Mohon tunggu...
ilmi mahda
ilmi mahda Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru yang terus belajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

24 November 2022   16:20 Diperbarui: 24 November 2022   16:24 392
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

JURNAL REFLEKSI DWIMINGGUAN

MODUL 1.2 NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Jurnal Refleksi dwimingguan merupakan salah satu tugas yang harus dibuat oleh calon guru penggerak pada pendidikan guru penggerak. Jurnal refleksi dwimingguan adalah sebuah tulisan tentang refleksi diri setelah mengikuti sebuah kegiatan pelatihan (upgrading skill) yang ditulis secara rutin setiap dua mingguan yang wajib yang harus dilakukan oleh para CGP (Calon Guru Penggerak).

Pada tulisan ini saya akan menuliskan hasil refleksi saya dalam mempelajari modul 1.1 Filosofis Pemikiran Ki Hajar Dewantara mengenai Pendidikan dengan model refleksi 4P ( peristiwa, perasaan, pembelajaran dan penerapan ) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway

PERISTIWA

Saya telah memasuki satu bulan dalam Pendidikan guru penggerak ini. Ada banyak kegiatan yang kami lalui. Di mulai dari diri, pada kegiatan ini saya membuat trapesium usia sejak saya usia sekolah hingga pensiun. Pada refleksi ini saya menjabarkan peristiwa positif dan peristiwa negatif selama masa sekolah mengulik Kembali bagaimana emosi yang muncul saat itu. Selain itu saya juga menuliskan pembelajaran yang saya ambil dari kedua peristiwa tersebut. Hal ini sangat mencerahkan saya, bahwa selama masa sekolah merupakan tabungan kenangan peristiwa positif dan negatif dan dapat membentuk karakter seorang anak.

Kegiatan selanjutnya kami adalah eksplorasi konsep ada 21 halaman yang kami pelajari, mulai memahami dari nilai kebajikan hingga cara kerja otak yang dipengaruhi emosi. Dalam ekplorasi konsep saya mengetahui bagian otak manusia terdapat otak cepat dan otak lambat yang mempengaruhi bagaimana kita menerima suatu kondisi sehingga manusia dapat tergerak untuk melakukan sesuatu kebajikan.

Setelah kegiatan eksplorasi kami melakukan ruang kolaborasi, menyusun rancangan kegiatan yang mengaplikasikan nilai dan peran guru penggerak. Kelompok saya memilih peran sebagai pendorong kolaboratif dalam rangkaian kegiatan pelatihan pembuatan buletin kelas berbasis canva design. Kegiatan ini dengan sasaran guru-guru dan siswa kelas atas.

Setelah ruang kolaborasi kami demontrasi kontekstual dari pembelajaran yang kami dapatkan di modul ini. Keesokkannya kami mendapatkan pencerahan oleh instruktur bapah suhud rois dalam elaborasi pemahaman. Bapak suhud, meluruskan dan juga menegaskan pemahaman tentang nilai dan peran guru penggerak.

PERASAAN

selama dua minggu kedua ini perasaan saya campur aduk. Ada rasa antusias, takut, bangga dan juga cemas. Saya merasa antusias dengan semua paparan materi yang disampaikan modul, fasilitator dan juga intruktur. Saya merasa banyak pencerahan dan menambah khasah saya sebagai seorang pendidik yang sangat berguna diterapkan dalam lingkup kelas maupun sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun