Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Sepak bola Argentina

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Ini Cara Menulis Pesan di WA Pakai Suara

14 Juni 2020   11:34 Diperbarui: 18 Juni 2021   01:29 428
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi, sumber foto mashable.com dipublikasikan Kompas.com

Sebelum saya menulis tips ini, saya ingin mengatakan bahwa mungkin banyak yang sudah tahu tentang teknik ini. Tapi, barangkali belum ada yang tahu, maka saya share saja. Siapa tahu bermanfaat. Saya mendapatkan teknik ini dua tahun yang lalu dari sebuah grup WA. 

Kemudian, saya share ke teman-teman. 

Langsung saja, ini adalah teknik menulis pesan di WhatsApp (WA) tidak dengan mengetik atau menyentuh huruf-huruf yang ada di telepon genggam. 

Namun, ini adalah menulis pesan di WA melalui suara. Anda bisa menulis pesan melalui suara Anda yang otomatis akan muncul kata-kata di WA sesuai dengan suara Anda.

Berikut langkah-langkah sederhana yang bisa Anda lakukan:

1. Buka aplikasi perpesanan

Anda bisa membuka aplikasi perpesanan seperti gambar 1 di bawah ini.  Pastikan kursor Anda tempatkan di area menulis, seperti yang saya lingkari dengan tanda merah itu. Yang dicoret kuning itu tak usah ditanggapi serius. Itu cuma hiasan saja supaya banyak coretannya. 

Gambar 1. dokpri
Gambar 1. dokpri
2. Sentuh tanda mikrofon

Langkah kedua adalah menyentuh tanda mikrofon yang ada di bawah area menulis. Tepatnya di bawah area menulis agak di posisi kanan. Tanda itu seperti yang saya lingkari dengan warna merah di gambar 2 di bawah ini. Sentuh saja tanda mikrofon itu. 

Gambar 2. Dokpri
Gambar 2. Dokpri
3. Akan terbuka

Langkah ketiga adalah setelah Anda menyentuh tanda mikrofon, maka akan terbuka tanda seperti gambar 3 di bawah ini. Yang harus dipastikan adalah bahwa tanda kursor ada di area penulisan dan tanda mikrofon berwarna hijau. Dua hal itu seperti yang saya lingkari dengan warna merah tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun