Mohon tunggu...
Ika sedyaning utami
Ika sedyaning utami Mohon Tunggu... Guru - Guru

Seorang ibu yang terus menjadi pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi 2 Mingguan Modul 3.3

15 Maret 2023   19:33 Diperbarui: 26 Maret 2023   07:42 224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Assalamualaikum , 

Salam dan Bahagia,

kali ini saya akan menyampaikan refleksi setelah mempelajari modul 3.3 program yang berdampak positif pada murid.

kali ini saya menggunakan model refleksi 4 F yaitu Facts, Feelings, Findings dan future

1. FACTS ( PERISTIWA )

Modul 3.3 ini adalah modul terakhir dari rangkaian modul di diklat calon guru penggerak. Seperti modul modul sebelumnya saya mulai belajar modul  ini dari tahap mulai dari diri terlebih dahulu , di tahap ini kita di berikan pertanyaan pemantik tentang program sekolah apakah yang pernah kita ikuti yang masih berkesan sampai saat ini , beserta alasan serta program tersebut  membawa perubahan bagi diri kita sampai saat ini.

Tahap selanjutnya adalah tahap eksplorasi konsep dimana kita belajar ssecara mandiri mengenai kepemimpin murid , serta program sekolah yang berpihak pada murid .Selanjutnya pada tahap ruang kolaborasi saya bersama teman satu kelom[ok merancang sebuah program yang didalamnya memperhatikan 3 aspek yaitu suara , pilihan dan kepemilikan yang nantinya akan mendorong kepemimpinan / student agency . 

Tahap demonstrasi kontekstual menugaskan saya secara mandiri membuat rancangan suatu program apakah intrakurikuler , kokurikuler maupun ekstra kurikuler yang menggambarkan bagaimana suara pilihan kepemilikan murid akan didorong , Rancangan program ini menggunakan model manajemen perubahan BAGJA. Di tahap koneksi antar mateti saya berusaha mengaitkan materi antar modul di diklat CGP ini. Di akhir modul kami ditugaskan untuk membuat sebuah aksi nyata dan merefleksikan pembelajaran kami di modul 3.3 ini.

2. FEELINGS ( PERASAAN )

Saya merasa senang dapat belajar modul ini . Saya dapat belajar membuat sebuah program yang berpihak pada murid , dimana pada rancangan program tersebut saya harus  memperhatikan 3 aspek yaitu suara , pilihan dan kepmilikan yang mendorong kepemimpinan murid / student agency.Saya juga merasa tertantang bagaimana saya sedemikian rupa dapat menggunakan model manajemen perubahan BAGJA pada rancangan program yang saya buat .

3. FINDNGS ( [PEMBELAJARAN )

Di modul 3.3 ini saya belajar banyak hal diantaranya yaitu tentang Kepemimpinan murid .Kepemimpinan murid adalah tentang bagaiamana murid bertindak secara aktif dan mampu mebuat keputusan keputusan yang betanggung jawab, daripada hanya menerima apa yang diputuskan oleh orang lain.Kepemimpinan myrid ini sangat penting dalam kegiatan pembelajaran di sekolah , baik kegiatan intrakurikuler , kokurikuler maupun ekstra kurikuler karena kepemimpinan murid ini akan mendorong terbentuknya siswa yang berprofil pelajar Pancasila yaitu :

  1. beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia
  2. berkebinekaan global.
  3. mampu bergotong royong.
  4.  mandiri
  5. berpikir kritis
  6. kreatif

Ketika murid menjadi pemimpin dalam proses pembelajaran mereka sendiri, maka mereka sebenarnya memiliki suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) dalam proses pembelajaran mereka. 

Dalam setiap program sekolah hendaknya kita dapat mempertimbangkan 3 aspek diatas agar dapat mendiring terciptanya kepemimpinan murid di program tersebut.Kita juga harus menerapkan tahapan BAGJA dalam proses penyusunan program tersebut.Kita sebagai sebuah komunitas harus mampu menciptakan sebuah lingkungan yang menumbuh kembangkan kepemimpinan murid tersebut.

4. FUTURE ( PENERAPAN )

Di masa depan saya akan selalu memperhatikan untuk menyusun sebuah program yang berpihak pada murid , sebuah program yang memperhatikan 3 asepek yaitu suara. pilihan serta kepemilikan murid . Sebuah program yang akan menjadi program yang menyenangkan bagi siswa karena ada andil mereka dalam penyusunan program tersebut . Program yang akan dilaksanakan dengan penuh rasa ikhlas dan tanggung jawab karena tidak ada pemaksaan sebuah ide di dalamnya . demikian harapan dari apa yang akan saya terapkan di masa depan , Terimakasih salam dan bahagia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun