Bagaimana Latar belakang kegiatan ini ?
1. Rendahnya kemampuan kreativitas peserta didik dalampembelajaran.
2. Kurang memanfaatkan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dalam pembelajaran, sehingga pembelajaranÂ
3. Kurang berpusat kepada peserta didik, peserta didik lebih banyak mendengar penjelasan dari guru.
4. Kurangnya pemanfaatan aplikasi pembelajaraan (yang tersedia secara online)untuk meningkatkan kreativitas peserta didik.
5. Guru kurang mengoptimalkan potensi peserta didik.
6. Peserta didik kurang memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap materi pembelajaran
7. Pembelajaran enjoy learning belum maksimal digunakan.
8. Peserta didik belum maksimal dalam memberikan gagasan/usul/pertanyaan/ ide-ide terkait materi gangguan sistem ekskresi
9. Peserta didik belum memunculkan pertanyaan-pertanyaan berkualitas terkait gangguan sistem ekskresi
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?
Praktik ini penting untuk dibagikan supaya menjadi bahan referensi bagi guru yang menghadapi masalah yang sama dalamÂ
meningkatkan kreatifitas peserta didik di pembelajaran.
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?
Peran saya dalam praktik ini sebagai pelaksana dan yang menjadi tanggung jawab saya adalah melaksanakan praktik pembelajaranÂ
dengan sebaik-baiknya, fasilitator bagi siswa/ rekan siswa dan motivator untuk rekan sejawat.
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?
Yang menjadi tantangan selama proses pelaksanaan adalah :
1. Siswa di ajak kerja sama untuk mengeluarkan ide- ide kreatif poster tentang ekskresi belum siap
2. Terbatasnya laptop dalam pembelajaran yang digunakan.
3. Jaringan internet yang kurang stabil
Siapa saja yang terlibat?
Yang terlibat dalam kegiatan aksi PPL yaitu:
1. Peserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaraan.
2. Guru sebagai fasilitator yang berperan memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaranÂ
  dapat tercapai secara maksimal, sedangkan peran sebagai fasilitator yaitu untuk membimbing peserta didik agar terjadi suatuÂ
  perubahan kearah yang lebih baik.
3. Teman Sejawat  yang  berperan  sebagai observer dan membagikan pengalaman dalam kegiatan pembelajaran.
4. Dosen dan Guru pamong sebagai observer.
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut?
Langkah - langkah untuk menghadapi rendahnya kemampuan peserta didik dalam memberikan ide kreatif selama pembelajaran :
1. Guru menggunakan Model Pembelajaran yang inovatif yaituModel Discovery Learning
2. Memilih media yang bisa mengembangkan kreatifitas siswa dengan membuat poster dan mind map.
3. Menyusun perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKPD,Media, Asesmen dan Bahan Ajar tentang materi gangguan sistemÂ
  ekskresi pada manusia.
4. Memastikan setiap kelompok perwakilan membawa laptop agar masing-masing bisa membuat poster dengan mengunakan  Â
   Aplikasi Canva.
5. Memastikan jaringan internet aman
Â
Strategi apa yang digunakan?
Proses pelaksanaan pembelajaran dengan model Discovery Learning dengan metode dan model yang tepat tersebut menjadikanÂ
peserta didik kreatif dengan mengkombinasikanbahan- bahan yang akan digunakan,selanjutnya peserta didikmensosialisasikanÂ
hasil karya dalam bentuk poster dan mind map.
Langkah-Langkah dalam model Discovery Learning:
1. Orentasi hasil akhir rumusan masalah
2. Merumuskan masalah
3. Pengumpulan data
4. Pengolahan data
5. Presentasi
6. Penarikan kesimpulan
Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?
Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk strategi ini yaitu
1. Guru yang bisa melakukan sintak-sintak pembelajaran dengan tepat
2. Dosen Pembimbing dan Guru Pamong sebagai observer yang bisa memberikan refleksi dan solusi.
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?
Hasil dari kegiatan yang dilakukan materi gangguan sistem ekskresi pada manusia dengan menggunakan model Discovery LearningÂ
dengan media poster dan mind map berupa:
1. Meningkatkan kreatifitas siswa yaitu membuat poster dan mind map dalam materi gangguan sistem ekskresi.
2. Siswa sangat antusias dan tertarik dalam kegiatan pembelajaran.
3. Peserta didik muncul gagasan-gagasan /Ide-ide/ Usul- usul dengan masalah gangguan sistem ekskresi.
4. Meningkatnya rasa ingin tahu peserta didik dalam pembelajaran
5. Munculnya pertanyaan-pertanyaan berkkualitas dari peserta didik
Â
Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Hasilnya efektif karena :
1. Kreatifitas peserta didik meningkat dalam mendesain hasil yang menarik dan memuaskan peserta didik dalam melakukan kegiatanÂ
  belajar mengajar.
2. Penguasaan materi anak-anak lebih bagus dan meningkat
3. Dampak-dampak dari aksi langkah-langkah terselesaikan dengan baik dan sukses.
Â
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?
Respon rekan sejawat terkait dengan strategi yang dilakukansangat responsif karena bisa diadaptasi oleh rekan sejawat yang lain.
Kepala sekolah juga sangat mendukung menggunakan aplikasi dalam pembelajaran dan minta belajar bersama untuk bisa diterapkanÂ
di kelas.
Â
Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?Â
Yang menjadi faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan adalah
1. Peserta didik merasa tertarik dan bebas berkreasi sehingga meningkatkan berpikir kreatif dan antusias untuk mengikuti KBM.
2. Ide-ide dan gagasan bagus muncul
3. Kolaborasi sesama peserta didik terjalin denganbaik.
4. Komunikasi antara guru dan peserta didik berlangsung dengan baik, sehingga rasa percaya diri peserta didik bertambah,
Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?Â
Pembelajaran dari keseluruhan proses ini adalah belajar menjadi guru profesional itu sangat butuh perjuangan dan kerja keras untukÂ
memilih model dan metode yang tepat, materi yang tepat, RPP yang tepat serta evaluasi yang tepat dalam pembelajaran.
Kegiatan ini termasuk dalam Lesson study ( karena melibatkan kebersamaan dan siklus hanya sekali)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H