Mohon tunggu...
IIS IRAWATI
IIS IRAWATI Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya sangat menyukai kegiatan terkait pendidikan dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice "Pembelajaran Berdiferensiasi dan KSE dengan Canva untuk Tingkatkan Hasil Belajar Sistem Reproduksi di Kelas 11 MIPA"

30 Mei 2023   23:27 Diperbarui: 30 Mei 2023   23:33 1665
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bagaimana Kondisi yang menjadi latar belakang masalah?

1. Rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi manusia

2. Rendahnya kesadaran diri sendiri akan pentingnya belajar bagi dirinya sendiri

3. Rendahnya pemecahan masalah yang dihasilkan oleh peserta didik

4. Pembelajaran enjoy learning dan sesuai dengan gaya belajar anak belum terlalu ditekankan dalam kelas.

5. Kurangnya pemanfaatan aplikasi pembelajaraan (yang tersedia secara online)untuk meningkatkan pemahaman materi dengan 

    matang.

6. Guru kurang mengoptimalkan keaktifan peserta didik di dalam kelas.

7. Peserta didik kurang memiliki rasa ingin tahu    yang  besar terhadap materi pembelajaran

8. Peserta didik belum memunculkan pertanyaan-pertanyaan berkualitas terkait

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?

Praktik ini penting untuk dibagikan supaya menjadi bahan referensi bagi guru yang menghadapi masalah yang sama dalam 

meningkatkan hasil belajar peserta didik di pembelajaran.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?

Peran saya dalam praktik ini sebagai pelaksana dan yang menjadi tanggung jawab saya adalah  melaksanakan praktik pembelajaran 

dengan sebaik-baiknya, fasilitator bagi siswa/ rekan dan motivator untuk rekan sejawat.

Tantangan apa yang muncul?

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, wawancara dengan guru, kepala sekolaah, maka beberapa tantangan 

yang terjadi yaitu :

1. Pesera didik perlu mainfullnes  sebelum KBM dimulai untuk meningkatkan kesadaran secara emosional.

2. Peserta didik diajak kerja sama untuk mengeluarkan ide- ide kreatif baik bertanya maupun menyampaikan gagasan

3. Penguasaan kelas perlu diperkuat dengan waktu diskusi yang lebih panjang

4. Membuat KBM menarik dan menjaga semangat peserta didik untuk mengikuti pelajaran dengan senang

5. Membuat LKPD dengan pertanyaan-pertanyaan yang menarik untuk menambah pengetahuan dan penguasaan materi dengan baik.

6. Jaringan internet yang masih kurang stabil

Siapa saja yang terlibat?

Yang terlibat dalam kegiatan yaitu:

1. Peserta didik sebagai sentral dalam proses  pembelajaraan.

2. Guru sebagai fasilitator yang berperan memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran 

    dapat tercapai secara maksimal, sedangkan peran sebagai fasilitator yaitu untuk membimbing peserta didik agar terjadi suatu 

    perubahankearah yang lebih baik.

3. Teman Sejawat   yang   berperan   sebagai observer dan membagikan pengalaman dalam      kegiatan pembelajaran.

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi  tantangan tersebut?

Langkah - langkah untuk menghadapi rendahnya hasil belajar peserta didik dalam selama pembelajaran :

1. Guru menggunakan Model Pembelajaran  yang menarik dan memicu peserta didik aktif terlibat dalam pembelajaran

2. Memilih media yang bisa menambah kefahaman materi peserta didik  dengan membuat Canva yang akan dijadikan sebagai media 

    presentasi.

3. Menyusun perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKPD,Media, Asesmen dan Bahan Ajar tentang materi sistem reproduksi 

    pada manusia.

4. Memastikan setiap kelompok perwakilan membawa laptop agar masing-masing bisa mencari sumber referensi sebanyak-  

      banyaknya.

5. Memastikan jaringan internet aman hingga berlangsungnya KBM selesai

 

Strategi apa yang digunakan?

Proses pelaksanaan pembelajaran Berdiferensiasi dan Kompetensi Sosial Emosional (KSE)  dengan media Canva yang tepat tersebut 

menjadikan peserta  didik lebih menguasai materi serta mengkombinasikan bahan- bahan yang akan digunakan dalam 

pembelajaran,selanjutnya peserta didik mensosialisasikan hasil karya dalam bentuk poster dari Canva dan menjelaskan ke rekan-

rekannya masing-masing kelompok.

Langkah-Langkah dalam pembelajaran Berdiferensiasi :

1. Menentukan tujuan pembelajaran

2. Memetakan kebutuhan belajar murid (kesiapan belajar, minat, profil belajar hal ini disesuaikan dengan kondisi peserta didik

3. Menentukan strategi dan alat penilaian yang akan digunakan yakni peserta didik di kelompokan berdasarkan hasil minat serta gaya 

     belajarnya.

4. Menentukan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi yang akan dijalankan (konten, proses, produk). Dalam hal ini memfasilitasi 

    berdiferensiasi konten dan prosesnya saja. Konten sistem reproduksi nanti peserta didik bisa memilih tema yang akan dikerjakan 

    seperti organ dan fungsinya, proses spermatogenesis, proses oogenesis, menstruasi maupun gangguan pada sistem reproduksi. 

    Sedangkan diferensiasi proses saya mempersilahkan anak menggunakan laptop, Handphone

 

Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?

Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk  strategi ini yaitu:

1. Guru yang bisa melakukan sintak-sintak pembelajaran dengan tepat

2. Guru Pamong sebagai observer yang bisa memberikan refleksi dan solusi.

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?

Hasil dari kegiatan yang dilakukan materi sistem reproduksi pada manusia dengan menggunakan pembelajaran Berdiferensiasi) 

dengan media Canva yaitu:

1. Meningkatkan hasil belajar peserta didik  yaitu dengan membuat inti diskusi berupa poster untuk menguatkan pemahaman materi 

    peserta didik

2. Peserta didik  sangat antusias dan tertarik  dalam mengikuti  kegiatan  pembelajaran.

3. Meningkatnya rasa ingin tahu peserta didik dalam  pembelajaran

4. Munculnya pertanyaan-pertanyaan berkualitas dari peserta didik serta mampu menjawab dengan benar.

 

Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?

Hasilnya efektif karena :

1. Hasil belajar peserta didik meningkat dalam pemahaman materi

2. Peserta didik senang dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

3. Penguasaan materi anak-anak jauh lebih bagus  dan meningkat.

4. Dampak-dampak dari aksi langkah-langkah terselesaikan dengan baik dan sukses.

 

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi    yang dilakukan?

Respon rekan sejawat terkait dengan strategi yang dilakukansangat responsif karena bisa diadaptasi oleh rekan sejawat yang lain.

Kepala sekolah juga sangat mendukung menggunakan aplikasi dalam pembelajaran dan minta belajar bersama untuk bisa diterapkan 

di kelas.

 

Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? 

Yang menjadi faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan adalah

1. Hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan menjadi lebh baik dibandingkan sebelumnya

2. Peserta didik merasa tertarik, gembira dan antusias untuk mengikuti KBM.

3. Kolaborasi sesama peserta didik terjalin dengan baik.

4. Komunikasi antara guru dan peserta didik  berlangsung dengan baik, sehingga rasa percaya diri peserta didik bertambah

5. Kesadaran peserta didik untuk mengikuti KBM muncul dari dalam dirinya masing-masing

 

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut? 

Pembelajaran dari keseluruhan proses ini adalah belajar menjadi guru profesional itu sangat butuh perjuangan dan  kerja keras untuk 

memilih model dan metode yang tepat, materi yang tepat, RPP yang tepat serta evaluasi yang tepat dalam pembelajaran.

Kegiatan ini termasuk dalam Lesson study ( karena melibatkan kebersamaan dan siklus hanya sekali)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun