Mohon tunggu...
Illiyyin Putra
Illiyyin Putra Mohon Tunggu... Lainnya - Copywriter

Just a man who passionate about tech and digital marketing.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Cara Mudah Lapor Penipuan Online

3 Juni 2021   10:27 Diperbarui: 3 Juni 2021   10:35 639
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo temen2, dikutip dari liputan6.com, BARESKRIM mencatat ada 1,617 kasus penipuan online di tahun 2019 dan 649 kasus dari Januari - September tahun 2020. Tidak heran jika terkadang ada perasaan ragu dengan penjual, takut tertipu dan sebagainya. Sekarang Anda gak perlu ragu lagi masalah ini, Anda bisa cek rekening di situs kredibel.co.id atau  cekrekening.id. Khusus kredibel.co.id, Andabisa cek nomor telepon juga.

Tapi, bagaimana jika kita sudah terlanjur menjadi korban penipuan? Apa yang harus kita lakukan? Jangan khawatir, saya bongkar solusinya.

1.) Datang ke Kantor Cabang Bank Terdekat

Sesuaikan dengan bank yang Anda gunakan.

2.) Serahkan Bukti transfer ke CS Bank

Bukti transfer bisa struk/sms/internet banking.

3.) Ceritakan Kronologi

Kronologi harus runut, jelas, dan benar.

4.) Pihak Bank Menghubungi Penipu

Dengan cara melacak nomor rekening penipu dari bukti transfer.

5.) Nomor Rekening Dibekukan

Pihak bank akan membekukan rekening penipu.

6.) Mediasi

Di tahap ini pihak bank akan menghubungkan penipu dengan korban.

Bagaimana Jika Mediasi Tidak Berhasil dan Penipu Tidak Mau Mengembalikan Uang Kita?

1.) Bekerjasama dengan Pihak Kepolisan

Jika mediasi tidak berhasil, pihak bank bekerjasama dengan pihak kepolisian, penipu masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

2.) Penangkapan Pelaku Penipuan

Penipu akan dimintai keterangan dan diharuskan mengembalikan uang kepada korban.

3.) Uang Kembali

Uang kembali setelah pelaku penipuan ditangkap. Hal ini dengan beberapa catatan/kondisi tertentu.

Syarat Penting!

Bukti transfer atau bukti transaksi lainnya jangan sampai hilang!

Anda Ingin Menyelamatkan Banyak Orang Agar Tidak Menjadi Korban Penipuan Selanjutnya?

Laporkan ke Kredibel.co.id! Bagaimana caranya? 

Tapi, sebelum membuat laporan di Kredibel, Anda wajib mempersiapkan beberapa hal berikut:

  1. Nama Anda.
  2. Nomor identitas KTP/SIM/Passpor.
  3. Nomor telepon Anda.
  4. Rekening bank penjual; nama pemilik rekening, nama bank, nomor rekening.
  5. Kontak penjual, pilih beberapa yang tersedia; telepon, Line, Instagram, WA, Facebook, BBM, Twitter, dan/atau situs web.
  6. Kronologi kejadian penipuan. Mulai dari platform yang digunakan untuk menipu, misalnya; Shopee, Tokopedia, Instagram, BBM, dan sebagainya. Kemudian kategori produk yang dijual. Dan terakhir cerita kronologi versi Anda.
  7. Total kerugian yang dialami. Contoh: 1500000, disini Anda hanya memasukkan angka saja.
  8. File bukti screenshot percakapan Anda dengan penipu atau review dari orang lain terhadap penipu tersebut.

Setelah beberapa hal di atas siap, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Situs kredibel.co.id

Kredibel adalah sebuah situs yang dapat mengidentifikasi apakah seseorang berpotensi melakukan penipuan atau tidak, berdasarkan keluhan dan laporan pengguna yang pernah bertransaksi dengan orang tersebut. Misi kami adalah membangun ekosistem berbelanja online yang aman.

Situs Web Kredibel
Situs Web Kredibel

Setelah Anda berada di halaman awal situs web kredibel.co.id, klik pada kategori “Laporkan Penipuan”, atau Anda bisa klik disini; Laporkan Penipuan Sekarang!

2. Isi Identitas dan Kronologi Kejadian

Formulir Pembuatan Laporan Penipuan (sumber: kredibel.co)
Formulir Pembuatan Laporan Penipuan (sumber: kredibel.co)

Pastikan Anda sudah mempersiapkan data-data identitas atau bukti transaksi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

  • Nomor 1; Identitas Pelapor, berupa nama, nomor identitas KTP/SIM/Passpor, dan nomor telepon Anda. Identitas Penipu/Penjual, Kategori Peristiwa, Kronologi, dan Jumlah Kerugian, berupa nama pemilik rekening, nama bank, nomor rekening, dan kontak (LINE, Instagram, WA, BBM, dsb) penipu/penjual. 
  • Nomor 2; Kemudian pilih platform yang digunakan ketika belanja online/bertransaksi dan pilih jenis produknya. Di text box kronologi, Anda diminta untuk menceritakan kronologi kejadian yang dialami secara detail, jelas, dan benar. Di text box kerugian, masukkan jumlah total kerugian yang dialami. Dan lampiran Bukti, berupa file screenshot percakapan/chatting Anda dengan penipu, bukti transfer, dan bukti-bukti lain yang mendukung kebenaran pelaporan.
  • Nomor 3; setelah selesai mengisi formulir, klik kirim laporan. Laporan yang sudah Anda buat diterima dan diproses oleh Kredibel. Jika valid, maka nomor rekening/telepon yang Anda laporkan telah terblacklist oleh sistem Kredibel. 

Dengan laporan Anda, pengguna Kredibel lain akan tahu bahwa pemilik nomor rekening tersebut pernah dilaporkan melakukan penipuan saat mengecek nomor rekeningnya. Berkat Anda, pengguna Kredibel yang lain terselamatkan dari tindakan penipuan.

Jika Anda mengecek rekening di Kredibel, kemudian hasilnya adalah belum pernah dilaporkan melakukan penipuan, tetap hati-hati! Karena tidak menutup kemungkinan Anda lah yang akan menjadi korbannya.

Semoga bermanfaat, tetap waspada, dan terima kasih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun