitif**

Piaget, seorang psikolog Swiss, dikenal dengan teori konstruktivismenya. Ia percaya bahwa anak membangun pengetahuan mereka sendiri melalui interaksi dengan lingkungan. Piaget mengidentifikasi empat tahapan perkembangan kognitif:

1. **Sensorimotor (0-2 tahun):** Anak belajar melalui panca indera dan tindakan fisik. Mereka mengembangkan konsep objek permanen dan mulai memahami hubungan sebab-akibat.
2. **Praoperasional (2-7 tahun):** Anak mulai menggunakan bahasa dan simbol, namun pemikiran mereka masih egosentris dan terikat pada penampilan. Mereka mengalami kesulitan dengan konsep konservasi dan berpikir logis.
3. **Operasional Konkrit (7-11 tahun):** Anak mampu berpikir logis dan memahami konsep konservasi. Mereka dapat mengurutkan, mengklasifikasikan, dan menyelesaikan masalah sederhana.
4. **Operasional Formal (11 tahun ke atas):** Anak mampu berpikir abstrak, hipotesis, dan deduktif. Mereka dapat memahami konsep-konsep ilmiah dan filosofis.

**Vygotsky: Perkembangan Sosial dan Zona Perkembangan Proksimal**

Vygotsky, seorang psikolog Rusia, menekankan peran sosial dan budaya dalam perkembangan kognitif. Ia percaya bahwa anak belajar melalui interaksi dengan orang dewasa dan teman sebaya yang lebih berpengalaman. Vygotsky memperkenalkan konsep **Zona Perkembangan Proksimal (ZPD)**, yaitu jarak antara apa yang dapat dilakukan anak sendiri dan apa yang dapat dilakukannya dengan bantuan orang lain.

**Peran Guru dan Orang Tua**

Teori Vygotsky menekankan pentingnya scaffolding, yaitu memberikan dukungan dan bimbingan yang tepat waktu kepada anak saat mereka belajar. Guru dan orang tua dapat membantu anak mencapai potensi penuh mereka dengan menyediakan lingkungan belajar yang mendukung dan menantang.

**Perbedaan dan Kesamaan**

Meskipun Piaget dan Vygotsky memiliki fokus yang berbeda, teori mereka saling melengkapi. Piaget menekankan perkembangan kognitif individual, sementara Vygotsky menekankan peran sosial dan budaya. Keduanya sepakat bahwa anak membangun pengetahuan mereka sendiri, namun Vygotsky menekankan pentingnya interaksi sosial dalam proses tersebut.

**Kesimpulan**

Teori Piaget dan Vygotsky memberikan kerangka kerja yang berharga untuk memahami perkembangan kognitif anak. Dengan memahami bagaimana anak belajar dan berkembang, guru dan orang tua dapat menciptakan lingkungan belajar yang optimal untuk membantu anak mencapai potensi penuh mereka.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun