Mohon tunggu...
ilmi mahda
ilmi mahda Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru yang terus belajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal 2.1 Pembelajaran Diferensiasi

11 Maret 2023   12:05 Diperbarui: 11 Maret 2023   12:21 266
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN

MODUL 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

Jurnal Refleksi dwimingguan merupakan salah satu tugas yang harus dibuat oleh calon guru penggerak pada pendidikan guru penggerak. Jurnal refleksi dwimingguan adalah sebuah tulisan tentang refleksi diri setelah mengikuti sebuah kegiatan pelatihan (upgrading skill) yang ditulis secara rutin setiap dua mingguan yang wajib yang harus dilakukan oleh para CGP (Calon Guru Penggerak).

Pada tulisan ini saya akan menuliskan hasil refleksi saya dalam mempelajari modul 1.3 Visi Guru Penggerak dengan model refleksi 4P ( peristiwa, perasaan, pembelajaran dan penerapan ) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway

PERISTIWA

Memasuki Bulan ketiga dalam Modul dua tepatnya modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi. Kami sempat istirahat selama kurang lebih 1,5 bulan. Kami mulai Pembelajaraan aktif kembali di awal febuari. Pembelajaran sama seperti sebelumnya yakni dimulai dari Mulai dari diri, ekplorasi konsep, ruang kolaborasi, demontrasi kontekstual, Elaborasi dan koneksi antar materi. Dalam bulan febuari ini kami sangat padat, saya melakukan pendampingan Individu yang dilaksanakan pada 6 febuari 2023. Dalam Pendampingan Individu ini sedikit berbeda dengan pertemuan sebelumnya. Saat pendampingan kami berdiskusi dan presentasi visi misi guru penggerak dan sekolah. Peserta diskusi tidak hanya calon guru penggerak dan pengajar praktik tetapi kami bersama kepala sekolah, tendik dan beberapa rekan guru. Dalam diskusi pengajar praktik memandu diskusi mengenai visi sekolah yang sudah ada. Menampung saran dan tanggapan dari rekan guru dan tendik. Ada banyak pencerahaan yang diberikan oleh bu Elvy selaku pengajar praktik. Kami juga diminta menuliskan prakarsa perubahan mulai dari menuliskan murid Impian. 

Di minggu ini, saya juga melakukan aksi nyata budaya positif di sekolah saya. Aksi nyata ini dilakukan selain memenuhi tugas LMS tetapi juga membagi praktik baik saya terhadap teman sejawat di lingkungan sekolah.

Selanjutnya kami melakukan lokakarya kedua. Dalam Lokakarya kami kembali berdiskusi bagaimana penerapan segirestitusi.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

PERASAAN

Selama kegiatan 3 minggu terakhir ini, ada banyak perasaan yang muncul. Bulan febuari ini sangat padat sekali di sekolah saya, saya kebetulan memegang tim olimpiade dan juga penanggung jawab event besar tahunan sekolah. Ada ketakutan saya tidak dapat mengerjakan seluruhnya. Saya harus menjadwalkan seluruh kegiatan saya dari dua unit di sekolah saya.

Saat kegiatan pendampingan individual denga praktik mengajar saya sangat antusias dan tercerahkan. Bu elvy banyak membuka komunikasi antara rekan sekolah dan kepala sekolah mengenai visi sekolah.    


Saat saya berbagi praktik baik di sekolah saya merasakan sedikit kurang pede, karena merasa pendengar lebih paham dan senior dari saya.

PEMBELAJARAN

Dalam modul 2.1 yakni mengenai Pembelajaran Diferensial, saya semakin memahami bagaimana cara menerapkan pemberalajaran yang sesuai kebutuhan murid. Guru harus memahami profil peserta didiknya. Pembelajaran dilakukan sesuai kesiapan belajar, minat dan profil peserta didik. Dengan pembelajaran diferensial, peserta didik merasa terundang dalam pembelajaran. Peserta didik juga merasa terlibatkan dalam pembelajaran. Pembelajaran diferensiasi bukan menciptakan rancangan pembelajaran satu persatu setiap siswa, tetapi rancangan pembelajaran dibuat diferensiasi konten, proses dan produk. Dengan variasi konten, proses dan produk, diharapkan dapat mengakomodir seluruh kebutuhan siswa.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

PENERAPAN

Dalam Penerapan 2.1 saya melakukan refleksi pada rancangan pembelajaran yang sudah saya buat. Saya melakukan revisi atau perubahan yang dibutuhkan agar terakomodasi pembelajaran diferensiasi. Saya melakukan diferensiasi konten dengan menampilkan beberapa materi dengan berbagai bentuk video, artikel atau rekaman. Saya juga melakukan diferensiasi proses dengan melakukan berbagai aktivitas mulai dari kajian lliteratur, melakukan percobaan dan diskusi serta presentasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun