Mohon tunggu...
IMA TURYANI
IMA TURYANI Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru di SMAN 1 Teluk Sebong, mengikuti pendidikan guru penggerak angkatan 7

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mulai dari Diri - Modul 3.3 - Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid - Pendidikan Guru Penggerak

15 Mei 2023   20:55 Diperbarui: 15 Mei 2023   21:11 44948
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

"Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak"
-Nadiem Makarim-

Pertanyaan Pemantik

  1. Apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid?
  2. Bagaimana kaitan antara program yang berdampak pada murid dengan kepemimpinan murid (student agency)?

Jawaban Saya

  • Program yang berdampak pada murid yaitu rancangan atau perencanaan satu unit atau kesatuan kegiatan yang berkesinambungan dalam proses pembelajaran, yang memiliki tujuan, dan melibatkan sekelompok orang (guru dan murid) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, sehingga memberikan pengalaman bermakna bagai murid dan memberikan bekal untuk mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.
  • Kaitan antara program yang berdampak pada murid dengan kepemimpinan murid (student agency adalah bahwa program yang berdapampak pada murid akan mendorong student agency (kepemimpinan murid) dalam program sekolah memungkinkan murid untuk belajar menjadi individu yang lebih bertanggung jawab, berdaya, dan kontributif, dan dengan pengalaman dan kebermaknaan yang mereka dapatkan dari proses belajar mereka dalam program-program sekolah tersebut sesungguhnya akan memberikan bekal untuk mereka menjadi seorang pembelajar sepanjang hayat, sehingga, dampak positif dari proses belajar yang dilalui oleh murid-murid kita saat ini tentunya akan dapat terus dirasakan oleh mereka di sepanjang hidupnya.

Sesi pembelajaran 1

Sekarang, mari kita mulai sesi pembelajaran 1 ini.

Saat Ibu/Bapak bersekolah dulu, Ibu/Bapak tentu pernah mengikuti berbagai program/kegiatan di sekolah. Program/kegiatan itu dapat berupa program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.

Program/kegiatan intrakurikuler merupakan merupakan program/kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah. Program/Kegiatan ini dilakukan oleh guru dan murid dalam jam pelajaran setiap hari dan ditujukan untuk mencapai tujuan minimal dari setiap mata pelajaran dalam kurikulum. Sementara itu, program/kegiatan kokurikuler merupakan program/kegiatan yang dilaksanakan sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan intrakurikuler. Program/kegiatan ini meliputi kegiatan pengayaan mata pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan seni dan budaya, dan/atau bentuk kegiatan lain yang dapat menguatkan karakter murid. Sedangkan program/kegiatan ekstrakurikuler adalah program/kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid.

Refleksi

Nah, sekarang kami ingin Ibu/Bapak mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman Ibu/Bapak yang paling berkesan saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid. Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Apa kegiatan/programnya?
  2. Siapa yang memprakarsai atau menggagas program tersebut?
  3. Berperan sebagai apa Ibu/Bapak saat itu?
  4. Bagaimana perasaan Ibu/Bapak saat itu?
  5. Mengapa pengalaman tersebut berkesan untuk Ibu/Bapak?
  6. Apa pembelajaran yang Ibu/Bapak ambil dari kegiatan/ program tersebut?
  7. Bagaimana pengalaman tersebut berdampak pada Ibu/Bapak sekarang? Apakah berdampak positif atau negatif?

Jawaban:

1. Kegiatan yang paling berkesan saat terlibat menjadi murid adalah

  • Saat praktikum kimia yaitu menguji kandungan gel dalam pembalut di materi koloid
  • Saat ujian praktikum biologi menggunakan sistem ketok dimana kami berpindah dari praktikum satu ke praktikum lain sesuai waktu yang ditentukan
  • Saat pelantikan ekstrakurikuler Rohis
  • Saat pemilihan suara ketua PMR
  • Saat mengikuti lomba PMR bidang karya ilmiah remaja di Universitas Pasundan  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun