"Aku hanya orang biasa yang bekerja untuk bangsa Indonesia dengan cara Indonesia."
Ki Hajar Dewantara
Mengembangkan Diri dan Berinovasi dalam Pembelajaran di Kelas yang Menyenangkan
A. Latar Belakang
Kompetensi dari seorang guru sudah barang tentu harus ditingkatkan agar sejalan dengan kodrat alam dan kodrat jaman. Dengan pekembangan jaman yang terjadi seorang guru haruslah berusaha untuk meningkatkan kompetensinya agar tidak ketinggalan dari perkembangan yang ada. Untuk pengembangan kompetensi yang dimiliki tidak hanya menunggu pelatihan dari pemerintah melainkan peningkatan kompetensi dapat dilakukan oleh guru itu sendiri
Dalam meningkatkan kompetensi yang dimiliki, bisa dimulai dari hal- hal kecil yang dimulai dari dirinya sendiri, baik itu belajar melalui media social, lingkungan dan mengikuti pelatihan atau diklat. Dengan kompetensi yang dimiliki seorang guru dapat menciptakan suasana belajar yang inovatif dan menyenangkan, sehingga diperlukan ide-ide kreatif seorang guru dan kemauan untuk belajar dan berlatih, dengan ide- ide kreatif yang dimiliki seorang guru dapat merancang dan meninovasi pembelajaran baik itu didalam maupun di luar kelas agar lebih menyenangkan.
Pembelajaran yang bahagia dan menyenangkan merupakan salah satu filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara, dengan pembelajaran yang menyenangkan siswa akan merasa lebih nyaman ketika mengikuti pembelajaran. Dengan merancang pembelajaran yang menyenangkan akan mengurangi tingkat kebosanan dan kejenuhan siswa dalam belajar, sehingga sangatlah perlu kemampuan seorang guru di dalam melakukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran , salah satunya dengan mengkolaborasikan pembelajaran. Inovasi ini dilakukan karena melihat perkembangan siswa itu sendiri, dimana siswa SMP merupakan masa peralihan dari masa anak- anak menuju masa remaja, sehingga tidak dapat dilepaskan dengan masa bermain. Dengan menginovasi pembelajaran dengan bermain dapat menciptakan suasa belajar yang menyenangkan dan siswa merasa leluasa ketika akan menjawab dan mengajukan sebuah pertanyaan, dengan menciptakan suasana seperti itu dalam belajar siswa dapat merasakan bahwa ia sedang belajar dengan keluarganya dan dapat mengganggap sekolah merupakan rumah kedua untuknya dalam belajar sehingga dapat mewujudkan merdeka belajar.
B. Tujuan
Adapun tujuan dari rancangan aksi nyata ini yaitu sebagai berikut.
1. Agar dapat memahami pentingnya mengembangkan diri dalam rangka meningkatkan kompetensi yang dimiliki.
2. Agar mampu merancang pembelajaran yang inovatif