BRInovasi dan BRIvolution itu apa sih? Barangkali itu pertanyaan yang muncul dalam benak kita saar pertama kali mendengar kata  BRInovasi dan BRIvolution.Â
Selama 122 Tahun Bank BRI, diketahui banyak sekali inovasi-inovasi dan transformasi kekinian yang dihadirkan oleh Bank BRI yang buat saya patut dianjungi dua jempol. Saya pikir ini perlu ditiru oleh bank-bank lain yang ada di seluruh Indonesia. Apalagi sekarang zamannya era digital yang tidak bisa dipisahkan  dengan yang namanya perkembangan teknologi.
Mau tau apa itu BRInovasi dan BRIvolution?
BRInovasi adalah usaha terus menerus dan bersungguh-sungguh Bank BRI dalam membangun insan BRI, mengembangkan teknologi  untuk menciptakan dan/ atau memperbaiki produk dan/atau jasa, dan/atau sistem yang baru yang memberikan nilai yang berarti secara ekonomi dan sosial.
Sedangkan BRIvolution adalah usaha terus menerus dan bersungguh-sungguh Bank BRI dalam melaksanakan gerakan transformasi secara berkesinambungan dan terus berupaya melakukan hal-hal yang terbaik
Transformasi BRIVolution dilandasi dengan Credit Excellence yang berguna untuk mendorong kepemimpinan di segmen kredit UMKM dan juga untuk meningkatkan produktivitas melalui teknologi digital dan data analytics serta membangun budaya kerja berbasis kinerja.
Nah itu dia pengertian dari  ke duanya. Udah tau kan! Sekarang kita lihat apa saja sih yang diinovasi dan dievolusikan oleh Bank BRI dalam mengembangkan teknologi untuk menciptakan dan memperbaiki produk dan jasa, ataupun sistem yang baru yang memberikan nilai yang berarti secara ekonomi dan sosial? Buat saya ada 6 item produk inovasi  dan evolusi dari Bank BRI yang spektakuler dan patut dianjungi dua jempol.
1. Brisat
Adalah nama untuk satelit milik Bank dengan aset terbesar di Indonesia ini. Satelit ini dibuat oleh Space System/Loral (SSL), dan telah diluncurkan di pusat peluncuran Arianespacepada tahun 2016.
Satelit tersebut ditaksir diluncurkan oleh roket Ariane 5 di Pusat Antariksa Guyana, Pelabuhan Angkasa Eropa pada tahun 2016. Diketahui mampu menjangkau wilayah Indonesia, ASEAN, Asia Timur termasuk sebagian Tiongkok, Laut Pasifik termasuk Hawaii dan Australia Barat.
Pembuatan Satelit Brisat bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan memangkas pengeluaran komunikasi antar badan pegawai juga dengan pelanggan di seluruh Indonesia dan luar Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi tersebut BRI yakin akan menghemat biaya telekomunikasi sekitar 50 persen.Â
a. Layanan BRI di seluruh wilayah Indonesia hingga ke pelosok (wilayah pedesaan) menjadi sama baik, cepat, dan akurat dengan layanan di kota besar  seperti Jakarta, Surabaya, Medan dll. Intinya menjangkau wilayah yang selama ini tidak terjangkau. Selama ini BRI mempunyai nasabah yang berada di pulau-pulau kecil dan terluar menggunakan kapal. Tentu BRIsat diharapkan dapat menjangkau wilayah ini.
BRI sadar bahwa banyak nasabah mereka yang berada di pedesaan, oleh karena itu dengan adanya BRIsat, BRI ingin agar digitalisasi perbankan dapat merambah sampai ke desa-desa dan pasar-pasar tradisional
b. Mendukung usaha nasabah, menciptakan integrated payment system pada retailers, wholesales, asset tracking dan monitoring, serta efisiensi transaksi keuangan. Hal ini tentu akan banyak dinikmati oleh masyarakat.
c. Kehebatan lain keberadaan BRIsat adalah terciptanya BRI Zone, yakni akses wifi di ruang publik. Ini merupakan tanggung jawab sosial BRI sebagai perusahaan untuk ikut serta membangun masyarakat.
d. Bagi internal BRI, dengan adanya BRIsat, BRI juga ingin memperluas digitalisasi di kantor-kantor BRI, termasuk kantor pusat. Dengan demikian, BRI dapat melakukan video conference dengan seluruh kepala unit dan kepala cabang yang ada.
e. Untuk kepentingan nasional, BRIsat membantu mengamankan slot orbit 150,5 derajat Bujur Timur. Pemerintah juga mendapat empat transponder untuk mendukung kepentingan komunikasi nasional.
2. Agen BRILink
BRI Link adalah sebuah program yang diluncurkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang merupakan singkatan dari layanan keuangan tanpa Kantor,atau disebut juga BRANCHLESS, yang menjadikan masyarakat ( pihak lain diluar bank) untuk menjadi Agen bank.Â
Telkom, Kartu Hallo, Cicilan Kendaraan, Isi Ulang, Pulsa, Zakat, Infaq, dan masih banyak lagi transaksi transaksi perbankan yang bisa dilayani oleh Agen BRIlink.
Saat ini Agen BRILink diperkirakan berjumlah lebih dari 40.000 orang.
3. E-Buzz BRI
Adalah layanan perbankan Bank BRI di atas kendaraan yang telah di desain seperti kantor kecil (Mini Mobile Branch) yang dapat berpindah-pindah. Melayani transaksi keuangan ritel di wilayah kota seperti kantor, instansi pemerintah dan event.
Layanan ini dilengkapi dengan fasilitas TV LED, mesin cetak buku rekening serta mesin EDC melayani berbagai kebutuhan nasabah pembukaan rekening baru, setoran tabungan, dan tarik tunai, pembayaran tunai tagihan seperti rekening listrik, telepon dll, serta penarikan tunai ATM
Saat ini diperkirakan E-Buzz BRI berjumlah 55 unit atau lebih.
4. Teras BRI Keliling
Sama dengan E-Buzz BRI. Namun Layanan ini khusus melayani transaksi keuangan mikro dan menjangkau nasabah di pelosok Indonesia yang jauh dari kantor Unit BRI. Petugas yang ada di dalam mobil yaitu teller, Custumer Service, Satpam masing-masing 1 orang.
Transaksi yang dapat dilakukan nasabah melalui layanan mobil teras keliling BRI yaitu berupa cek saldo tabungan, melakukan transfer uang, ada ATM nya juga, mengambil atau menarik uang langsung dan bahkan bisa setor tabungan.
Setiap kantor cabang memiliki satu unit mobil Teras kas keliling ini dan dioperasikan setiap hari sehingga dengan adanya mobil teras keliling, para pedagang tidak perlu repot-repot datang ke kantor cabang ataupun kantor unit BRI. Saat ini diperkirakan Teras BRI Keliling berjumlah 610 unit.
5. Teras BRI Kapal
Bank dengan total aset sekitar 954, 2 triliun ini juga memiliki layanan perbankan berbentuk kapal, demi dan untuk melayani masyarakat pesisir kepulauan. Juga didesain menyerupai kantor kecil (Mini Mobile Branch) yang dapat berpindah-pindah dari pulau ke pulau.
6. E-Buzz Pendidikan
Layanan perbankan Bank BRI di atas kendaraan yang untuk segmen anak sekolah. Layanan ini juga menyerupai kantor kecil (Mini Mobile Branch) yang dapat berpindah-pindah dari sekolah ke sekolah.
***
Salam BRInovasi dab BRIvolution. Semoga di usia 122 Tahun kehadiran dan segala manfaatnya yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia tetap dapat berjalan dengan baik dan berperan positif untuk kemajuan bangsa.Â
Jangan berhenti untuk terus berinovasi dan berevolusi dalam menjaga kedaulatan rupiah hingga  ke perbatasan. Tetap menjadi yang terbaik, terdepan, dan fokus melangkah maju bersama teknologi, dengan tujuan membangun negeri dari daerah kecil dan terpencil.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H