Mohon tunggu...
Ika Sandraini
Ika Sandraini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo! Saya adalah seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Kerjasama melalui Pelatihan Team Work Berbasis Game Mengunakan Alat Peraga Edukatif "Ular Tangga"

23 Juni 2024   17:01 Diperbarui: 24 Juni 2024   11:46 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Surabaya, 21 Mei 2024- Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib dijalani oleh mahasiswa di Indonesia sebagai bagian dari kurikulum perguruan tinggi termasuk di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Kuliah Kerja Nyata (KKN) mencerminkan upaya pendidikan tinggi untuk mengintegrasikan pembelajaran akademik dengan pengabdian kepada masyarakat. Program ini bukan hanya sekadar kurikulum tambahan, tetapi merupakan salah satu bentuk konkret dari tridharma perguruan tinggi di Indonesia yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Berdasarkan diskusi yang sudah dilakukan oleh mitra maka dapat disimpulkan bahwa masalah utama yang paling sering muncul pada siswa siswi adalah prihal kerjasama dalam team. Beberapa kendala yang sering ditemui tersebut ialah ketidakcocokan personal, pembagian tugas yang tidak merata, ketergantungan pada individu tertentu, ketidakjelasan tujuan dan komunikasi antar anggota. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pelatihan yang cocok untuk siswa siswi kelas VII A ialah pelatihan kerja sama tim (teamwork). Adapun tujuan pelatihan yang dilakukan adalah untuk memahami pentingnya kerja tim dalam mencapai tujuan bersama, mempelajari keterampilan komunikasi dan kolaborasi yang dapat meningkatkan kinerja tim dan membangun kesadaran tentang pentingnya kepercayaan, saling menghormati, dan dukungandalam kerja tim.

Melalui kegiatan Program Surabaya Mengajar ini saya Ika Sandraini dari universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Fakultas Psikologi Prodi Psikologi. Melakukan kegiatan pelatihan Team Work berbasis game mengunakan alat peraga edukatif "ular tangga". Kegiatan ini tidak luput dari bimbingan ibu Inka Sukma Melati, S.Psi., M.Psi selaku dosen pembimbing lapangan dan juga ibu Niken Widiastuti S.Pd selaku guru pamong disekolah tersebut. Kegiatan dilakukan di salah satu sekolah negeri disurabaya yaitu SMP Negeri 54 Surabaya. Dan juga kegiatan ini diikuti oleh siswa siswi kelas VII A dengan keseluruhan jumlah siswa 22 orang. 

Kegiatan pelatihan Kerjasama melalui Pelatihan Team Work Berbasis Game Mengunakan Alat Peraga Edukatif "Ular Tangga" dilakukan pada hari selasa dan rabu tanggal 21-22 Mei 2024. Kegiatan ini berlangsung selama 160 menit atau setara dengan 2 jam 40 menit. Tidak begitu terasa waktu yang digunakan karena siswa siswi sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, mereka sangat memahami hal hal yang telah disampaikan.

Pelatihan teamwork yang efektif bukan hanya tentang meningkatkan kemampuan kerja sama, tetapi juga membangun fondasi yang kuat untuk keberhasilan jangka panjang. Dengan memperkuat komunikasi, pembagian tugas yang efisien, dan membangun kepercayaan, tim dapat mencapai hasil yang lebih baik daripada yang bisa dicapai secara individu. Oleh karena itu, investasi dalam pelatihan teamwork adalah langkah yang bijaksana bagi setiap organisasi yang menginginkan produktivitas yang tinggi dan inovasi yang berkelanjutan.

Dokumentasi Pribadi 
Dokumentasi Pribadi 

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Pembelajaran merupakan proses yang terus berkembang, didorong oleh perkembangan teknologi dan kebutuhan akan pendidikan yang lebih efektif dan inklusif. Media pembelajaran telah menjadi bagian integral dari upaya meningkatkan pengalaman belajar siswa di berbagai tingkat pendidikan. Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengakomodasi berbagai gaya belajar serta kebutuhan individu, kami menyusun media pembelajaran ini dengan tujuan memberikan pengalaman pembelajaran yang menarik, interaktif, dan efektif bagi peserta didik.

Media pembelajaran yang saya susun ini dikembangkan dengan memperhatikan konteks pembelajaran yang dinamis dan perubahan dalam paradigma pendidikan modern. saya mengakui bahwa setiap peserta didik memiliki kebutuhan belajar yang unik, dan media pembelajaran ini dirancang untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar serta tingkat pemahaman yang berbeda. Saya juga mempertimbangkan tren dan inovasi terkini dalam bidang teknologi pendidikan serta temuan-temuan dalam neurosains dan psikologi pendidikan yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang memegang peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Penggunaan media hendaknya menjadi bagian dari setiap kegiatan pembelajaran yang harus mendapat perhatian guru atau fasilitator. Oleh karena itu, guru atau moderator perlu mempelajari pengertian media pembelajaran agar dapat mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dalam proses belajar mengajar. Kenyataannya, media pembelajaran masih  terabaikan karena berbagai alasan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun