Mohon tunggu...
Ilham Ramadhan
Ilham Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Mahasiswa KKN Undip Memberikan Sosialisasi Pentingnya Branding pada Rangka Meningkatkan Penjualan

15 Agustus 2022   19:18 Diperbarui: 15 Agustus 2022   19:26 344
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Desa Pagersari (28/07/2022) seperti yang kita ketahui saat ini persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat sehingga setiap usaha perlu memiliki ciri khas tersendiri sehingga dapat dikenali dan memiliki daya tarik bagi konsumen. Program kerja ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan masyarakat sebagai pelaku UMKM tentang pentingnya melakukan branding mengenai produk yang mereka hasilkan. 

UMKM di Desa Pagersari mayoritas belum memiliki branding yang baik dalam memasarkan produk mereka, beberapa area branding yang belum dijangkau berupa pengembangan merek melalui penciptaan desain visual, nama usaha dan logo yang menarik.

Program sosialisasi ini ditujukan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Pagersari untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya sebuah branding produk. 

Adanya program ini bertujuan agar produk dari pemilik usaha dapat mudah dikenal dan tertanam di benak konsumen yang berdampak pada peningkatan penjualan. Kegiatan branding yang dilakukan adalah penciptaan logo serta memperbaiki packaging. 

Keuntungan dari kegiatan branding sendiri adalah memberikan daya tarik kepada konsumen, memudahkan UMKM dalam mendapatkan loyalitas pelanggan, serta sebagai pembeda produk terhadap pesaing.

Pelaksanaan program ini diawali dengan pembuatan poster yang menjelaskan definisi, manfaat serta unsur-unsur dalam branding secara sederhana pada UMKM. 

Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi secara langsung dengan mendatangi UMKM, selanjutnya membantu dalam pembuatan logo dan memperbaiki packaging dari produk UMKM tersebut sehingga lebih menarik dan mudah dikenal. 

Pemilik usaha memberikan tanggapan yang baik akan adanya program kerja ini. 

Dokpri
Dokpri

Dengan demikian, diharapkan dengan penerapan branding pada usaha masyarakat dapat membantu dalam kegiatan pemasaran produk serta memudahkan konsumen dalam mengenali produk yang berdampak pada peningkatan penjualan.

Penulis : Ilham Ramadhan (Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dam Ilmu Politik)

Dosen   : Muhyidin Mughni S.Ag, M.Ag, M.H.

Lokasi   : Desa Pagersari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun