Mohon tunggu...
Ihpi Siti  Napsiah
Ihpi Siti Napsiah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Perikanan

Belajar Menulis

Selanjutnya

Tutup

Money

Analisis Produk Tik-tik Ikan Nila

10 November 2021   12:00 Diperbarui: 10 November 2021   12:09 511
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

ANALISIS PRODUK TIK-TIK IKAN NILA

 

Tik- tik ikan atau sering di sebut juga stik ikan merupakan makanan camilan (snack) yang terbuat dari tepung dan di tambahkan dengan daging  ikan kemudian di bentuk panjang kecil. Ikan yang digunakan untuk membuat produk tik-tik ikan ini adalah ikan Nila yang berukuran 500 gram.

Analisis Konsumen

Kebutuhan fisiologi merupakan pemenuhan kebutuhan fisik seperti pemenuhan akan rasa lapar ,haus dan sebagainya. Tik-tik Ikan merupakan camilan sehat karena terbuat dari bahan yang kaya akan protein yaitu ikan. Protein merupakan salah satu unsur gizi penting dalam bahan pangan (Triyono, 2010). 

Protein memengang peranan penting dalam pertumbuhan dam perkembangan anak, terutama anak usia dini. Selain hal tersebut tik-tik ikan ini bisa menjadi alternatif bagi anak-anak yang sulit untuk memakan ikan secara langsung karena bentuknya camilan dan renyah sehingga dari anak-anak sampai dewasa bisa menikmatinya utuk pemenuhan kebutuahan fisiologis.

Masyarakat atau mahasiswa yang sibuk,produktif membutuhkan makanan  yang mudah di bawa kemana-kemana baik untuk teman melakukan aktifitas atau penghilang stress saat macet. 

Sibuk membuat menyajikan makanan berat seperti surabi dan yang lainya tidak mungkin sehingga makanan ringan menjadi pilihan.Secara sosiologi camilan bernutrisi akan menjadi pertimbangan.Packaging yang menarik,nutrisi yang lengkap dan mudah di bawa kemana-mana menjadikan tik-tik ikan menjadi solusi untuk masyarakat pada saat ini.

Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan untuk membeli produk adalah kebutuhan psikologis. Tik-tik ikan memberikan rasa aman kepada pembeli dengan mencamtumkan kandungan nutrisi dan logo halal pada kemasan sehingga tidak menimbulkan keraguan di hati konsumen sehingga menjadi pertimbangan untuk membeli dan setelah membeli pelanggan akan membeli kembali karena kerenyahan akan terus teringat sehingga pengalaman masa lalu mempengaruhi psikologis untuk membeli kembali.

Segmentasi pasar secara demografis tik-tik ikan bisa di konsumsi dari mulai usia 4 tahun keatas baik laki-laki dan perempuan.Pekerjaan apapun bisa menikmatinya dan juga bisa dikonsumsi oleh semua agama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun