Mohon tunggu...
ilham kumbara
ilham kumbara Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

basket

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

3.perkembangan sosial dan kognitif anak teori lev vygotsky dan jean viageat

17 Januari 2025   23:22 Diperbarui: 17 Januari 2025   23:22 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth


Teori Lev Vygotsky

1. *Konstruktivisme Sosial*: Anak belajar melalui interaksi sosial dengan orang lain.

2. *Zona Perkembangan Proksimal*: Anak belajar optimal ketika diberi tantangan sedikit di atas kemampuan mereka.

3. *Peran Bahasa*: Bahasa memainkan peran penting dalam perkembangan kognitif anak.

4. *Kolaborasi dan Sosialisasi*: Anak belajar melalui kerja sama dan berbagi pengalaman.

Teori Jean Piaget

1. *Skema dan Adaptasi*: Anak mengembangkan skema untuk memahami dunia dan beradaptasi dengan lingkungan.

2. *Tahap Perkembangan Kognitif*: Anak melewati empat tahap perkembangan kognitif: sensorimotor, pra-operasional, operasional konkret, dan operasional formal.

3. *Asimilasi dan Akomodasi*: Anak mengasimilasi informasi baru dan mengakomodasi perubahan dalam pemahaman mereka.

4. *Autonomi dan Inisiatif*: Anak mengembangkan kemampuan untuk mengambil keputusan dan bertanggung jawab.

Perbandingan Teori

1. *Fokus*: Vygotsky fokus pada interaksi sosial, sedangkan Piaget fokus pada proses kognitif individu.

2. *Peran Bahasa*: Vygotsky menekankan peran bahasa dalam perkembangan kognitif, sedangkan Piaget tidak.

3. *Tahap Perkembangan*: Piaget memiliki tahap perkembangan yang jelas, sedangkan Vygotsky tidak.

Implikasi Praktis

1. *Pendidikan*: Menggunakan metode pembelajaran kolaboratif dan berbasis proyek.

2. *Orang Tua*: Mendorong interaksi sosial dan memberikan kesempatan anak untuk berexpresi.

3. *Pengembangan Keterampilan*: Mengembangkan keterampilan sosial-emosional dan kognitif anak.

Referensi

1. Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society.

2. Piaget, J. (1954). The Construction of Reality.

3. UNESCO. (2018). Pedoman Pendidikan Holistik

.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun