Mengingat keadaan saat ini, wabah virus Corona (Covid-19) tentu saja merupakan akselerator utama transformasi digital tidak hanya di Indonesia, tetapi juga secara dunia.
Ada peningkatan dalam jaringan operator secara global karena meningkatnya penggunaan layanan, terutama layanan data, mengutip laporan oleh Nokia Deepfield. Nokia Deepfield melihat peningkatan 30-50% trafik selama beberapa minggu terakhir di daerah yang terkena pandemi Covid-19.
Sebagian besar pertumbuhan terjadi dalam layanan video berlangganan, seperti Netflix, dan YouTube, di mana trafik Netflix tumbuh dalam beberapa kasus sebesar 54-75%.
Selain itu ada juga peningkatan sebanyak empat ratus persen dalam bermain game, dan tiga ratus persen peningkatan dalam aplikasi telekonferensi di Amerika Serikat seperti Zoom, dan  Skype karena meningkatnya jumlah orang yang mengoperasikan aturan dari rumah ke kantor.
Di Indonesia, Telkomsel mencatat lonjakan trafik komunikasi, khususnya layanan broadband tertinggi, karena pemerintah mengimbau kepada warga publik dan pelaku industri untuk beraktivias dari rumah untuk mengurangi penyebaran pandemi Covid-19.
Pemicunya, pertumbuhan pengguna aplikasi pembelajaran berbasis on-line (e-learning) seperti Ruang Guru, Paket Ilmupedia, situs e-learning Kampus, dan aplikasi yang termasuk dalam Google Classroom.
trafik lebih dari 443 % dari dukungan pengguna untuk layanan kerja / layanan konferensi on-line seperti Zoom, Microsoft Teams, dan CloudX Telkomsel.
Telkomsel mengatakan bahwa kecepatan komunikasi pada layanan media sosial adalah konstan. Namun, lalu lintas untuk layanan komunikasi pengiriman pesan instan melalui WhatsApp, Line dan Telegram meningkat sebesar empat puluh persen dan on-line game tumbuh sebesar 34%.
Untuk layanan hiburan seperti streaming video melalui YouTube dan MaxStream, trafik payload meningkat 17%. Peningkatan ini juga didukung oleh pertumbuhan jumlah pengguna streaming video MaxStream pada layanan permintaan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
Data dari XL Axiata oleh pusat pemantauan jaringan Customer Experience and Service Operation Center juga menunjukkan peningkatan rata-rata sepuluh persen dalam trafik data dibandingkan dengan hari normal pada trafik menggunakan semua layanan data dalam cakupan nasional.