Mohon tunggu...
Ilham Fabian Effendi
Ilham Fabian Effendi Mohon Tunggu... Lainnya - Hanya seorang Mahasiswa yang tidak tau tujuan hidupnya akan kemana

Hobiku hanyalah menikmati hidup dengan cara apapun walaupun kegiatanku adalah kegiatan musiman dan akan menjadi bosan setelahnya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengaruh Kerja Sama (Teamwork) dalam Manajemen

8 November 2020   23:45 Diperbarui: 9 November 2020   00:22 824
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pengertian kerja sama

Bentuk kerjasama yang terdiri dari beberapa sumber daya manusia dari beberapa perbedaan latar belakang, namun memiliki kedudukan yang sama dan aktif dalam suautu organisasi atau perusahaan untuk menjalankan suatu komitmen secara besama agar bisa mencapai tujuan yang sama pula. Tujuan bersama itulah yang menjadi dasar bagi perusahaan atau instansi untuk membentuk teamwork yang solid. Pencapaian tujuan bersama tersebut tentu membutuhkan kemampuan atau skill masing-masing anggota yang berbeda.

 Dalam satu teamwork masing-masing anggota memiliki kemampuan yang berbeda, Dari kekurangan masing-maing anggota tersebut menjadikan sebuah team yang kuat dengan berbagai karakter dan kemampuan yang berbeda. Sekalipun masing-masing anggota memiliki kemampuan yang berbeda namun mereka memiliki tujuan yang sama untuk perusahaan.

Tujuan bersama yang dicapai

Tujuan bersama bisa dicapai bila objek dan target sudah ditetapkan oleh teamwork yang terbentuk. Jika objek dan target belum diketahui maka pencapaian tujuan bersama tersebut tentu sangat sulit didapatkan. Dalam pencapaian tujuan bersama tidak semua hal bisa berjalan dengan mulus, hal ini karena masing-masing anggota memiliki pemikiran yang berbeda namun perbedaan tersebut akan dilebur menjadi satu sebagai pencapaian tujuan bersama.   Sebagai bentuk dari pencapaian tujuan bersama maka ada beberapa langkah dan ide bersama harus direalisasikan secara bersamaan. Suatu teamwork yang baik yang memiliki skill yang baik akan membuat langkah-langkah nyata yang efektif dan efisien untuk pencapaian tujuan bersama.

Sebuah kerja sama yang baik memiliki kerja seperti berikut:

1. Adanya pemahaman yang sama

2. Adanya keselarasan bersama

3. Adanya komitmen dalam bekerja yang disetujui bersama

4. Menyatukan langkah agar tujuan bersama dapat dicapai

Berikut beberapa hambatan dalam kerja sama:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun