Mohon tunggu...
Ikhsanuddin Agung Pratomo
Ikhsanuddin Agung Pratomo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Semester 2 Program Studi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Rapsodi

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Persaingan Ketat Menekan UMKM di Tengah Gejolak Ekonomi

21 Juli 2024   23:51 Diperbarui: 22 Juli 2024   00:24 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tangerang, 21/7/2024 -- Di tengah gejolak ekonomi yang semakin meningkat, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia dihadapkan pada persaingan yang ketat. Banyak UMKM baru yang berdatangan membuat para pedagang harus memutar otak untuk bertahan dari pendatang baru, baik dari sesama UMKM ataupun perusahaan besar. Hal ini menjadi tantangan para pedagang untuk berinovasi dan beradaptasi di situasi yang sulit ini.

Dalam menghadapi keadaan seperti ini, para pedagang dihadapkan oleh dua pilihan. Mereka ingin bertahan hidup atau harus kalah saing oleh para kompetitor. Mereka yang ingin bertahan hidup harus memikirkan ide atau inovasi baru yang dapat menarik hati para pelanggan. Seperti di era digital ini, banyak pelaku UMKM yang mulai memasarkan usahanya melalui e-Commerce. Dengan memanfaatkan teknologi digital ini, usaha mereka dapat terjangkau luas di berbagai tempat serta kalangan.

Namun, ada beberapa pedagang yang masih gaptek dan tidak mau mengikuti perkembangan teknologi. Alhasil mereka yang tetap pada pendiriannya mengalami kesulitan dalam usahanya. Meski begitu, pilihan tetap ada pada masing-masing pedagang mengenai bagaimana cara mereka bertahan.

"alhamdulillah rezeki kan udah ada yang ngatur, biarpun jualannya sama tapi kan rasanya pasti beda," kata Nanang, pedagang kaki lima di sekitaran jalan Swadaya, Tangerang, Sabtu (20/7/2024) sore hari.

Nanang merasa bahwa rezeki sudah ada yang mengatur, ia percaya bahwa rezeki tidak akan tertukar meskipun terlambat datangnya. Nanang adalah seorang pedagang kaki lima. Ia berjualan bersama istrinya, mereka menjual jajanan "Tahu Pong dan Otak-Otak Krispi". Mereka sudah lima tahun berjualan di sekitaran jalan Swadaya.

Masalah persaingan antar pedagang memang menjadi persoalan rumit, karena antar pedagang tentu mempunyai strategi dan usaha yang berbeda. Dibalik ketatnya persaingan antar pedagang, ada gejolak ekonomi yang kian meningkat. Para pedagang harus mempersiapkan diri lebih lanjut dalam menghadapi persoalan ini. Inflasi yang setiap tahun meningkat berdampak pada keberlangsungan hidup pedagang dan masyarakat luas.

Dikutip dari website Bank Indonesia, pada bulan Juni lalu inflasi negara Indonesia naik sekitar 2.51%. Hal ini berdampak bagi kelangsungan hidup masyarakat dikarenakan barang pokok untuk kebutuhan sehari-hari akan mengalami kenaikan harga, termasuk juga pedagang kaki lima. Mereka akan dihadapkan pada situasi yang sulit lagi.

Adapun dengan inflasi yang meningkat ini membuat daya beli masyarakat menurun. Masyarakat lebih berhati-hati dalam berbelanja dan enggan membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan. Mereka akan lebih memprioritaskan untuk membeli kebutuhan sehari-hari dibandingkan dengan membeli jajanan. Hal ini akan membuat pening kepala para pedagang, dikarenakan daya beli yang menurun sehingga pemasukan yang didapat menjadi berkurang.

Selain itu biaya bahan baku untuk produksi juga meningkat, alhasil pedagang harus memikirkan strategi baru untuk tetap mendapat keuntungan dari usahanya.

"porsi dikurangin, kaya yang tadinya porsi penuh jadi setengah. Bahan dasar untuk pembuatan juga agak dikurangi, namun untuk kemungkinan harga naik tidak ada," tutur Nanang menyikapi naiknya harga bahan baku.

Masyarakat sebagai konsumen juga menanggapi mengenai naiknya harga barang, "harga yang berubah dari biasanya membuat saya mengeluarkan uang lebih untuk membeli makanan, dampaknya pengeluaran saya untuk beli makanan lebih banyak dari biasanya," ujar Wahyu, masyarakat setempat juga sebagai pembeli, Sabtu (20/7/2024) sore hari.

Para pedagang dapat terus berjualan dan bertahan di tengah ekonomi yang sulit. Mereka harus menyikapi hal tersebut dengan tenang agar bisa menyusun kembali strategi untuk pemasarannya.

"harga bahan baku yang semakin meningkat membuat pedagang putar otak, mereka dapat menaikkan harga makanan yang dijual," tambah Wahyu.

Masyarakat juga dapat membantu untuk menaikkan UMKM setempat dengan membelinya. Walaupun tidak banyak, pedagang akan senang dengan itu. Selain itu, dari pihak pedagang bisa menggunakan beberapa strategi untuk terus berjuang menghadapi persaingan serta gejolak ekonomi ini, diantaranya :

1. Menjalin hubungan baik dengan pelanggan.

Pedagang harus melayani pelanggan dengan sopan dan ramah, dengan begitu akan meninggalkan kesan baik untuk pelanggan.

2. Meningkatkan kualitas produk.

Kualitas dari produk harus ditingkatkan. Misalnya seorang pedagang makanan, tentu ia harus mempertahankan rasa agar dapat terus dinikmati pelanggan serta meningkatkan inovasi baru agar menarik perhatian.

3. Mengetahui kebutuhan pasar atau lingkungan.

Seorang pedagang harus memahami kondisi lingkungan di tempat ia berjualan. Terlebih lagi harus memahami rata-rata pelanggan yang ada di daerah tersebut.

4. Memanfaatkan media sosial.

Di dunia yang sudah mengalami kemajuan teknologi, pedagang harus memanfaatkan hal tersebut. Karena sekarang ramai pelanggan yang cenderung memilih belanja online dibandingkan ke tempat langsung. Namun, ini adalah jajanan praktis yang biasanya dikonsumsi dalam waktu singkat, tentu masyarakat akan lebih memilih untuk datang langsung. Kendati demikian, media sosial bisa digunakan sebagai wadah pemasaran agar lebih diketahui banyak orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun