Menulis Artikel memang mudah terutama menulis di Blog keroyokan seperti dikompasiana ini, begitupun menyusun tulisan yang akan dijadikan buku sebenarnya juga mudah asal tahu caranya, biasanya kita sedikit pusing dengan apa yang harus ditulis, kita juga dihadapkan dengan persoalan tata cara penulisan buku itu sendiri.
Beberapa minggu yang lalu penulis dapat undangan oleh salah satu lembaga yang bergerak di dunia pendidikan untuk mengisi Lokakarya (workshop) cara Membuat dan Menyusun Buku TIK dengan mudah menggunakan LibreOffice Writer
Dalam acara tersebut membahas tentang aturan penulisan buku dan cara penulisannya dengan LibreOffice 3.x.x.xWriter. Materi yang penulis sampaikan dapat dilakukan secara bbertahap selangkah demi selangkah, sehingga peserta yang sekalipun belum pernah menggunakan LibreOffice Writer pun dapat mengikuti langkah-langkah tersebut untuk mengoptimalkan LibreOffice 3.x.x.x Writer dalam menulis dan membuat buku.
Dengan mengikuti Salindia (slide) tersebut peserta dapat membuat Template sendiri yang nantinya dapat digunakan dalam penulisan buku berikutnya
Berikut ini beberapa hal yang biasa dilakukan secara manual dalam membuat template:
-
Pembuatan Halaman Sampul, Kata Pengantar , Daftar Isi
-
Pembuatan Halaman Bab
-
Pembuatan Daftar Pustaka, Tentang Penulis , Catatan
-
Penomoran Gambar, Tabel
Beberapa orang dalam menulis buku biasanya membuat tulisan secara terpisah atau per bab. Artinya, jika ada 5 bab maka dibutuhkan 5 dokumen selain dokumen bagian awal ( kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, dan lain sebagainya).
Hal ini tentunya tidak efisien apabila terjadi perubahan dalam penulisan buku (dokumen) misalnya nomor halaman, maka kita harus membuka satu per satu dokumen yang telah dibuat tersebut untuk mengubah nomor halamannya.
Materi yang penulis buat berdasarkan pengalaman penulis waktu membuka usaha Rental (pengetikan) Komputer beberapa tahun yang lalu.
Melalui materi tersebut peserta dapat mengoptimalkan fitur-fitur yang ada dalam LibreOffice 3.x.x.x Writer sehingga hal-hal seperti di atas. Peserta tidak lagi melakukan penyusunan daftar isi, isi dari bab, penomoran, dan lain sebagainya secara manual karena semua itu dapat dilakukan secara otomatis.
Cara dalam Materi Presentasi tersebut dapat juga diterapkan dalam pembuatan Skripsi/TA bagi mahasiswa, namun untuk pembuatan Skripsi agak sedikit rumit lagi, misalnya harus mencantumkan Daftar gambar, daftar rujukan, dll.
Dibawah ini tautan untuk mengunduh Materi Presentasi dan materi pendukung lainnya yang penulis sampaikan pada acara tersebut:
- Materi Membuat dan Menulis Buku Secara Mudah
- Contoh Buku yang berhasil disusun
- Ketetapan Badan Standar Nasional tentang Aplikasi Perkantoran
- Pedoman Ejaan Yang Disempurnakan
- Panduan Istilah Bahasa Komputer
Demikian Tulisan singkat yang dapat Penulis sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga ada manfaatnya untuk kita semua ` Salam - Newbie
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H