Mohon tunggu...
Iis Susiawati Abdullah
Iis Susiawati Abdullah Mohon Tunggu... Dosen - Praktisi Pendidikan

Pendidikan dan Lingusitik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menata Kurikulum Bahasa Arab yang Relevan dan Adaptif di era Globalisasi

2 Februari 2025   08:56 Diperbarui: 2 Februari 2025   08:55 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam dunia pendidikan, relevansi kurikulum menjadi faktor kunci dalam memastikan bahwa peserta didik mendapatkan ilmu yang sesuai dengan perkembangan zaman. Kurikulum yang baik harus mampu merespons dinamika ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), serta menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yang semakin beragam.

Hal ini juga berlaku dalam pendidikan bahasa Arab. Tidak cukup hanya memahami teori tata bahasa atau kosa kata, tetapi juga bagaimana bahasa Arab dapat menjadi alat komunikasi yang efektif di berbagai bidang keilmuan. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum bahasa Arab perlu lebih integratif, holistik, dan humanis, sehingga tidak hanya berorientasi pada aspek linguistik, tetapi juga mencakup dimensi sosial, budaya, dan teknologi.

Lantas, bagaimana cara menyusun kurikulum bahasa Arab yang lebih relevan dan responsif terhadap tantangan zaman? Mari kita bahas lebih lanjut!

Mengapa Kurikulum Bahasa Arab Harus Relevan?

Kurikulum adalah sistem yang mencakup berbagai komponen, seperti tujuan pendidikan, isi materi ajar, metode pengajaran, dan sistem evaluasi. Dalam konteks pendidikan bahasa Arab, kurikulum yang relevan harus:

  • Menyesuaikan dengan perkembangan IPTEK, agar peserta didik dapat belajar dengan metode yang lebih modern dan interaktif.
  • Responsif terhadap karakteristik peserta didik, mencakup aspek intelektual, mental, emosional, dan fisik.
  • Menghubungkan bahasa Arab dengan berbagai disiplin ilmu, sehingga bahasa Arab tidak hanya menjadi mata pelajaran tetapi juga alat keilmuan yang lebih luas.
  • Menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan komunikatif, bukan sekadar menghafal teori, tetapi benar-benar mempraktikkan bahasa dalam kehidupan sehari-hari.

Jika kurikulum bahasa Arab tidak diperbarui sesuai dengan kebutuhan zaman, pembelajarannya akan menjadi kaku, sulit dipahami, dan kurang menarik bagi siswa.

Strategi Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab yang Lebih Relevan

Untuk menjadikan pendidikan bahasa Arab lebih efektif, berikut beberapa strategi pengembangan kurikulum yang dapat diterapkan:

  • Revitalisasi Sinergi dengan Ilmu Lain

Bahasa Arab tidak boleh berdiri sendiri sebagai ilmu yang terisolasi. Kurikulum harus membuka ruang untuk interkoneksi antara bahasa Arab dengan disiplin ilmu lain, seperti:

  • Studi Islam dan hukum Islam
  • Linguistik modern dan kajian bahasa lain (misalnya, perbandingan dengan bahasa Inggris atau Prancis)
  •  Ilmu komunikasi dan media digital
  • Diplomasi dan hubungan internasional

Dengan cara ini, pembelajaran bahasa Arab akan menjadi lebih aplikatif dan relevan dengan dunia kerja.

  • Adaptasi dan Perbandingan dengan Bahasa Lain

Saat ini, bahasa Inggris dan Prancis telah berkembang pesat dalam metode pengajaran bahasa. Kurikulum bahasa Arab bisa mengadopsi pendekatan pembelajaran dari kedua bahasa tersebut, seperti penggunaan teknologi, pembelajaran berbasis proyek, serta metode komunikasi aktif yang lebih interaktif.

  • Mengembangkan Cabang Ilmu Bahasa Arab Secara Mandiri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun