NYATA MODUL 1.2 NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK AKSI
Fasilitator: Bapak Drs. Bambang Herianto, M.Pd.
Pengajar Praktik: Bapak Daryanto, S.Pd.
Assalamualaikum Wr.Wb.
Salam sejahtera dan berbahagia bagi kita semua.
Salam Guru Penggerak! Tergerak! Bergerak! Menggerakkan!
Perkenalkan saya Ika Nur Khayati, S.Pd. Saya adalah Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Cilacap.. Dalam hal ini saya akan memaparkan aksi nyata modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak yang sudah saya pelajari bersama Fasilitator, Pengajar Praktik, dan rekan-rekan CGP angkatan 7.
Bagaimana saya melakukan aksi nyata yang sesuai dengan modul 1.2?
1. Merealisasikan rencana yang telah saya tuliskan pada refleksi 4P pada materi Koneksi Antar Materi;
2. Pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin, serta dapat dilakukan oleh sendiri mulai dari sekarang
3. Membuat dokumentasi sederhana terkait kegiatan yang telah dilaksanakan secara konkret.
Rencana penerapan yang saya tuliskan di Koneksi antarmateri adalah:
1.Merdeka Belajar
Salah satu bentuk dari realisasi Merdeka Belajar adalah dengan menciptakan pemelajaran yang lebih berpihak kepada murid, dengan cara memenuhi kebutuhan dan gaya belajar murid sehingga mereka lebih dapat mengeksplorasi diri untuk berkembang.
Aksi nyata:
a. Membuat kesepakatan belajar.
b. Memfasilitasi belajar mereka sesuai dengan perbedaan kemampuan yang dimiliki siswa.
c. Menggunakan media pembelajaran yang menarik dan berbasis teknologi.
d. Memfasilitasi murid untuk berkolaborasi di dalam kelas dengan teman-temannya.
e. Membuat pembelajaran yang menyenangkan sehingga murid tidak bosan diselingi dengan ice breaking.
f. Belajar di dalam dan luar kelas dengan memanfaatkan lingkungan sekitar.
2. Profil Pelajar Pancasila
Di dalam elemen Profil Pelajar Pancasila, terdapat elemen-elemen yang sesuai dengan fase mereka. Saya akan memaksimalkan sehingga mereka terbentuk menjadi pelajar yang memiliki jiwa Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan elemen, lebih khusus lagi dengan subelemen.
Aksi nyata:
a. Melakukan pembiasaan kegiatan keagamaan sebelum pembelajaran dimulai, maupun rutin setiap hari Jumat.
b. Membangun rasa saling menghargai siswa di kelas yang memiliki keragaman kultur dan adat.
c. Membangun rasa percaya diri murid dengan kegiatan diskusi terbuka tentang permasalahan, sebelum pembelajaran dimulai.
d. Menciptakan kebersamaan dengan membentuk kelompok-kelompok kecil sehingga murid terbiasa berkolaborasi dan belajar menghargai dan menghormati pendapat orang lain. Belajar untuk tidak egois, dan mengedepankan kebersamaan.
e. Belajar mengelola emosi
3. Kodrat Alam
Aksi nyata:
a. Melaksanakan pembelajaran berpusat kepada murid  ( Student Centre)
b. Melaksanakan kegiatan pembelajaran lebih santai namun tidak mengurangi esensi kita sebagai pengajar.
c. Lebih dekat kepada peserta didik dan semakin mempertegas bahwa guru adalah orang tua kedua mereka.
4. Agen Perubahan
Sebagai agen perubahan, guru dituntut untuk dapat fleksibel dan luwes di dalam menjalankan tugasnya. Selalu mengikuti perkembangan zaman dan tidak ketinggalan pemberitaan. Dengan demikian, ketika melaksanakan fungsinya sebagai agen perubahan, guru akan lebih kompeten di dalam menyampaikan ide baru, maupun menginisiasi kegiatan yang berhubungan dengan pembelajaran.
Aksi nyata:
a. Mengadakan kegiatan tutor teman sebaya di dalam mengerjakan kegiatan kedinasan.
b. Menjadi narasumber dalam berbagai kegiatan
c. Mengadakan komunitas praktisi
Demikian aksi nyata modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak yang saya laksanakan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih. SALAM GURU PENGGERAK.
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI