Mohon tunggu...
Ikhwanul Farissa
Ikhwanul Farissa Mohon Tunggu... Ilmuwan - Officer, Blogger, Conten Creator, Penulis, IT & Data Scientist & Analis, Model Fashion.

"*Dengan Membaca Kamu Mengenal Dunia, Dengan Menulis Kamu Dikenal Dunia"*

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Tiga Hal yang Bikin Aku Rindu Kampung Halaman

25 April 2023   22:55 Diperbarui: 25 April 2023   23:27 735
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image; dokumentasi pribadi

Percaya gak sih kalau tempat paling dirindukan untuk pulang adalah Kampung Halaman?

Kalau saya sih percaya karena Kampung Halaman adalah tempat kelahiran. Dan tempat kelahiran itu memang susah untuk dilupakan.

Kampung Halaman bagi saya menjadi tempat menghabiskan masa kecil yang tak terlupakan sebelum saya merantau menuntut ilmu ataupun bekerja di kota. Banyak kenangan-kenangan, memori, moment dan peristiwa-peristiwa penting dan berkesan dalam hidup yang terjadi di kampung halaman yang tak mungkin dilupakan begitu saja.

Ketika liburan panjang, kampung halaman menjadi hal pertama yang terlintas dalam pikiran. Pulang ke kampung halaman menjadi momen paling dirindukan/dinantikan saat mudik. Dan mudikpun terasa begitu indah menuju kampung halaman desa yang kucinta. Rasanya memang seperti yang tertulis dalam dua lirik lagu daerah/nasional dan anak Indonesia berikut ini;

1. "Desaku yang kucinta
       Pujaan hatiku
      Tempat ayah dan bunda
      Dan handai taulanku..."

  “Tak mudah kulupakan
     Tak mudah bercerai
     Selalu kurindukan
     Desaku yang permai...” (Lagu “Desaku”  berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) diciptakan oleh Liberty Manik atau L Manik).

2. "Tanah air ku tidak kulupakan
       Kan terkenang selama hidupku
       Biarpun saya pergi jauh
      Tidak kan hilang dari kalbu
      Tanah ku yang kucintai
      Engkau kuhargai...."  

    "Walaupun banyak negeri kujalani
       Yang masyhur permai dikata orang
       Tetapi kampung dan rumahku
        Di sanalah ku rasa senang
        Tanah ku tak kulupakan
        Engkau kubanggakan..." (lagu “Tanah Airku” ciptaan Ibu Sud dari sukabumi,Jawa Barat)

Ketika saya merantau dan rindu atau kangen kampung halaman, saya kerap menyanyikan dua lagu Indonesia di atas.  Lagu-lagu tersebut seakan menjadi pelipur lara mengobati rasa kangen akan kampung halaman

Lalu apa yang membuat saya Rindu Kampung Halaman?  Ini dia Tiga Hal yang Saya Rindukan dari Kampung Halaman

1. Suasananya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun