Mohon tunggu...
Ika AyuLestari
Ika AyuLestari Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya adalah seorang Mahasiswa Universitas Palangkaraya Jurusan Akuntansi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bagaimana Keadaan Pasar Oligopoli di Tengah Pandemi?

26 Oktober 2023   23:46 Diperbarui: 26 Oktober 2023   23:59 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bagaimana keadaan pasar oligopoli ditengah pandemi?

Kata oligopoli sendiri sebenarnya berasal dari kata oligo yang berarti beberapa dan poli yang berarti produsen.  Jadi dapat disimpulkan bahwa pasar ologopoli adalah pasar persaingan tidak sempurna apabila karena terdapat suatu produk yang dihasilkan dari bebrapa produsen yang memproduksi barang sejenis.

Apa sih tujuan pasar oligopoli?

Pasar ologipoli memiliki tujuan membuat para konsumen dapat lebih leluasa dalam memilih produk sesuai dengan keinginan. Karena tujuan tersebut, membuat para perusahaan dalam pasar oligopoli sangat sadar untuk dapat lebih meningkatkan kualitas produk agar memenuhi kebutuhan para konsumen. Apabila perusahaan menggunakan strategi pemasaran yang tepat hal ini akan memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan

Apa sih ciri-ciri pasar oligopoli?

  • Jumlah produsen, terdapat beberapa jumlah produsen dalam pasar oligopoli. Dari beberapa sumber dikatakan terdapat 2-10 produsen atau 2-50 produsen. Dua produsen dapat dikatakan pasar duopoly, namun dalam ilmu ekonomi dapat termasuk juga kedalam pasar ologopoli
  • Jenis barang, terdapat dua kemungkinan barang yaitu terdiferensiasi dan homogen. Terdiferensiasi sendiri yaitu mempunyai unsur pembeda antar satu brand dengan brand lainya sedangkan homogen yaitu sama persis
  • Kemampuan dalam menentukan harga, karena memiliki jumlah produsen yang sedikit dapat dikatakan  penentuan harganya tidak hanya berpatok kepada produsen produsen laianya atau dapat dikatakan kemampuan dalam menentukan harganya besar
  • Hambatan untuk masuk atau keluar pasar, apabila kita ingin menjadi produsen didalam pasar oligopoly diperlukan dana dan energi  yang cukup besar
  • Hubungan P dan MC, secara umum pasar persaingan tidak sempurna selalu menentukan harga diatas MC karena ingin memperoleh keuntungan yang besar
  • Kurva permintaan, menurut Sweezy ( pencetus kurva yang yang terkenal untuk pasar oligopoly ) sifatnya patah
  • Jangka pendek, semua produsenya nya dalam jangka pendek dapat merasakan laba super normal, normal, dan rugi
  • Jangka Panjang, produsen didalam pasar oligopoly dapat dijamin merasakan laba yang super normal
  • Ketergantungan dengan pasar lain, pasar oligopoly sangat ketergantungan dengan produsen pasar lainya sebagai contoh apabila terdapat sebuah perusahaan yang membuat aksi maka perusahaan lainya akan membuat reaksi
  • Contoh barang, diferensiensi seperti elektronik dan lainya sedangkan barang homogen  seperti kertas hvs

Apasaja sih faktor faktor terbentuknya pasar oligopoly?

Dalam perekonomian yang sangat maju pasar oligopoli sangat mudah dijumpai. Karena didukung oleh teknologi-teknologi moderen. Terdapat dua factor terbentuknya pasar oligopoly yaitu:

  • Skala ekonomis
  • Perusahaan didalam pasar oligopoki sanagt didukung oleh teknologi yang sangat canggih dalam proses produksinya. Karena untuk membangun suatu industry didalam pasar oligopoly membutuhkan dana dan juga sumber daya yang dapat dikatakan sangat besar.
  • Kompleksitas manajemen
  • Struktur didalam perusahaan pasar oligopoli dapat ditandai dengan adanya kompetisi harga dan non harga. Sebagai produsen didalam pasar oligopoli harus sangat teliti dalam memutuskan suatu keputusan agar tidak merugiksn dari perusahaan pesaing. Kemampuan manajemen yang baik sangat penting untuk dapat bertahan didalam industri ini

Apa saja macam - macam pasar oligopoly ?

Perusaaan – perusaaan yang menjual minyak bumi, emas, batu bara dan perusaan lain yang hanya memiliki sedikit pesaing seperti telkomsel, indosat,Suzuki dan lainnya. Terdapat empat macam pasar oligopoli yaitu:

  • Pasar oligopoli murni ( homogen)
  • Pasar oligopoli terdiferensiensi
  • Pasar oligopoli non kolusi
  • Pasar oligopoli kolusi

Studi kasus pasar oligopoly ?

Salah satu contoh perusahaan dalam pasar oligopoli seperti Shell, Pertamina dan Total, tiga perusahaan tersebut menjuan produk yang sama dapat dikatakan pasar oligopolI karena hanya sedikit produsen yang menjual produk bahan bakar seperti tiga perusaan tersebut. Ketiga perusahaan persebut memiliki sifat yang saling menggantikan contohnya jika Pertamina mengalami kebangkrutan maka posisinya akan digantikan oleh Shell dan Total. Harga produk yang dijual dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah. Dapat dikatakan pasar oligopoli juga karena sulitnya pesaing baru yang masuk. Nah, pada masa pandemi ekonomi dunia termasuk Indonesia mengalami penurunan ekonomi yang sangat tajam yang menyebabkan volume penjualan disektor retail dan industry. Pertamina mengalami rugi bersih sekitar USD 767,91 juta, sedangkan Shell mengalami kerugian sebesar USD 18,40 miliar dan Total mengalami net loss sebesar USD 8,40 milliar. Kerugian tersebut juga disebabkan oleh penurunan fluktuasi nilai tukar dan harga minyak mentah dunia.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun