Mohon tunggu...
iin nuraeni
iin nuraeni Mohon Tunggu... Guru - seorang ibu yang menyukai anak-anak, suka menulis, dan ingin terus belajar.
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Belajar sepanjang hayat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

1.3.a.6 Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

24 September 2023   21:50 Diperbarui: 24 September 2023   21:56 2183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi

1.3.a.6 Demonstrasi Kontekstual Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Fasilitator: Yhanik Prihatini

Pengajar Praktik: Abdul Rohman

Pada modul ini, saya akan mencoba memaparkan tentang paradigma Inquiry Apresiatif, Kalimat Prakarsa perubahan dan Menyusun BAGJA

Tujuan Pembelajaran Khusus:

  1. Berlatih menerapkan paradigma Inkuiri Apresiatif untuk mengidentifikasi potensi diri dan membuat kalimat prakarsa perubahannya.

  2. CGP berlatih menyusun BAGJA menurut kalimat prakarsa perubahan diri yang telah dibuat untuk kemudian menjalankannya.

  1. PARADIGMA INQUIRY APRESIATIF

Inquiry Apresiatif merupakan manajemen perubahan yang bersifat kolaboratif dan berbasis kekuatan. Inquiry Apresiatif menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif di sekolah. Jadi, bukan hal negatif yang diangkat, melainkan mengubah hal negatif tersebut menjadi bunyi yang positif terlebih dahulu, sehingga akan berdampak positif dan menimbulkan sugesti yang baik pula. Tahapan pertama bisa dengan mengidentifikasi hal positif apa potensi yang ada di sekolah, dan mencari cara bagaimana hal tersebut dipertahankan. Dan memunculkan strategi untuk memunculkan strategi untuk mewujudkan kearah yang lebih positif.

  1. KALIMAT PRAKARSA PERUBAHAN

Mengembangkan Kreativitas Murid yang Berprofil Pelajar Pancasila

  1. RANCANGAN TINDAKAN PERUBAHAN BERDASARKAN BAGJA

https://docs.google.com/presentation/d/1RpHjlhLtMdUqKPNuHfsdA83zHm_4leNybR6YYuqrPug/edit?usp=sharing

A. BUAT PERTANYAAN UTAMA (B).

PERTANYAAN:

1.Praktik baik apa yang sudah anda lakukan hari ini ?

TINDAKAN:

  1. a. Mengevaluasi pembelajaran,  

b.  Mengamati respon murid terhadap pembelajaran dan melakukan evaluasi dan refleksi.

B. AMBIL PELAJARAN (A).

PERTANYAAN:

  1. a. Apa media yang anda gunakan  sehingga pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan?    

            b. . Aktivitas apa saja yang dapat membuat murid menjadi lebih menarik dan menyenangkan?

            c. . Situasi apa yang dapat kita lihat dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kreatifitas?

   d. . Keterampilan apa yang dimiliki oleh guru dan mampu mewujudkan pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas siswa?

TINDAKAN:

  • Mencari contoh nyata bagaimana pembelajaran yang dapat meningkatkan kreatifitas anak dengan  (lewat wawancara/korespondensi dan kolaborasi)

  • Survey pengalaman, pendapat guru, Kepala Sekolah, Pengawas sekolah, murid, Orang tua, dsb.        

C. GALI MIMPI

PERTANYAAN:

  1. Saya memadukan beberapa media seperti quiz, diskusi, bereksplorasi di dunia maya dengan media chromebook, tanya jawab dalam pembelajaran?

  2.  Menyusun beberapa media pembelajaran  untuk dipadukan dalam diskusi pembelajaran

TINDAKAN:

3.a. Menyusun beberapa media pembelajaran  untuk dipadukan dalam diskusi pembelajaran

   b.  Membuat gambaran sikap dan respon murid tentang kemandirian melalui wawancara. Contoh hasil: murid-murid menjadi lebih kreatif, tanggung jawab, jujur.

    c.  Membuat daftar pengalaman dan pencapaian yang telah diperoleh guru dari pembelajaran yang telah berhasil membuat anak menjadi kreatif. 

D. JABARKAN RENCANA (J)

PERTANYAAN:

4.a. Bagaimana respon murid dan apa hasil dari pembelajaran dengan media yang menarik dan menyenangkan murid ?

    b. . Apa langkah perubahan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kreativitas siswa di kelas?

TINDAKAN

Membuat daftar pertanyaan untuk mengetahui tentang

  1. Apa saja sikap yang menunjukkan siswa  menjadi aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran?

  2. Apa saja pola pikir yang menunjukan kreatifitas?

E. ATUR EKSEKUSI

PERTANYAAN:

  1. Siapakah yang dapat mengarahkan dan memantau guru dalam menerapkan dan mengembangkan pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas siswa?

  2. Apa saja media pembelajaran  yang disiapkan untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif, menarik dan menyenangkan ?

  3. Siapakah yang dapat menyelaraskan interaksi setiap orang agar dapat bersama sama menciptakan masa depan yang diharapkan?

  4. Bagaimana cara mendesain pola komunikasi dan pengelolaan rutinitas kegiatan pembelajaran?

TINDAKAN PENYELIDIKAN

Menyusun siapa saja tim kerja agar program pembelajaran dapat lebih baik dan sesuai harapan.

SALAM GURU PENGGERAK!!!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun