Mohon tunggu...
Iji Jaelani
Iji Jaelani Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Trik Agar Reseller Loyal

10 Januari 2017   11:41 Diperbarui: 10 Januari 2017   12:07 1109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Reseller adalah pelanggan yang membeli produk dan menjualnya kembali. Semakin banyak reseller akan semakin meningkatkan penjualan sehingga semakin meningkatnya perputaran barang. Hal ini akan berdampak pada meningkatnya omzet bisnis dan kemajuan usaha. Misalnya, dalam bisnis fashion seperti grosir kaos ditro bandung, kekuatan bisnis adalah dengan banyaknya kepercayaan konsumen yang menjadi reseller kaos distro. 

Akan tetapi, tidak sedikit perusahaan yang kehilangan reseller/ agen sehingga terus peningkatan omzet tidak stabil.

Menurut Dewa Eka Prayoga, ada banyak faktor yang membuat reseller "kabur", bahkan menjadi kompetitor usaha. Hal utama yang harus digarisbawahi adalah jangan menyalahkan orang lain, karena masalah utama ada pada diri sendiri. Menurutnya, kesalahan terbesar adalah karena kamu tidak mengetahui kesalahanmu.

1.    apakah selama ini kamu memerhatikan karyawan dan reseller?

2.    apakah kamu melakukan sesi recruitmen dengan cara yang tepat atau asal asalan saja karena butuh mereka dalam waktu cepat? 

3.    apakah anda sudah memberikan tugas dan target jelas kepada mereka?

4.    apakah anda hanya menelantarkan dan membiarkan mereka jualan sendiri tanpa ada support dari anda? 

Jika sekarang sudah tahu kesalahannya dimana, mari berevaluasi. 

Hal yang paling pertama dilakukan adalah berusaha berada di posisi karyawan dan reseller.

Jangan hanya mementingkan diri sendiri sebagai owner. Pertama, loyalitas itu tumbuh di pertengahan jalan, bukan di awal. Salah satu faktor terpenting agar karyawan dan reseller loyal adalah pengakuan, bukan uang.

Kedua, ucapan terima kasih itu mudah dituliskan tapi terkadang sulit untuk diucapkan. Ketiga, pujian adalah penghargaan. Keempat, basa basi itu sederhana, tapi efeknya luar biasa.Kelima, tanpa kebersamaan, tak ada kekuatan. Keenam, sentuh 3 hot button reseller, yaitu ilmu, jaringan, dan uang.

Untuk terjadinya hal tersebut, Dewa eka Prayoga menjelaskan 7 trik agar reseller loyal

1.    Pujian

2.    Masukan

3.    Ucapan terima kasih

4.    Kata kata motifasi

5.    Marketing kit dan media promosi

6.    Bimbingan khusus.

Sebagai penutup, Dewa eka prayoga menyatakan bahwa kompetitor adalah motivator terhebat dalam bisnis anda. Buktikan bahwa anda adalah yang terbaik

Semoga artikelnya bermanfaat.

(Dewa eka Prayoga, Dongkrak Omzet Milyaran dengan Tim Penjualan)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun