Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Masih Ingat Dai-dai di TV Tahun 90-an?

10 April 2023   10:41 Diperbarui: 10 April 2023   10:44 1714
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Zainuddin MZ. (Tribunnews.com/iswanto dipublikasikan kompas.com)

Saat masih tahun 90-an pertengahan, ketika belum ada internet, maka acara Ramadan di TV termasuk yang sering ditonton. Apalagi kalau siraman rohani jelang buka. Sebenarnya sih yang ditunggu waktu buka puasanya hehe. Maklum masih remaja.

Yang aku rasakan, dai kala itu berdakwah dengan tenang. Tak ada yang suka menyalahkan amalan yang berbeda. Dakwahnya sejuk.

Di masa itu ada beberapa dai yang sering terlihat di TV. Nama-nama yang menurut saya tak asing di masa itu. Ada yang sudah berpulang. Yang masih sehat, semoga tetap sehat dan dalam lindungan Allah SWT selalu.

Siapa saja sih mereka? Ini yang aku ingat saja. Tapi saya garisbawahi ini tahun 90-an pertengahan ya. AA Gym setahu saya belum muncul kala itu. Jadi ini "generasi" sebelum AA Gym. Juga belum muncul Mamah Dede.

Zainuddin MZ

Tentu saja Zainuddin MZ adalah dai terkemuka. Bahkan sebelum tahun 90-an dia sudah populer. Radio sering memutar ceramahnya. Zainuddin MZ sudah berpulang beberapa tahun lampau.

Anwar Sanusi

Anwar Sanusi lebih sering saya lihat di RCTI. Sebenarnya bukan hanya saat Ramadan saja, tapi di hari biasa juga sering muncul di TV. Biasanya acara keagamaan pagi hari.

Saya juga pernah lihat dai satu ini ada dalam adegan salah satu film Rhoma Irama. Saat itu sang dai berbicara tentang dakwah lewat musik.

Alifuddin El Islamy

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun