Mohon tunggu...
Ikhwatul Khairiyah
Ikhwatul Khairiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Urgensi Ilmu Pendidikan dalam Mendukung Keberhasilan Proses Pembelajaran di Setiap Jenjang Pendidikan

22 Februari 2022   16:09 Diperbarui: 22 Februari 2022   16:15 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pembahasan

Pendidikan bisa dikatakan sukses apabila pendidikan itu sanggup menciptakan mutu sumber energi manusia( SDM) yang profesional. potret pembelajaran sekolah di Indonesia masih menyedihkan apabila dilihat dari prestasinya secara agregat masih diperlukan upaya yang gigih buat mewujudkan tujuan pembelajaran, salah satu upaya tingkatkan prestasi pembelajaran disekolah merupakan lewat kemampuan secara mendalam ilmu mendidik untuk para pendidik di sekolah. guru selaku wujud panutan butuh mempunyai uraian hendak hakekat ilmu mendidik serta kemampuan praktek.

Keberhasilan proses belajar mengajar pula sangat ditentukan oleh aspek guru. Tugas guru ialah menyampaikan modul pendidikan kepada siswa melalui interaksi komunikasi antara guru dengan siswanya. Untuk menggapai interaksi belajar mengajar butuh terdapatnya komunikasi yang jelas antara guru dengan siswa. Sehingga terpadu 2 aktivitas yang berdaya guna dalam menggapai tujuan pengajaran serta pembelajaran dimana siswa bisa berhasil dalam tugas belajarnya.

Ilmu pembelajaran, berasal dari 2 kata ialah ilmu serta pembelajaran. Menurut UU Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Pembelajaran merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan atmosfer belajar serta proses pendidikan supaya partisipan didik secara aktif meningkatkan kemampuan dirinya buat mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, karakter, kecerdasan, akhlak mulia, dan keahlian yang dibutuhkan dirinya, warga, bangsa serta negeri.

Sebagaimana penafsiran diatas, ilmu pendidikan mempunyai tujuan ialah :

  • Pada saat proses pendidikan siswa jadi aktif. Aktif disini artinya terdapatnya ikatan 2 arah antara siswa serta guru. Bila dalam proses pendidikan cuma guru saja yang aktif serta siswa tidak perihal ini hendak membuat proses pendidikan jadi bosan. Lewat ilmu pembelajaran yang dipunyai seseorang guru perihal ini lah yang hendak menolong menjauhi perihal tersebut terjalin. Disinilah hendak nampak urgensi ilmu pembelajaran terhadap proses pendidikan.

Bersumber pada buku Pengantar Ilmu Pembelajaran karangan Munir Yusuf 2018, didalam ilmu pembelajaran dipelajari menimpa Administrasi Pembelajaran salah satunya merupakan administrasi kurikulum serta pula implementasi kurikulum dalam proses pendidikan. Munir Yusuf dalam bukunya mengatakan kurikulum ialah acuan/ rencana pendidikan sehingga proses pendidikan berjalan dengan baik serta tercapainya tujuan pendidikan. Di dalam kurikulum ada isi pelajaran, bahan pendidikan, tata cara yang digunakan serta sebagainya.

Dalam proses pendidikan media merupakan bagian yang sangat berarti dalam menghasilkan keaktifan partisipan didik. Keberadaan media, pula sangat menolong guru dalam proses pendidikan, paling utama menolong dalam usaha mengantarkan data kepada penerima pesan dalam perihal ini para partisipan didik ataupun siswa. 

Secara universal pembagian media pendidikan bisa diklasifikasikan ke dalam 3 tipe ialah, media audio, visual serta audio visual. Dalam opersionalnya pada proses pendidikan ketiga tipe media tersebut hadapi pertumbuhan cocok dengan kebutuhan proses pendidikan yang hendak dibesarkan oleh guru ataupun tenaga pengajar. Pemilihan serta penentuan media pendidikan yang pas hendak membuat media terus menjadi urgen digunakan.

Pembelajaran merupakan usaha sadar serta terencana buat mewujudkan atmosfer belajar serta proses pendidikan supaya partisipan didik secara aktif meningkatkan kemampuan dirinya buat mempunyai kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, karakter, kecerdasan, akhlak mulia dan ketrampilan yang dibutuhkan dirinya serta warga. 

Ilmu pembelajaran merupakan penjelasan secara sistematis serta ilmiah tentang tutorial ataupun tuntunan pembelajaran kepada kanak- kanak didik dalam perkembangannya supaya dia berkembang secara normal berpribadi baik, selaku anggota warga yang hidup selaras serta balance dalam penuhi kebutuhan hidupnya.

  • Buat tingkatkan mutu pembelajaran didasari dari proses berlangsung nya pembelajaran itu sendiri, serta keberhasilan proses pendidikan tergantung kepada pendidik baik itu guru ataupun dosen.
  • Sehingga buat tingkatkan mutu pembelajaran hendak lah di awali dengan tingkatkan mutu seseorang pendidik. Tetapi, kondisi guru di Indonesia amat memprihatinkan. 
  • Mayoritas guru belum mempunyai profesionalisme yang mencukupi buat melaksanakan tugasnya sebagaimana diucap dalam pasal 39 UU Nomor 20/ 2003 ialah merancang pendidikan, melakukan pendidikan, memperhitungkan hasil pendidikan, melaksanakan pembimbingan, melaksanakan pelatihan, melaksanakan riset serta melaksanakan dedikasi warga.

Salah satu aspek keberhasilan seorang merupakan memiliki konsep diri yang baik. Konsep diri merupakan kunci pembuka harta karun potensial, konsep diri ialah pondasi utama keberhasilan dalam proses pendidikan. Konsep diri terdiri dari 3 komponen, diri yang sempurna, citra diri, serta harga diri( oemar: 2003).

Buat melaporkan kalau sesuatu proses belajar mengajar bisa dikatakan sukses, tiap guru pula wajib mempunyai pemikiran tiap- tiap. Sehingga dalam membagikan evaluasi memiliki pemikiran tertentu antara satu dengan yang lain.

Dalam atmosfer pendidikan, guru wajib menguasai hakikat modul yang hendak di informasikan serta diajarkan selaku sesuatu pendidikan yang nantinya bisa dibesarkan sendiri oleh anak didik tersebut, cocok dengan kemampuannya. Keberhasilan dalam proses belajar mengajar, bisa dicoba dengan metode mengadakan penilaian serta lewat uji prestasi belajar. Evaluasi ini dicoba buat mengukur satu ataupun sebagian modul yang sudah di informasikan, dengan tujuan buat mendapatkan cerminan tentang berapa besar energi serap anak didik terhadap modul tersebut.

Untuk meningkatkan mutu pembelajaran didasari dari proses berlangsung nya pembelajaran itu sendiri, serta keberhasilan proses pendidikan tergantung kepada pendidik baik itu guru ataupun dosen. Sehingga untuk meningkatkan mutu pembelajaran hendak lah di awali dengan meningkatkan mutu seseorang pendidik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun