Mohon tunggu...
Ikhwanul Farissa
Ikhwanul Farissa Mohon Tunggu... Ilmuwan - Officer, Blogger, Conten Creator, Penulis, IT & Data Scientist & Analis, Model Fashion.

"*Dengan Membaca Kamu Mengenal Dunia, Dengan Menulis Kamu Dikenal Dunia"*

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Kulit Sehat dan Awet Karena Tidak Merokok dan Rajin Minum Air Putih

3 April 2018   20:51 Diperbarui: 3 April 2018   21:38 1316
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Dokumentasi Pribadi

Ngomong-ngomong soal perawatan kulit, saya jadi teringat mediang Michael Jackson deh. Ia rela menghabiskan jutaan dollar untuk memutihkan kulit dan merawatnya setiap hari agar tetap halus, kencang dan cerah.

Memang sih banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempercantik diri bahkan mengubah bentuk tubuh sesuai keinginan agar tampak sempurna seperti yang dilakukan artis Michael Jakson waktu itu. Di era "zaman now" apalagi, hal tersebut sudah tak terdengar asing di telinga. Karena banyak klinik kecantikan menawarkan berbagai treatment tersebut. Di kalangan artis sepertinya sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan. Kecantikan menjadi sesuatu yang wajib ditampilkan oleh para artis selain bakat tertentu demi menunjang karier.

Meski demikian saya masih yakin bahwa, anggapan perawatan kulit untuk membuat seseorang terlihat awet muda dengan wajah yang kencang, halus, cerah hanya melalui treatment kecantikan modern Tidaklah Benar menurut saya. Nyatanya, meski saya tidak rajin melakukan treatment serba modern seperti yang ditawarkan saat ini ("zaman now") dengan harga serba mahal, saya masih bisa tetap handsome dan awet muda hingga sekarang.

Saya mempunyai cara tersendiri yang barangkali bisa dilakukan oleh semua orang yang memiliki kemauan, karena cara ini adalah Cara Sederhana untuk mempertahankan kulit wajah dan tubuh agar tetap sehat dan awet muda. Cara sederhana ini sudah saya lakukan dan buktikan semenjak usia belia (17 tahun).

Perawatan Dari Dalam dan Luar

Untuk bisa menjaga kesehatan dan keawetan kulit dari dalam, saya melakukan dengan banyak minum air putih, minum multivitamin yang banyak mengandung salmon, sayur-sayuran dan omega serta makan buah-buahhan segar yang kaya vitamin C seperti jeruk, nenas, bengkoang, semangka dan mangga.

Yang paling utama disini adalah minum air putih. Begitu banyak informasi yang menyebutkan manfaat air putih bagi tubuh. Tidak hanya bagi kesehatan, tapi juga bagi kecantikan. Setelah mengetahui informasi ini, saya memperbanyak dan sebisa mungkin memenuhi kebutuhan minum air putih setiap hari, minimal dua liter per hari. Kebiasaan ini sudah sejak lama saya lakukan. 

Setelah bangun dari tidur saya langsung minum air putih, terutama di pagi hari. Dengan minum air putih, selain menjaga kelembaban seluruh kulit tubuh sehingga tidak kering dan kusam, manfaat lain akan berpengaruh pada kesehatan tubuh, seperti menurunkan berat badan, membuang dan membersihkan racun dalam tubuh, sehingga tubuh akan lebih sehat dan segar sepanjang hari.

Sementara untuk perawatan dari luar, untuk kulit wajah, saya cukup rutin menjaga kebersihan wajah, seperti mencuci wajah dengan sabun pencuci wajah setelah beraktivitas. Karena saya percaya wajah bersih bebas debu dan kotoran, tentu lebih enak dilihat, lebih fresh, nggak dihinggapi jerawat dan krim wajah yang dioleskan akan bekerja dengan maksimal.

Di pagi dan siang hari, setelah cuci muka, saya mengoleskan dengan krim yang banyak mengandung vitamin C dan moisturizer atau sunblock. Manfaatnya, kulit lebih lembab, cerah, dan terlindungi dari pengaruh buruk sinar matahari.

Di waktu malam, setelah cuci muka juga, saya mengoleskan krim malam yang banyak mengandung vitamin A seperti retinol dan retinoid salicylic. Selain itu juga ada kandungan glycolic acid dan asam asetat. Kandungan zat-zat ini dapat memberi kelembaban pada kulit wajah, dan merangsang produksi kolagen dan elastin kulit. Sehingga kulit tetap lembab, kenyal dan sehat di waktu malam. Dan secara tidak langsung dapat mengurangi proses penuaan dan mempercepat pergantian kulit baru.

Saya juga kerap memakai eye cream yang mengandung anti aging, baik pagi maupun malam, untuk menghindari timbulnya kerut-kerut atau keriput dan lingkaran hitam pada bawah mata yang mudah berkeriput karena lapisan kulitnya tipis dan halus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun