Tahun 2020 ini merupakan tahun yang cukup menyulitkan bagi dunia perfilman, bagaimana tidak, dengan ditutupnya bioskop maka tidak ada film yang dapat tayang di bioskop. Namun nasib sial tersebut tidak datang dalam film Milea: Suara dari Dilan, yang masih dapat tayang di bioskop sebelum bioskop ditutup.
Film bergenre drama besutan Fajar Bustomi ini merupakan sekuel terakhir dari trilogi film Dilan, di mana film Dilan 1990 dan Dilan 1991 diliris.
Milea: Suara dari Dilan merupakan film dari adaptasi novel dengan judul yang sama, yang ditulis oleh Pidi Baiq. Beberapa aktor dan aktris dilibatkan dalam pembuatan film ini seperti Iqbaal Ramadhan, Adhisty Zara, bahkan seorang Youtuber bernama Andovi da Lopez turut dilibatkan.
Praktik Spasialisasi Yang Sangat Apik
Selain alur ceritanya yang begitu memikat untuk ditoton, film Milea: Suara dari Dilan juga memiliki banyak strategi yang apik dalam mempromosikan filmnya. Strategi tersebut yaitu:
1. Konvoi Motor
Iqbaal Ramadhan dan beberapa cast film Milea: Suara dari Dilan mengadakan konvoi keliling kota Bandung, acara ini diselenggarakan untuk mempromosikan film Milea: Suara dari Dilan yang akan tayang di bioskop pada tanggal 13 Februari 2020
2. Meet and Greet
Selain itu bentuk promosi lainnya dapat dilihat dalam bentuk Meet and Greet. Para pemain film Milea: Suara dari Dilan melakukan hal tersebut untuk memberitahu khalayak bahwa film mereka akan segera tayang. Meet and Greet tersebut didatangi oleh banyak sekali masyarakat sehingga masyarakat akan semakin tertarik untuk menonton film tersebut.
3. MerchandiseÂ
promosi film tersebut akan sampai kepada masyarakat dengan lebih menyeluruh.
Selain promosi dalam bentuk konvoi dan meet and greet, tim dari Milea: Suara dari Dilan juga memberikan giveaway merchandise melalui situs atau web line today, hal ini didasari karena banyak sekali orang yang mengakses line today sehingga4. Dapat dinikmati secara Online
Film Milea: Suara dari Dilan telah memasuki ranah film digital yaitu Netflix. Terlihat dengan jelas bagaimana film ini ingin menjangkau masyarakat luas bukan hanya di Indonesia saja melainkan luar negeri juga, hal tersebut juga memudahkan audiens agar lebih mudah menonton film di Netflix.
Dengan promosi yang bisa dibilang gila-gilaan film ini cocok menjadi film terlaris pada kuartal pertama tahun 2020, bahkan film ini telah disaksikan sebanyak 3.1122.263 penonton sebelum memasuki netflix. Kira-kira kalau sudah masuk netflix angka penontonnya akan terus bertambah dong.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H