Mohon tunggu...
iis noor
iis noor Mohon Tunggu... -

Girl who always try to write, Another blog : iisnoor.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Serunya Ikutan Living Values Education

16 November 2015   04:33 Diperbarui: 16 November 2015   06:52 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Siapakah yang memberimu nilai sehingga seperti sekarang ini? Ayah? Ibu? Kakak? Atau orang lain? Semua orang yang kita temui memiliki nilai dalam dirinya. Begitu halnya dengan kita sendiri, kita sebenarnya memiliki nilai. Tergantung dari nilai apa yang sedang kita aktifkan.

Saya sedang menanamkan nilai keberanian sebenarnya dalam diri saya. Meskipun itu sangat sulit dilakukan. Tapi saya mencobanya sedikit demi sedikit, dan selalu berusaha agar setiap harinya saya bisa mewujudkan keberanian itu. Saya juga seringkali mendapatkan nilai semangat dari orang-orang yang saya senangi. Ya, mereka bukan saja sebagai idol. Tapi tentunya dengan semangat yang mereka tularkan kepada saya. Semuanya punya makna kan?

Minggu lalu, saya belajar tentang nilai di sebuah seminar Living Value Education Programe. Seminar berlangsung selama 16 jam dalam dua hari. Seharusnya dua hari sudah selesai, tetapi karena waktu yang sudah dijalani ternyata kurang dari 16 jam. Panitia memberi kita tawaran untuk melanjutkan seminar pada hari itu, atau pada kamis depan. Dan forum sepakat untuk melanjutkannya pada kamis depan. Karena memang kondisi sudah tidak kondusif untuk peserta mengikuti pemaparan fasilitator.

Living values education adalah seminar tentang pentingnya penumbuhan nilai-nilai. Dikakatakan tumbuh, karena ternyata nilai itu sudah tertanam dalam diri setiap manusia. ketika saya ditanya apa itu nilai, bagi saya nilai adalah semacam pendorong manusia melakukan suatu hal yang positif, juga bagi saya nilai adalah potensi yang Tuhan turunkan kepada manusia.

Saya ingat ketika perkuliahan psikologi agama, bahwa potensi baik buruk itu ada dalam diri setiap manusia. Dan kita diberikan pilihan yang mana yang akan kita aktifkan. Bagaimana pengaktifannya? Tentu saja dengan latihan.

Dari seminar itu sedikitnya saya sadar nilai apa yang harus saya tumbuhkan ketika menghadapi persoalan dalam kehidupan. Ketika menghadapi suatu peristiwa, saya bisa memilih nilai apa yang hendak saya tonjolkan. Ini seperti mudah, tapi rumit sebenarnya. Dan seminar ini terkesan sepele, tapi saya sadari banyak hal yang saya butuhkan ketika menjadi manusia di lingkungan sosial yang nyata.

Sebelum berangkat ke ranah sosial, hal-hal seperti ini tentunya mesti dimulai dari diri sendiri. Seperti, siapakah orang memengaruhi secara postif. Ketika mengatakan hal demikian, tentu saja ada nilai yang kita ambil dari orang tersebut. Dan saya mengambil orang terdekat saya yang memengaruhi saya secara positif yaitu ayah saya, dan nilai yang saya ambil dari beliau adalah keihlasannya. Nilai keihklasan yang ada dalam diri ayah saya, saya ingin agar itu juga aktif dalam diri saya. Jadi ketika dihadapkan dengan suatu peristiwa yang tidak diinginkan, misalnya kehilangan sebuah barang yang kita sayangi. Yang harus saya pilih dalam diri saya bukan penyesalan atau kemarahan, tapi keikhlasan. Alasannya, karena dengan keikhlasan kedamaian akan muncul dalam diri. Dan disana, nilai baru muncul, yaitu kedamaian.

Nilai bukanlah sesuatu yang diajarkan, nilai adalah sesuatu yang ditularkan. Jadi begitulah bahasanya. Saya percaya sih nilai itu sebenarnya ditularkan. Misalkan begini, saya akhir-akhir ini senang sekali nongkrongi boyband Korea BigBang yang sukses menggelar World Tournya. Ke Indonesia juga, saya senang sekali mengintip motivasi apa yang dimiliki oleh leadernya G-Dragon. Ternyata setelah saya amati, dia memiliki nilai semangat tinggi, nilai konsistensi, nilai percaya diri. Nilai itulah yang saya lihat ada dalam dirinya. Karena saya senang kepadanya, maka ia menjadi inspirasi saya dalam mendapatkan nilai-nilai. nilai-nilai yang mesti juga saya tumbuhkan dalam diri saya. Agar saya bisa menggapai mimpi saya seperti apa yang dilakukan G-Dragon. Dan saya sekarang faham, mengidolakan sesuatu itu jangan membabi buta. Karena misalnya kerennya atau hal lain yang tidak ada maknanya bagi kita, tapi kita juga harus melihat nilai apa yang mereka miliki yang bisa kita tiru dan tumbuhkan dalam diri kita.

Saya jadi ingat ketika membaca postmodernisme, dimana orang sudah tidak lagi mengutamakan nilai. Dan mereka bahkan menggunakan barang-barang yang bagi mereka sendiri tidak ada nilainya. Hanya sebagai pemuas kebutuhan dan tentu saja nafsu konsumtif. Dan yang terjadi mereka kehilangan makna dari hidup mereka sendiri.

Di Living Values kita belajar untuk menemukan nilai dari apa yang ada dalam hidup kita. Ketika kita tahu nilai apa yang ada dalam diri kita, kita akan tahu potensi apa yang kita miliki. Sehingga, ketika ingin mewujudkan mimpi kita bisa tahu bagian mana yang harus kita perbaiki agar mimpi itu terwujud. Intinya living values mengajak kita untuk mengenal diri.

Sebenarnya akhir-akhir ini saya sering merenungkan diri saya sendiri, meninjau apa yang sudah saya lakukan dalam sehari. Apa yang harus saya aktifkan dalam sehari-hari. Dan apa yang kurang dari itu. Saya akhir-akhir ini menulis dalam jurnal juga hal-hal yang menyangkut hal tersebut. Meskipun hasilnya saya lebih banyak menilai diri sendiri, dan kadang juga frustasi dengan apa yang belum bisa saya lakukan. Misalnya kejujuran. Nah, dari sana saya tahu apa nilai yang ingin saya tumbuhkan, dan target untuk besok itu apa. Dan target saya untuk hari esok adalah menumbuhkan nilai-nilai kejujuran. Meskipun sedikit, tapi dengan latihan apapun bisa menjadi mungkin bukan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun