Mohon tunggu...
IHWANUDIN JUHRI
IHWANUDIN JUHRI Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Instruktur

Saya adalah guru yang menyukai dunia musik, desain, teknologi, adventure, memasak dan seorang coffee maker

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Lokakarya 5 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Bandung Barat

10 Juni 2022   16:26 Diperbarui: 10 Juni 2022   16:40 5814
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

LESSON LEARNED LOKAKARYA 5 PPGP KABUPATEN BANDUNG BARAT ANGKATAN 4 

(Guru Pemimpin Pembelajaran)

Kegiatan Lokakarya 5 PPGP Angkatan 4 wilayah kerja Kabupaten Bandung Barat

Waktu: 21 Mei 2022

Pukul: 08.00 - 16.30 WIB

Tempat: Hotel Novena - Jl. Dr. Setiabudi No.4, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Tema: Guru Pemimpin Pembelajaran

Kegiatan lokakarya 5 ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yang dimulai dari menggambarkan kondisi para CGP yang kami beri judul "5 minutes diving", masing-masing CGP menggambarkan suasana dirinya dalam sebuah gambar, penyampaian topik dan tujuan kegiatan lokakarya 5, dan penjelasan alur tujuan kegiatan sebagai berikut: (a) agenda pertama pada lokakarya adalah evaluasi kompetensi diri dan para CGP melakukan evaluasi diri berdasarkan daftar kompetensi guru penggerak; (b) agenda kedua adalah Refleksi Kompetensi. para CGP melakukan refleksi kompetensi yang sudah berkembang dan belum berkembang, kemudian menceritakan hasil refleksi dalam kelompok; (c) agenda ketiga adalah menganalisis secara bersama-sama faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pengembangan kompetensi calon guru penggerak; (d) agenda keempat, membuat rencana pengembangan kompetensi berdasarkan hasil refleksi pada sesi sebelumnya.

Setelah menyampaikan alur tujuan kegiatan dilanjutkan kepada kegiatan berikutnya yaitu membacakan kembali kesepakatan kelas dan menampung masukan atau pendapat dari para CGP, dilanjut ke pembagian lembar evaluasi kompetensi para CGP , dan mereka diberikan waktu 30 menit untuk mengisinya, lalu  merefleksi perkembangan kompetensi calon guru penggerak dan berbagi hasil refleksi kompetensi bersama rekan di dalam kelas, dengan kelompok pertanyaan sebagai berikut:

1. Kompetensi yang berkembang

a. Apa kompetensi yang sudah berkembang baik selama program calon guru penggerak?

b. Apa strategi yang sudah CGP lakukan sehingga kompetensi tersebut berkembang?

c. Bagaimana proses perkembangan kompetensi yang sudah berkembang tersebut?

2. Kompetensi yang belum berkembang

a. Apa kompetensi yang belum berkembang selama program calon guru penggerak?

b. Kendala yang saya hadapi dalam pengembangan kompetensi tersebut adalah?

c. Upaya yang sudah saya lakukan dalam menghadapi kendala tersebut?

Sebelum jam istirahat kegiatan masih tersisa satu lagi yaitu analisis faktor pendukung pengembangan kompetensi CGP melalui beberapa pertanyaan di antaranya: 

a. Apa faktor pendukung yang membuat kompetensi CGP berkembang?

b. Siapa yang mempermudah kompetensi CGP berkembang?

c. Apa yang bisa CGP lakukan untuk bisa meningkatkan faktor dukungan untuk pengembangan kompetensinya?

Penyajian refleksi faktor pendukung pengembangan kompetensi CGP ini dilakukan oleh 6 orang CGP perwakilan, masing-masing 2 orang perkelompok. Setelah istirahat kegiatan dilanjutkan ke kegiatan merefleksi faktor penghambat dengan cara penyajian sama seperti refleksi faktor pendukung. 

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Kegiatan berikutnya adalah penyusunan rencana pengembangan kompetensi CGP yang di dalamnya terkandung rencana-rencana luar biasa yang akan dilakukan oleh CGP di satuan pendidikan masing-masing, di kegiatan terakhir para CGP berbagi hasil rencana pengembangan kompetensi diri yang telah mereka susun. 

Produk yang dihasilkan dari lokakarya ini adalah:

a. Evaluasi kompetensi guru penggerak

b. Hasil refleksi diri

c. Rencana pengembangan diri calon guru penggerak

Indikator keberhasilan: 

a. Calon Guru Penggerak dapat melakukan refleksi diri berdasarkan kompetensi guru penggerak

b. Calon Guru Penggerak dapat membuat rencana pengembangan diri berdasarkan kompetensi guru penggerak

Jumlah Peserta 17 orang CGP 

Peran terlibat: 

a. P4TK

b. Fasilitator dari kab. Pati (Bapak Soepomo)

c. Pengajar Praktik 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun