Bank Ganesha itu bank apaan sih? Baru dengar deh nama bank itu. Kayaknya ini bank baru. Begitu kalimat pertama yang terlontar di pikiranku ketika mendengar dan mengetahui pertama kali tentang Bank Ganesha. Emang sih, masih kurang familiar mendengar tentang Bank Ganesha dibanding bank-bank lain yang sudah terkenal seperti Bank Mandiri, BTN, BRI dan BNI. Saya pun baru tahu tentang bank ini juga dari Kompasiana.
Penasaran dijadikan sebagai blog competition oleh Kompasiana, saya berselancar mencari berbagai informasi terkait Bank Ganesha. Wah ternyata Bank Ganesha sudah berdiri semenjak tahun 1991 dan mulai beroperasi sejak tanggal 30 April 1992. Berarti sudah sekitar 26 tahun bank Ganesha berkiprah di sektor perbankan.
Pada saat awal berdiri, Bank Ganesha telah menyediakan berbagai produk dan layanan perbankannya. Ada 5 produk Bank Ganesha yang sering digunakan oleh nasabah meliputi Tabungan, Giro, Deposito, Pinjaman Kredit beserta kartu kreditnya dan produk-produk layanan jasa mulai dari ATM, e-Statement Ganesha, Safe Deposit Box, pengiriman uang, pembayaran tagihan (listrik, telepon dan pajak), pembelian, sampai pengiriman mata uang asing.
Selain itu, setelah hampir tiga dekade melayani nasabah, Bank Ganesha juga telah menebarkan sayapnya melalui jalur direct marketing, yaitu Bancassurance yang terdiri dari  Pro Whole Life (PWL) dan Flexi Safe Link (FSL).
Jaringan/Sistem layanan Bank Ganesha tentunya terus diperluas demi kenyamanan para nasabahnya
Dari berbagai informasi yang saya dapatkan, saya paling tertarik dan terfokus pada sistem pelayanan. Mengapa begitu? Saya pikir pelayanan terbaik menjadi senjata utama dalam memberikan kepuasan terhadap nasabah.
Melakukan terobosan dalam percepatan pelayanan seperti menambah jaringan kantor pelayanan misalnya, menjadi hal yang perlu ditekankan oleh Dewan Komisaris dan Dewan Direksi Bank Ganesha kepada seluruh jajarannya.
Bank Ganesha dan juga seluruh jajarannya atau anak perusahaan nya harus melakukan berbagai hal strategis. Dan yang menjadi kunci utama sekaligus pendukung kesuksesan pencapaian adalah leadership dan perubahan mindset.
Memang, mengimplementasikan hal tersebut tentu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, apalagi Bank Ganesha masih dapat dikategorikan sebagai bank yang masih baru berdiri. Selain banyak tantangan yang harus dihadapi dalam mewujudkan kepuasan pelanggan, juga dibutuhkan kerja keras dan konsistensi dari seluruh insan Bank Ganesha.
Saya pikir menjaga konsistensi dalam memberikan pelayanan terbaik justru menjadi bagian yang sulit dilakukan. Oleh karena itulah, untuk menjaga semangat melayani, Bank Ganesha harus mengubah pola pikir (mind set) seluruh jajarannya bahwa jajaran Bank Ganesha adalah pelayan masyarakat yang melayani setulus hati.
Setiap jajarannya dapat memiliki integritas, kompetensi dan juga semangat. Apalagi Bank Ganesha terus berupaya menambah jaringan, di mana sampai dengan tahun 2017 Bank Ganesha telah memiliki jaringan kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dan Kantor Kas yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Surabaya dan Medan. Selain itu Bank Ganesha juga telah memiliki mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang terintegrasi dengan jaringan ATM Bersama. Luasnya cakupan wilayah kerja ini tentu menjadi tantangan tersendiri yang mau tidak mau harus dihadapi.
Sejatinya, dalam rangka menjawab tantangan tersebut, Bank Ganesha sejak dini harus sudah melakukan berbagai langkah dan inovasi penunjang. Ke semuanya dapat diimplementasikan secara sinergi pada sisi perencanaan, visi dan nilai, tata kelola perusahaan, operasi pelayanan maupun niaga.
Inovasi pelayanan melalui pemanfaatan teknologi informasiÂ
Dengan semakin berkembangnya teknologi dan pengaruhnya pada perkembangan dunia usaha, sadar atau tidak sadar, peranan lembaga perbankan dirasakan makin menonjol, karenanya semakin dibutuhkan. Bank Ganesha sebagai sebuah institusi yang dinamis tentu tak terlepas dari perkembangan teknologi terutama dalam kaitannya dengan pengembangan information and communication technologies (ICT). Mengembangkan ICT untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah harus menjadi komitmen Bank Ganesha.
Sesuai dengan perkembangan zaman, Bank Ganesha harus terus mengembangkan ICT sehingga pelayanannya akan terus meningkat serta governance. Karena jika tidak, pasti akan ketinggalan.
Demi memenuhi kebutuhan pangsa pasar yang beragam dan nasabahnya, pengembangan dan pemanfaatan IC di Bank Ganesha sudah dilakukan melalui program aplikasi E-channel yang terdiri dari BANGGA, G-Online, G-Money dan G-Corporate.
Jangan berhenti bersosialisasi
Saya berpandangan bahwa saat ini, keberadaan Bank Ganesha belum diketahui secara menyeluruh oleh masyarakat (publik), terutama yang berada di pelosok-pelosok daerah. Oleh karena itu, peran kehumasan Bank Ganesha sangat diperlukan.
Peran kehumasan bukan saja menjadi tanggung jawab karyawan yang bertugas di bagian humas. Namun semua unit diperusahaan harus mampu menyampaikan pesan mengenai keberadaan Bank Ganesha kepada masyarakat. Salah satu caranya ya melalui sosialisasi ke berbagai segmen masyarakat dengan audiens yang bervariasi.
Melalui sosialisasi peran dan fungsinya kepada masyarakat secara optimal, peran dan fungsi bank ganesha makin dirasakan manfaatnya. Semua lapisan masyarakat dapat mengenal, menikmati dan memahami serta melaksanakan dalam bentuk kerja sama dengan bank.
Namun yang perlu diingat, dalam bersosialisasi, bagi karyawan bank ganesha, public speaking menjadi sangat relevan harus dikuasai.
Perhatian serius untuk mitra UMKMÂ
Di luar tugas pokok untuk melayani nasabah, Saya pikir Bank Ganesha juga dapat berperan dalam upaya membangun kesejahteraan para pelaku usaha kecil. Melalui program kemitraan, pengusaha kategori umkm bisa mendapat bantuan modal hingga pembinaan pengelolaan usaha.
Bantuan modal yang diberikan Bank Ganesha dengan angsuran yang ringan dapat bermanfaat dan meningkatkan derajat hidup para pengusaha dan masyarakat.
Dalam hal pembinaan, juga dapat membantu para pelaku usaha UMKM mendapatkan pengetahuan bagaimana mengelola usaha agar bisa mendapat profit dan berkesinambungan.
Pengetahuan disini dapat berarti kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) serta motivasi yang berkaitan dengan wirausaha. Diklat seperti ini juga akan mengubah pola pikir, sikap, dan perilaku mitra binaan serta membangun motivasi dalam mencapai kesuksesan agar dapat bersaing dalam usaha global.
Disamping itu, diklat wirausaha juga bertujuan meningkatkan kemampuan manajerial pengelolaan usaha kecil dan koperasi sehingga dapat melahirkan para pengusaha yang mendiri dan mempunyai kemampuan daya saing.
Peningkatan kualitas SDM
Karena Bank Ganesha masih tergolong baru, peningkatan kualitas SDM amat penting dilakukan. Selain menjadi modal penting untuk mengembangkan perusahaan ke depan, kualitas SDM yang baik juga akan berdampak pada kualitas pelayanan yang baik pula.
Dapat dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan, misalnya pendidikan motivasi terutama dalam semangat melayani, diklat asuransi, investasi, manajemen risiko keuangan dan lain sebagainya.
***
Di dunia modern, peran bank sangat besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara. Hampir semua sektor usaha yang meliputi sektor industri, perdagangan, pertanian, perkebunan, jasa dan perumahan sangat membutuhkan bank sebagai mitra dalam melakukan transaksi keuangan. Semua sektor usaha maupun individu saat ini dan masa yang akan datang tidak akan lepas dari sektor perbankan bahkan menjadi kebutuhan dalam menjalankan aktivitas keuangan dalam mendukung kelancaran usaha.
Peran bank bagi masyarakat individu maupun masyarakat bisnis sangat penting bahkan bagi suatu negara, karena bank sebagai suatu lembaga yang sangat berperan dan berpengaruh dalam perekonomian suatu negara.
Pelayanan berkualitas dan memuaskan nasabah menjadi kunci yang harus terus digelorakan oleh seluruh insan Bank Ganesha. Jadi Pelayanan Bank Ganesha dari hari ke hari harus terus dibenahi. Bank Ganesha harus terus menunjukkan kinerja terbaik dalam melayani nasabah.
Semoga dengan keberadaan Bank Ganesha semakin memperlancar jalannya lalu lintas perekonomian, mampu mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama memajukan perekonomian di tanah air tercinta ini, pelaksanaan pembangunan ekonomi pada khususnya dan pembangunan negara pada umumnya.
Harapan penulis selanjutnya, semoga masyarakat setelah mengetahui liku-liku atau seluk beluk perbankan ganesha, menjadi paham akan perlunya dan manfaat Bank Ganesha sebagai rekan yang dapat diajak membangun dan mengembangkan usaha, mendukung perekonomian negara dan hubungannya dengan masyarakat luas, serta produk dan jasa yang ditawarkannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H