Untuk menjadi seorang pengajar atau guru yang baik seseorang harus memiliki paling sedikit mengetahui :Â
a. Dasar-dasar psikologi mengenai terjadinya proses belajarÂ
b. Cara-cara merumuskan tujuan mengajar yang relatif dan berguna
c. Alternatif metode-metode interaksi dalam kelas yang tepat sesuai tujuan dan kondisi tertentu
d. Cara-cara mempergunakan alat-alat bantu untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitasÂ
e. Cara-cara mengadakan pengukuhan dan penilaianÂ
Pengetahuan dasar seorang guru terletak dalam sedikitnya 4 bidang utama :Â
a. Guru harus mengenal setiap murid yang dipercayakan padanyaÂ
b. Guru harus memiliki kecakapan memberi bimbingan
c. Guru harus memiliki dasar pengetahuan yang luas tentang tujuan pendidikan di Indonesia pada umumnya sesuai dengan tahap- tahap pembangunan
d. Guru harus memiliki pengetahuan yang bulat dan baru mengenai ilmu yang diajarkan.
Dalam rangkaian penelitian terhadap murid-murid mengenai pendapat mereka tentang guru yang baik , sejumlah besar pelajar menyukai guru yang bersifat ramah dan bersedia memahami setiap orang, bersifat sabat dan suka membantu dan memberi perasaan tenang, adik dan tidak memihak, tegas, cerdas dan mempunyai minat yang berbagai ragam (luas), memiliki rasa humor dan kesegaran pergaulan, memperlihatkan tingkah laku dan lahiriyah yang menarik.
Kenyataan membenarkan teori didaktik yang meletakkan berbagai pertanggung jawab pada pundak seorang guru disamping tugasnya mengajarkan sesuatu pengetahuan guru harus menjadi pembimbing dan penyuluh yang mengarahkan perkembangan pribadi dan keseimbangan mental murid-muridnya. Dan guru menjadi orang tua mereka di dalam mempelajari dan membangun sistem nilai yang dibutuhkan dalam masyarakat dewasa Indonesia.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H