Assalamualaikum ,Â
Salam dan Bahagia,
kali ini saya akan menyampaikan refleksi setelah mempelajari keseluruhan modul guru penggerak.
kali ini saya menggunakan model refleksi 4 F yaitu Facts, Feelings, Findings dan future
1. FACTS ( PERISTIWA )
Dua minggu yang lalu saya telah menyelesaikan seluruh rangkaian pembelajaran di modul Guru penggerak. Di tahap ini Saya telah menyelesaikan 3 modul di tahapan ini yaitu modul 1 Â Paradigma dan visi guru penggerak modul 2 Praktik pembelajaran yang berpihak pada murid , dan modul 3 adalah modul Pemimpin pembelajaran dalam pengembangan sekolah.
Selama kegiatan pembelajaran PPGP Setiap 2 minggu CGP akan diminta merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah di laksanakan selama dua minggu tersebut melalui kegiatan pembelajaran alur MERDEKA yaitu mulai dari diri , eksplorasi konsep, ruang kolaborasi , demostrasi kontekstual, elaborasi pemahaman ,koneksi antar materi, dan terakhir adalah aksi nyata. Pembelajaran PGP ini dilakukan dalam 2 moda yaitu daring selama pembelajaran modul di LMS dan secara luring di kegiatan lokakaryaÂ
2. FEELINGS ( PERASAAN )
Saya merasa senang telah menyelesaikan  keseluruhan  modul PGP ini . Ada perasaan plong ,juga ada perasaan kangen belajar kembali .Kalau biasanya setiap 2 minggu sekali kami dalam satu kelompok PP bisa bertemu selama 3 kali secara daring yaitu di kegiatan ruang kolaborasi dan kegiatan elaborasi pemahaman, maka mulai saat itu saya akan kehilangan momen momen itu . Sesuatu yang akan saya rindukan tapi tidak untuk di ulang , karena tentunya saya dan teman seangkatan saya  ingin hanya sekali menjalani pendidikan dan lulus tanpa mengulang pendidikan kembali.
3. FINDNGS ( [PEMBELAJARAN )
Selama kegiatan PGP ini saya belajar banyak hal  dari modul 1 - 3 diantaranya yaitu modul 1  Paradigma dan visi guru penggerak modul 2 Praktik pembelajaran yang berpihak pada murid , dan modul 3 adalah modul Pemimpin pembelajaran dalam pengembangan sekolah.Seluruh modul ini intinya agar kita mampu mendesain sebuah pembelajaran yang berpihak pada murid dan meraih tujuan pembelajaran sesuai filosofi KHD yaitu menuntun segala kodrat yang ada pada anak baik kodrat alam maupun kodrat jaman agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi tinggi nya baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakata . Tujuan pendidikan tersebut pada kurikulum merdeka ini di gambarkan  melalui  terbentuknya siswa yang berprofil pelajar Pancasila yaitu :
- beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia
- berkebinekaan global.
- mampu bergotong royong.
- Â mandiri
- berpikir kritis
- kreatif
Untuk mewujudkan siswa berprofil pelajar Pancasila dan pembelajaran yang berpihak pada siswa  maka di perlukan langkah langkah yang perlu di rnecanakan dengan cermat. Seluruh modul pada kegiatan PGP ini sebenarnya disiapkan agar guru sebagai seorang pemimpin pembelajan mampu merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan tersebut. Kompetensi guru penggerak tersebut tertuang dalam 3 paket modul dengan 10 bagian di dalamnya yang kemudian dipelajari sekitar 6 bulan lamanya.
4. FUTURE ( PENERAPAN )
Saya mulai menerapkan sedikit demi sedikit pengetahuan serta pengalaman yang saya dapatkan dari diklat PGP ini . Saya selalu berusaha menjadi seorang pemimpin pembelajaran yang dapat menciptakan pembelajaran yang berpihak pada murid . Â merupakan suatu kewajiban bagi saya untuk mengimplementasikan pengetahuan saya . Saya barharap di masa depan dengan pembelajaran yang saya berikan , siswa dapat menjadi siswa yang bahagia dan merdeka serta berprofil pelajar Pancasila.Terimakasih salam dan bahagia
Waalaikumsalam wr.wb
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H