Mamuju -- Memasuki awal bulan Juni 2024, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamuju rilis capaian kinerja sepanjang bulan M 2024. Capaian Kinerja digunakan sebagai dasar untuk menilai keberhasilan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan.
Jumlah penerbitan paspor sepanjang bulan Mei adalah sebanyak 237 paspor dengan rincian 153 Paspor Biasa dan 84 Paspor Elektronik. Rata-rata penerbitan paspor adalah dengan tujuan ibadah haji dan umroh. Sedangkan untuk pelayanan orang asing tidak ada izin tinggal yang diterbitkan.
Kantor Imigrasi Mamuju terus konsisten untuk laksanakan Layanan Inovasi. Layanan Simaju Pastuju (Paspor Sampai Tujuan) merupakan layanan pengantaran paspor di Wilayah Kabupaten Mamuju sebanyak 6 kegiatan. Layanan Simaju Idaman (Imigrasi Datang Melayani Anda) merupakan layanan jemput bola kepengurusan paspor di hari sabtu atau minggu telah terlaksana di Kabupaten Mamuju Tengah 1 kegiatan dan di Kabupaten Pasangkayu 1 kegiatan.
Dalam penyelenggaraan pelayanan pelayanan publik, Kantor Imigrasi Mamuju menyelenggaran Survei yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Dalam Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP) pada bulan Mei memperoleh nilai 99.34 (Sangat Baik) dan Survei Presepsi Anti Korupsi 99.29 (Sangat Baik). Sedangkan untuk Survey Integritas Organisasi mendapatkan nilai 97,28 (Sangat Baik).
Pada Tempat Pemeriksaan Imigrasi telah dilakukan pemeriksaan keimigrasian terhadap awak alat angkut yang keluar dan masuk wilayah Indonesia di Terminal Khusus Tanjung Sarana Lestari, Kabupaten Pasangkayu sebanyak 155 awak kapal.
Sementara kegiatan pengawasan orang asing yang bertujuan untuk menjaga keamanan serta ketertiban di wilayah kerja Kanim Mamuju di bulan Mei 2024 telah terlaksana 2 kegiatan.
Capaian kinerja keuangan Kantor Imigrasi Mamuju pada bulan Mei adalah 36,93% atau Rp 3.639.012.600 dari pagu anggaran sebesar Rp 9.852.631.000. Sedangkan Capaian Penerimaan Negara Bukan Pajak pada bulan Mei adalah sebesar Rp. Rp 715.681.533.
Kepala Kantor Imigrasi Mamuju, Andi Zulpikar Rasdin menyampaikan bahwa Kanim Mamuju akan terus berupaya untuk mencapai target kinerja yang telah ditentukan.
"Kami berkomitmen untuk terus berkinerja lebih baik untuk memperoleh hasil yang maksimal serta terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat" ujar Andi Zulpikar.
Sementara itu, secara terpisah, Kakanwil Kemenkumham Sulbar, Pamuji Raharja mendukung sepenuhnya  upaya yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamuju.
"Sehingga melalui capaian kinerja ini, diharapkan dapat dijadikan acuan untuk terus berkinerja dengan baik dengan akuntabel dan penuh rasa tanggung jawab dan terus meningkatkan kinerja jajaran pegawai Kanwil Kemenkumham Sulbar," tutup Pamuji.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H