Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid
Oleh :
Ika Kurniawati (CGP)
Rina Hartatik (PP)
Bekti Widodo (fasilitator)
Pada modul 3.3 ini, saya menyajikan jurnal refleksi dwi mingguan dengan model Round  Robin.
Berikut panduan pertanyaan untuk membuat refleksi model ini:Â
1) Apa hal yang paling Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Mengapa Anda merasa hal tersebut bisa membuat Anda sangat menguasainya?Â
Setelah mempelajari modul 3.3 dengan alur M-E-R-D-E-K-A, hal yang paling saya kuasai adalah tentang konsep kepemimpinan murid (student agency). Saya merasa cukup menguasai konsep tersebut karena selama proses pembelajaran banyak disajikan modul-modul pengetahuan yang bisa saya pelajari secara mandiri dan mengeksplorasinya melalui forum-forum diskusi virtual baik diskusi tulisan maupun pada ruang kolaborasi yang dibimbing oleh Fasilitator kelas, juga mendapakan pendalaman materi dari instruktur dalam ruang elaborasi. Semua tahapan itu sangatlah membantu saya untuk cukup menguasai konsep dari materi modul 3.3. Selama proses pembelajaran tersebut, saya menjadi lebih faham bagaimana menciptakan program/kegiatan yang berdampak positif pada murid sehingga bisa menumbuhkembangkan kepemimpinan murid dengan lingkungan yang mendukung dan keterlibatan komunitas sekolah.Â
2) Apa hal yang belum Anda kuasai setelah pembelajaran hari ini? Apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?Â