Mohon tunggu...
STP Bogor
STP Bogor Mohon Tunggu... Sales - Digital Marketing at Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Senang Menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Istilah di Dalam Perhotelan yang Wajib Kamu Ketahui

24 Maret 2023   16:02 Diperbarui: 28 Maret 2023   07:52 266
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hotel akan menyediakan jasa-jasa penginapan yang dapat di pakai untuk tempat beristirahat sementara waktu. Hotel juga akan menyediakan jasa dalam hal makanan dan minuman, jika memerlukan sebuah layanan tambahan hotel akan memberikan jasa tambahan. Namun sebelum kamu memesan kamar hotel, kamu wajib mempelajari istilah-istilah dalam perhotelan. Atau bagi kamu yang sedang belajar perhotel. Ini lah beberapa istilah dalam perhotelan :

  1. Reservasi/Booking : 

Reservasi / Booking merupakan suatu kegiatan dimana seorang pelanggan datang ke hotel dengan memesan kamar dan menginap di kamar yang telah di pesan, atau dapat disebut dengan memesan kamar.

  1. Chek-In : 

Chek in merupakan proses kedatangn tamu secara resmi di hotel sekaligus memasukkan barang-barangnya ke dalam kamar. Atau saat datang dan mengambilkunci pertama kali untuk menginap.

  1. Chek-Out : 

Chek Out merupakan proses pengeluaran barang dari dalam kamar skaligus membayar tagihan atau bill.

  1. Extra charge : 

Extra charger merupakan biaya tambahan yang harus di bayar tamu untuk pelayanan yang diberikan hotel.

  1. Extend : 

Extend yaitu memperpanjang untuk penginapan

  1. Room services : 

Room services yaitu menerima orderan dari telepon, membuat caption order, mempersiapkan peralatan, pesanan diantar ke kamar tamu dan tugas tersebut dilakukan oleh order taker.

  1. Front Office / Receptionist : 

Front Office / Receptionist yaitu petugas hotel ( kasit ) yang meayani tamu saat chekin dan chekout

  1. Twin Bed : 

Twin Bed yaitu kamar yang berisi dua tempat tidur yang terpisah dengan ukuran masing-masing tempat tidur kecil.

  1. Double Bed : 

Double bed yaitu kamar yang berisi 1 kasur besar atau sering disebut dengan king size.

  1. Breakfast : 

Breakfas yaitu sarapan.

  1.  Buffet : 

Buffet merupakan penyajian makanan secara parasmanan

  1. Early Check-In : 

Early check-in yaitu ketika tamu masuk kamar hotel sebelum waktu yang telah ditetapkan. Biasanya waktu check-in di hotel yaitu pukul 12.00

  1. Late Check-In : 

Late check-in yaitu ketika tamu terlambat checkout / melebihi waktu checkout yang sudah ditentukan.

  1. Room Rate : 

Room rate merupakan harga kamar yang sesuai rate plan

  1. Room status : 

Room status merupakan tanda yang dibuat oleh room attendant untuk menggambarkan keadaan kamar hotel yang sedang terjadi saat itu.

  1. Fully Booked : 

Fully booked yaitu ketersediaan kamar sudah habis

  1. Bar : 

Bar merupakan tempat bersantai berbentuk resto dengan musik.

  1. Minibar : 

Minibar merupakan tempat untuk menjamu tamu selain di ruang makan. Bisa jadi fasilitas kulkas dikamar yang berisi minuman-makanan itu disebut minibar.

  1. Standard Room : 

Standard room merupakan jenis hotel yang standar. Biasanya harganya paling murah, karena fasilitasnya paling standar di hotel.

  1. Peak season surcharge : 

Peak season surcharge merupakan harga yang diberikan saat hari-hari besar seperti hari raya dana tahun baru. Biasanya harganya lebih mahal dari hari-hari biasanya.

Nahh, mungkin itu beberapa istilah dalam perhotelan. Jika kamu ingin mempelajarinya lebih dalam lagi Ayo bergabung bersama kami mengenalkan dunia Pariwisata dan hotel demi menyongsong masa depan dan ekonomi hijau indonesia !

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun