Mohon tunggu...
iin nuraeni
iin nuraeni Mohon Tunggu... Guru - seorang ibu yang menyukai anak-anak, suka menulis, dan ingin terus belajar.
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Belajar sepanjang hayat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lokakarya 2 Visi untuk Perubahan Lingkungan Belajar

15 Oktober 2023   11:32 Diperbarui: 15 Oktober 2023   11:56 814
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

LOKAKARYA 2 : VISI UNTUK PERUBAHAN LINGKUNGAN BELAJAR

 

A.     Pendahuluan

Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Timur melaksanakan kegiatan Lokakarya 2 Pendidikan Guru Penggerak (PGP) angkatan 9 Kabupaten Pasuruan secara luring/tatap muka:

Waktu                                 : Hari Sabtu, 14 Oktober 2023

Lokasi                                 : SMA Negeri I Pandaan Jl. Dr. Sutomo, Sukun, Sumber Gedang, Kec. Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur 67156

Pelaksanaan                    : Pukul 07.30 WIB - selesai

Pemimpin sekolah, dalam berbagai literatur, disebut berperan besar dalam menentukan keberhasilan sekolah karena mempunyai tanggung jawab dalam mensinergikan berbagai elemen di dalamnya. Seorang pemimpin sekolah yang berkualitas akan mampu memberdayakan seluruh sumber daya di ekosistem sekolahnya hingga dapat bersatu padu menumbuhkan murid-murid yang berkembang secara utuh, baik dalam rasa, karsa dan ciptanya. Secara umum Lokakarya 2 ini berfokus pada Pemahaman bermakna: Visi guru penggerak mengenai lingkungan belajar yang positif melandasi proses pengembangan kodrat murid yang selamat dan bahagia. Rencana terkait prakarsa perubahan yang terbaru level diri yang sudah diberikan umpan balik oleh Calon Guru Penggerak lain. Rencana terkait strategi penyampaian disiplin positif di kelas dan konteks sekolah yang sudah diberikan umpan balik oleh Calon Guru Penggerak lain.

B.      Tujuan Belajar

1)  Peserta dapat menjelaskan perkembangan/kemajuan prakarsa perubahan level diri (Aksi Nyata modul 1.3) serta memperbaharui rencana berdasarkan umpan balik Calon Guru Penggerak lain

2)  Peserta dapat menjelaskan rencana penyampaian disiplin positif di kelas dan strategi penerapan di sekolah (Aksi Nyata modul 1.4) serta memperbaharui rencana berdasarkan umpan balik Calon Guru Penggerak lain

3) Peserta dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan Segitiga Restitusi dalam penerapan disiplin positif

4)  Peserta dapat menunjukkan kemampuan dalam memandu pembuatan Keyakinan Kelas

C.     Indikator Keberhasilan

1)   Calon Guru Penggerak dapat memperbaharui rencana prakarsa perubahan level diri

2)  Calon Guru Penggerak dapat memperbaharui rencana penyampaian penerapan disiplin positif di kelas dan di sekolah

3)   Calon Guru Penggerak dapat menunjukkan kemampuan dalam salah satu bagian praktik keyakinan kelas

4)  Calon Guru Penggerak dapat menunjukkan kemampuan melakukan disiplin positif dengan segitiga restitusi

D.     Agenda

1)    Pembukaan

2)    Presentasi dan Umpan Balik Perkembangan Aksi Nyata 1.3

3)    Presentasi dan umpan balik rencana penyampaian kepada pemangku kepentingan sekolah terkait disiplin positif di kelas dan strategi penerapan pada konteks sekolah (Aksi Nyata modul 1.4).

4)    Reviu singkat keyakinan kelas dan segitiga restitusi

5)    Praktek Keyakinan Kelas

6)    Praktik Segitiga Restitusi

7)    Penutup

E.      Target Peserta dan Peran Terlibat

Sesi pagi -- sore :

o   15 calon guru penggerak

o   3 Pengajar Praktik

o   Pemantau dari balai Guru Penggerak Provinsi Sulawesi Barat

o   Perwakilan dinas (Panitia Lokal Bidang Ketenagaan)

F.      Aktivitas Lokakarya Orientasi

Kegiatan lokakarya 2 : Visi Untuk Perubahan Lingkungan Belajar dilaksanakan di SMA Negeri I Pandaan, acara di buka oleh Pengajar Praktik dengan mengajak para peserta Calon Guru Penggerak (CGP) untuk melakukan ice breaking, dilanjutkan pembacaan doa dengan harapan semoga kegiatan lokakarya 2 ini berjalan dengan lancar dan mendapat ilmu yang bermanfaat dan mendapat ridho dari Allah SWT,   kemudian dilanjutkan dengan kegiatan perkenalan Pengajar Praktik yang terdiri dari Bapak Abdul Rokhman, Bapak Kholili, dan Bapak Hamdan Safick Ananda. Selanjutnya tahapan aktivitas kegiatan Lokakarya 2 ini secara umum dibagi ke dalam beberapa sesi yaitu:

1)    Penjelasan Tujuan dan Pembuatan Kesepakatan Belajar

Setelah Pengajar Praktik melakukan pembukaan dan ice breaking maka selanjutnya memaparkan dan menjelaskan tujuan lokakarya 2 dan kesepakatan -- kesepakatan belajar selama pelaksanaan Lokakarya 2.

2)    Presentasi dan Umpan Balik Perkembangan Aksi Nyata

Pada sesi ini diharapkan Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan  progress/kemajuan pelaksanaan prakarsa perubahan level diri, Calon Guru Penggerak dapat memperbaharui rencana pelaksanaan prakarsa perubahan berdasarkan umpan balik dari Pengajar Praktik serta Calon Guru Penggerak.

Adapun tahapan sesi ini :

  • Registrasi

  • Pembukaan dan presentasi perkembangan dan umpan balik prakarsa perubahan level diri (Aksi Nyata 1.3) dan Pengajar Praktik membagi Calon Guru Penggerak menjadi 3 kelompok dengan permainan yang menyenangkan, dan peserta berkumpul menjadi satu, kemudian berkelompok dengan peserta dari pengajar praktik lain, dengan tujuan agar adanya saling kenal dan menambah wawasan dan berbagi pengalaman baik dari lembaga dan calon guru penggerak  lainnya. Calon Guru Penggerak melaksanakan presentasi secara berkelompok dan bergiliran.

  • Istirahat

  • Presentasi dan Umpan Balik Rencana Penyampaian Penerapan Disiplin Positif (Aksi Nyata 1.4)

  • Reviu singkat Keyakinan Kelas dan Segitiga Restitusi. Tujuan sesi ini adalah Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan kembali pemahaman materi keyakinan kelas dan segitiga restitusi

  • Tahapan sesi ini adalah :

  1.  Pengajar Praktik memberikan pengantar sesi reviu materi,

  2. Pengajar Praktik menjelaskan aktivitas kuis sebagai media reviu materi dalam modul

  3. Pengajar Praktik mengajukan pertanyaan berdasarkan slide dan mengajak Calon Guru Penggerak untuk menjawab,

  4. Pengajar Praktik memberi apresiasi, menutup sesi reviu dan mengajak peserta untuk mulai memasuki sesi praktik pembentukan keyakinan kelas

  • Praktik Keyakinan Kelas    

Latihan membuat Keyakinan Kelas Pada sesi ini diharapkan para Calon Guru Penggerak dapat menunjukkan keterampilan memandu pembuatan keyakinan kelas.

         Adapun tahapan pada sesi ini adalah :

  1.  Pengajar Praktik menjelaskan gambaran aktivitas yang akan dilakukan oleh Calon Guru Penggera

  2. Pengajar Praktik membagi peserta ke dalam 2 kelompok,

  3. Pengajar praktik memberikan lembar Panduan Praktik Keyakinan Kelas dan menjelaskan isinya secara singkat,

  4. Pengajar praktik mengajak CGP melakukan praktik membuat keyakinan kelas,

  5. Pengajar Praktik mengajak kelompoknya untuk melakukan refleksi singkat setelah simulasi selesai.

  • ISHOMA

  • Praktik Keyakinan Kelas

  • Praktik Segitiga Restitusi.

Pada sesi ini tujuan yang diharapkan adalah para Calon Guru Penggerak dapat menunjukkan keterampilan melakukan Segitiga Restitusi. Tahapan yang dilalui Calon Guru Penggerak pada sesi ini adalah :

  1. Pengajar Praktik menjelaskan tujuan sesi praktik segitiga restitusi,

  2. Pengajar Praktik menjelaskan alur aktivitas praktik segitiga restitusi,

  3. Pengajar praktik membagikan lembar kasus dan panduan observasi dan refleksi kepada Calon Guru Penggerak dalam kelompok,

  4. Pengajar praktik memberikan tambahan instruksi terkait alur dalam kelompok, lalu mempersilahkan kelompok untuk memulai,

  5. Pengajar praktik menutup sesi dengan mengapresiasi dan mengajak peserta untuk kembali ke dalam kelas besar (Pleno).

  • Istirahat.

  • Penutup

Pada sesi penutup para Calon Guru Penggerak diharapkan dapat mengingat kembali materi yang diajarkan, kemudian mereka dapat mengevaluasi hasil belajar dan kegiatan lokakarya yang berlangsung. Serta Calon Guru Penggerak dapat mengetahui  tugas yang perlu dilakukan untuk lokakarya selanjutnya.

Adapun tahapan pada sesi ini adalah :

a.   Refleksi Hasil Belajar

b.   Foto bersama.

Dokumentasi Kegiatan

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun