Mohon tunggu...
Ilhanisya Shevafuxiana
Ilhanisya Shevafuxiana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (20107030045)

likes to watch movies and read novels.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Tips Memiliki Manajemen Waktu yang Efektif

22 Juni 2021   22:20 Diperbarui: 22 Juni 2021   22:45 324
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(sumber: lokadata.id)

Kalian pernah nggak sih merasa kalau waktu dua puluh empat jam dalam sehari rasanya begitu kurang? Seperti rasanya habis bangun tidur, tahu-tahu sudah malam lagi. Hati-hati, bisa aja kamu melakukan kesalahan dalam manajemen waktu, lho!

Apa tuh, manajemen waktu? Manajemen waktu adalah proses perencanaan dan pengendalian secara sadar terhadap waktu yang dihabiskan untuk kegiatan tertentu, terutama untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas.

Untuk mencapai target dari tugas-tugas yang ingin kita kerjakan, kita harus paham mengenai manajemen waktu. Kalau kita memiliki keterampilan manajemen waktu yang kuat, nantinya itu bisa membantu kita mengarahkan dalam pencapaian tujuan utama kita.

Pasti kita pernah berpikir kalau waktu dalam sehari tidak cukup untuk mengerjakan berbagai macam tugas dan harus menyelesaikannya. Sebenarnya, kita harus lebih pandai mengatur waktu untuk dapat mencapai itu semua.

Terus, apa akibatnya kalau kita tidak bisa memanajemen waktu dengan baik? Jika kita menunda-nunda pekerjaan maka nanti semua pekerjaan kita akan menumpuk dan kita harus mengerjakan semua dengan satu waktu. Terlebih lagi dengan waktu yang terburu-buru, yang bisa berdampak pada hasil pekerjaan kita.

Selain itu, tidak tepat waktu juga merupakan salah satu akibat dari manajemen waktu yang buruk. Misalnya seperti, mengumpulkan tugas lewat dari deadline atau tenggat waktu, datang terlambat ke kantor atau sekolah, dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana cara agar memiliki manajemen waktu yang baik? Yuk, mari simak langkah-langkah yang berikut ini!

1. Buat Rencana

Cobalah untuk membuat rencana atau to-do list. Kamu bisa membuatnya sehari sebelumnya dan rencana itu untuk dijalankan di keesokan harinya. Hal ini perlu dilakukan karena saat besok hari kita bangun pagi, kita bisa langsung mulai mengerjakan sesuai rencana dan tidak akan membuang-buang waktu!

Selain itu, perencanaan akan mempermudah kita untuk menentukan tugas apa yang harus lebih dulu kita kerjakan. Tapi terkadang rencana yang kita buat tidak selalu berjalan lancar, maka dari itu kita harus selalu punya rencana cadangan untuk mengatasi segala hambatan yang mungkin terjadi.

2. Jangan Kerjakan Sekaligus

Berusahalah untuk mengerjakannya dengan tidak terburu-buru dan cobalah untuk melakukannya satu per satu, jangan langsung mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Supaya manajemen waktu kita jadi lebih baik, pilih satu hal untuk dikerjakan lalu fokus ke sana, ya.

Mulailah belajar untuk fokus dalam mengerjakan suatu tugas, berusahalah untuk menyingkirkan sementara pikiran yang lain yang bisa menghambat kamu dalam mengerjakan tugas itu.

Dengan berfokus pada menyelesaikan satu tugas dan kemudian beralih ke tugas berikutnya, kamu pasti akan mendapatkan manajemen waktu yang lebih efektif.

3. Atur Waktu

Sering kali kita punya target untuk menyelesaikan sebuah tugas dalam waktu satu jam, tetapi kita menyelesaikannya lebih dari dua jam karena kurang fokus. Nah, kalau kita bisa mengatur waktu dengan benar sesuai kemampuan kita, maka hal seperti ini bisa dihindari.

Jangan takut salah dalam mengatur waktunya, karena ketakutan untuk salah adalah sebuah hal yang bisa menghambat kita dalam mencapai target dan tujuan. Kesalahan adalah ladang untuk belajar, jadikan kesalahan sebagai pengalaman agar kita nantinya tidak mengulangi kesalahan itu.

4. Hindari Hal yang Membuat Distraksi

Coba siapa yang sering seperti ini, saat sedang mengerjakan tugas tiba-tiba mendapatkan notifikasi dari ponsel lalu tanpa kita sadari kita terlalu asyik scrolling media sosial?

Hmm, coba kurangi hal-hal yang bisa mengalihkan fokus kita ini, ya. Cobalah untuk selesaikan dulu pekerjaan kita, lalu saat jeda istirahat baru kita bisa membuka media sosial lagi.

Misalnya, saat kita akan mulai mengerjakan suatu tugas cobalah untuk menjauhkan ponsel dari kita terlebih dahulu, mematikan notifikasi atau data seluler, dan hal sejenisnya. Kalau kita selalu tergoda untuk main media sosial, maka ini bisa merusak manajemen waktu, lho.

5. Tentukan Prioritas

Kalau ada banyak hal yang harus dikerjakan, jangan panik. Buatlah skala prioritas dari hal-hal yang menurut kamu paling penting dan mendesak, lalu kerjakan hal itu dulu.

Skala prioritas dapat dikatakan sebagai salah satu kunci untuk meningkatkan manajemen waktu, sehingga kita harus menentukannya dengan hati-hati. Jika kita menetapkan prioritas yang salah, manajemen waktu kita tidak akan berkembang atau bahkan bisa berantakan.

Skala prioritas juga dapat memudahkan kita dalam membuat perencanaan dan mengasah kemampuan kita dalam berkonsentrasi. Kemampuan mengambil keputusan tentunya juga akan mempengaruhi kemampuan kita dalam menyusun skala prioritas.

6. Hindari Stres

Kalau kamu merasa bahwa apa yang kamu kerjakan terlalu berat, maka kamu akan kesulitan untuk mengatur waktu dengan baik. Untuk itu, hindari pikiran negatif dan jangan lupa untuk bersantai dengan melakukan apa yang kamu suka.

Menunda memang bukan hal yang baik, tetapi jika kamu terus-menerus bekerja tanpa jeda akan menjadi sebuah hal yang buruk dan bisa menurunkan konsentrasi. Berilah jeda lima belas sampai tiga puluh menit untuk sekadar tiduran atau melakukan hobi.

Nah, jadi itulah enam cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan manajemen waktu yang baik serta efektif. Setiap tips memang memiliki perannya masing-masing, tapi poin-poin itu saling berhubungan satu sama lain.

Ingatlah bahwa waktu tidak bisa diulang kembali, sehingga kita harus memanfaatkan waktu yang kita miliki dengan sebaik mungkin. Jangan lupa juga untuk menetapkan tujuan apa yang ingin kita capai sehingga kita tahu untuk apa waktu itu kita gunakan!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun