Mohon tunggu...
ika fitrianingsih
ika fitrianingsih Mohon Tunggu... Guru - Jalani, Nikmati ,Syukuri,

GURU SMP N 2 EROMOKO

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Asyiknya Belajar Matematika Saat Pandemi Covid-19 dengan KAHOOT!

15 Agustus 2021   19:39 Diperbarui: 15 Agustus 2021   19:43 236
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Oleh:

IKA FITRIANINGSIH, S.Pd

Guru Matematika

SMP Negeri 2 Eromoko

Kabupaten Wonogiri

Fenomena wabah virus Corona (Covid-19) yang yang melanda berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. Pandemi Covid-19 berdampak besar pada berbagai sektor, salah satunya pendidikan. Pendidik harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah. Solusinya, pendidik dituntut mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Ini sesuai dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)..

Sekolah diliburkan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, sebagai solusinya maka proses Pembelajaran diganti dengan pembelajaran dalam jaringan (daring), atau sering disebut online. 

Pembelajaran daring merupakan suatu jenis belajar mengajar yang mana proses tersampainya bahan ajar ke peserta didik dengan menggunakan internet. 

Pembelajaran daring menekankan pada proses belajar dengan menggunakan teknologi internet untuk mengirimkan berbagai hal yang dapat meningkatkan pengetahuan serta keterampilan (Elyas, 2018).

Sebagai pendidik harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman terutama era digital ini membuka inovasi dalam mengajar apalagi selama pandemi covid-19. Penulis sebagai guru matematika di SMP Negeri 2 Eromoko berusaha agar peserta didik tetap enjoy dalam pembelajaran daring. Salah satu aplikasi menarik dan asyik digunakan dalam pembelajaran daring yaitu Kahoot!

Kahoot! Adalah sebuah platfrom pembelajaran online berbasis permainan (game), dapat berupa soal dadakan, diskusi dan survei. Peserta didik tidak perlu membuat akun Kahoot! 

Untuk mengakses soal yang telah dibuat guru. Peserta didik dapat mengaksesnya melalui perangkat apapun dengan web browser yang diakses melalui berbagai perangkat seperti laptop, notebook, tablet dan smartphone. Kahoot! Diharapkan dapat menjadi salah satu solusi pembelajaran yang asyik dan menyenangkan bagi peserta didik.

Langkah pembelajaran dengan Kahoot! yang pertama adalah guru membuat akun Kahoot! Selanjutnya membuat soal, diskusi ataupun survei sesuai dengan kebutuhan untuk mengajar. 

Untuk membuat soal, guru mengisi nama soal lalu mengetikkan daftar pertanyaan dan opsi jawaban. Ada banyak fitur saat menulis soal seperti video, gambar, musik, jumlah waktu untuk menjawab setiap pertanyaan, banyak poin, dan tingkat kesulitan soal, sehingga menarik dan mampu mendorong pemikiran peserta didik. 

Setelah soal jadi dan disimpan, guru akan menerima kode PIN. Kode PIN tersebut dapat dibagikan kepada peserta didik dengan cara mengunjungi Kahoot! pada web browser dan memasukkan kode PIN dan nama peserta didik. Terakhir peserta didik dapat mengerjakan soal dengan tampilan berbeda dan menarik (Thomas, 2014).

Kahoot! melatih peserta didik melatih  berpikir cepat dan tepat, sehingga ada motivasi belajar untuk saling berkompetisi antar peserta didik. Selain itu, tampilan dari fitur Kahoot! yang bisa video maupun gambar menambah pembelajaran lebih interaktif. Hal terpenting dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru harus kreatif dalam menyiapkan kegiatan pembelajaran dengan melalui berbagai model pembelajaran menarik dengan menggunakan berbagai sumber belajar. Kahoot! dapat dijadikan alternatif aplikasi pembelajaran yang dapat menambah motivasi belajar serta mengurangi tingkat kejenuhan peserta didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun