Identitas BukuÂ
Judul: Manajemen KomunikasiÂ
Penulis: Hardi Fardiansyah, Annisa Sungga Dirgantari, Nanda Dwi Rizkia, Fitriana Mumtazah, Susiana Dewi Ratih, Masni Sanmas, Aditya Eka Putra, Sukatin, Fadli Muhammad Athalarik, Maria Puspitasari, Maria Septian Riasanti Mola, Firdaus, Tuti Hardianti, Budi Suswamto, Syahrul Hidayanto.Â
Penerbit: Widina Media UtamaÂ
Tahun: 2023Â
Jumlah halaman: 355 HalamanÂ
Pada kehidupan sehari-hari, komunikasi menjadi aspek yang sangat penting bagi manusia. Â Karena dengan adanya komunikasi, dapat mempermudah proses suatu interaksi dengan berbagai metode tersendiri. Pada kali ini saya akan meriview singkat tentang E-Book Manajemen Komunikasi pada Bab 2 saja. Â Yang sudah saya amati, pada Bab dua di e-book ini membahas tentang konsep dasar manajemen komunikasi, dan beberapa materi yang dibahas adalah definisi manajemen komunikasi, dimensi dan model komunikasi, proses manajemen komunikasi, Â manajemen komunikasi dalam organisasi, teknologi dalam manajemen komunikasi, dan kepemimpinan manajemen komunikasi.Â
Pada pendahuluan, buku ini menggambarkan secara rinci bahwa manajemen komunikasi yang efisien juga melibatkan pengelolaan media sosial, reputasi online, dan mengatsi tantangan komunikasi yang kompleks. jadi, pemahaman dan praktik tentang manajemen komunikasi merupakan faktor yang tidak bisa diabaikan dalam mencapai keberhasilan dalam berbagai aspek kehidupan. Kemampuan untuk mengoordinasi pesan, membangun merek dan menjaga hubungan dengan pemangku kepntingan adalah aspek penting dari manajemen komunikasi. Jadi, buku ini akan menjelajahi konsep dasar manajemen komunikasi, dan menggali mengapa hal tersebut menjadi penting dalam dunia. Lalu mncari tahu bagaimana praktik manajemen komunikasi dapat membantu individu dan organisasi mencapai tujuan mereka.Â
Manajemen komunikasi adalah disiplin yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan segala bentuk komunikasi dalam suatu organisasi atau lingkungan tertentu. Selanjutnya tujuan utamanya adalah menciptakan, memelihara, dan meningkatkan hubungan komunikasi yang efektik antara organisasi atau individu dengan pemangku kepentingan termasuk karyawan, pelanggan, mitra bisnis, media, dan masyarakat umum.Â
Selain itu, buku juga menampilkan beberapa definisi manajemen komunikasi menurut beberapa para ahli yang sangat rinci, membuat pembaca bisa dengan cepat memahami beberapa definisi ini.Â
Buku ini menjelaskan bahwa manajemen komunikasi sangat identik dengan interaksi sosial dan sistem sosial. konsep dari manajemen komunikasi juga memberi saran kepada pembaca bahwa kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik bukan hanya sebagai hal yang sudah melekat dalam diri pembaca saja, melainkan sebagai suatu hal yang dapat pembaca pelajari dan kembangkan pula. Â Disini letak kegunaan mempelajari manajemen komunikassi, yaitu agar pembaca dapat lebih engerti bagaiana seharusnya berkomunikasi dengan orang lain, sehingga komunikasi yang akan terjadi lebih efektif.Â
Yang saya sukai dari bab ini, bab ini sangat merincikan bagaimana suatu proses manajemen komunikasi yang menjadi peran penting dalam kehidupan sehari-hari maupun kehidupan organisasi. karena tujuan manajemen komunikasi ini menciptakan ekosistem komunikasi yang mendukung kesuksesan sebuah organisasi. Jadi jika saya berada di suatu organisasi, saya bisa tahu bagaimana proses manajemen yang bisa dilakukan, apa saja hambatannya pada suatu organisasi, dan bagaimana cara mengatasinya.Â
Menurut saya, buku ini tidak memiliki kekurangan. sejauh yang saya baca, saya bisa memahami apa yang sudah ditulis di buku ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H