Amanda Manopo menambah deretan nama-nama selebriti tanah air yang diduga terlibat dalam aktivitas judi online. Sebelumnya ada Wulan Guritno.
Terminologi aktivitas juga meliputi kegiatan promosi, penyiaran, atau mengiklankan. Mereka para artis dengan segudang follower-nya disebut memanfaatkan relasi itu untuk mengenalkan perjudian.
Judi online beragam bentuknya di dunia maya. Dari mulai judi tebak skor, judi permaian, hingga judi slot. Yang terakhir ini berupa versi digital dari versi-versi konvensional sebelumnya. Yang sudah dikenal sejak abad ke 19. Yakni berupa memutar beberapa simbol gambar mirip dalam kartu remi.
Judi slot banyak digemari masyarakat. Selain karena mudah, tidak membutuhkan kemampuan khusus, juga mengundang dorongan atau hasrat untuk mengulang dan mengulang.
Dulu, mesin slot awalnya digunakan sebagai cara untuk menarik orang membeli sesuatu. Mereka yang berhasil memperoleh slot akan mendapatkan kupon pembelian sesuatu.
Di era digital, mesin slot digital terkesan seperti sebuah permainan digital belaka. Tetapi di balik iti semua sebenarnya tengah terjadi praktek perjudian.
Ciri perjudiannya jelas. Peserta membayar berupa uang (termasuk uang digital) kemudian memainkan mesin slot untuk memperoleh jackpot. Pada awalnya mungkin memang gampang bocor alias gacor berkali-kali. Namun selanjutnya belum tentu kemujuran serupa diraih.
Kepenasaran orang untuk mencoab dan mencoba itu secara biologis didorong oleh peran hormon endorfin. Hormon yang disebut menyalurkan faktor kesenangan. Kemudian juga andil hormon adrenalin yang memicu hasrat untuk "bertualang".
Di sisi lain judi-judi ini dirancang seperti sebuah permainan alias game online. Ini bisa membuat orang adiksi alias ketagihan. Bahkan ia menjadi media saat mengisi waktu kosong. Segala kemudiahan yang ditawarkan (mendaftar, bermain, menyetor uang dan menarik uang) kian menyuburkan ke benak masyarakat.
Ditambah peran media online maupun media sosial yang malah memandu untuk memperoleh jackpot. Diberi tips dan trik. Alias mendorong audience untuk menjajal setiap jurus.
Dengan tarif yang murah dan receh semakin membuat pemain penasaran. Menurut penyelidikan jurnalisme yang dilakukan Aiman Wicaksono, pada sebuah pasar tersebut bahwa hampir 50 persen pedagang ikut judi online.
Itu baru di satu wilayah komunitas tertentu. Belum di tempat lain. Laporan menunjukkan jumlah pemain judi online di Indonesia mencapai 2,7 juta orang. Sementara judi gacor alias slot sebanyak 200 ribu lebih atau sekitar 10 persen. Jumlah ini kabarnya melebihi Kamboja dan Filipina yang memang membolehkan judi online.
Transaksi yang mengalir (baik online maupun offline) di dunia perjudian Indonesia mencapai Rp 81 triliun pada 2022. Ini menurut PPATK. Jumlah ini sekitar 70 persen dari klaim kesehatan masyarakat lewat BPJS di tahun yang sama.
Amanda juga Wulan awalnya mungkin tidak paham bahwa yang mereka promokan sejatinya merupakan produk judi yang dibalut sebagai permainan. Jadi pengelolaan perjudian ini sangat dikelola dengan sistematis dan profesional.
Para pebisnisnya tahu benar bagaimana mempengaruhi pasar. Segala simulasi tentu telah dilakukan untuk membuat orang adiktif. Dari mulai setor Rp 10 ribu, kemudian meningkat menjadi Rp 20 ribu dan seterusnya. Bahkan orang-orang yang terpedaya mungkin sudah mensubstitusikan uang untuk keperluan utama menjadi modal berjudi.
Dan bila yang menjadi target sasaran masyarakat lapis menengah ke bawah maka perjudian dunia maya ini buka lagi bersifat darurat. Melainkan bencana.
 Menghadapi bencana perlu kecermatan dan penggerakan seluruh unsur pemerintah yang berkaitan. Platformnya yang digital yang sangat mudah menjangkau siapa saja dalam waktu cepat dan multiwilayah meski diawasi lebih teliti. Kita harus perangi dan selamatkan masyarakat. (*)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H